5 Penyebab Tenaga Mobil Hilang Saat Digas, Sering Alami?

Penyebab Tenaga Mobil Hilang Saat Digas

Mungkin saat ini anda merasakan performa dan tenaga mobil hilang saat digas, tentu saja ini mengganggu anda.

Ini menandakan permasalahan pada kendaraan anda dan harus segera ditangani, apa saja penyebab tenaga mobil hilan g ketika di Gas?

Mobil tidak merespons cepat dan tepat seperti pada umumnya, ini lah beberapa penyebab yang harus diperhatikan.

Penyebab Tenaga Mobil Hilang Saat Digas

Inilah beberapa Penyebab Tenaga Mobil Hilang Saat Digas, simak disini.

Filter Udara Kotor

Saat Filter pada mobil kotor, tentu saja dapat menghambat aliran udara ke mesin karena udara ini sangat penting untuk proses pembakaran,

Jika terkena kotoran atau debu, maka aliran udara menjadi terbatas, hal ini dapat menyebabkan mesin tidak mendapatkan suplai udara yang cukup dan pembakaran pada mobil tidak sempurna.

Tanpa aliran udara yang optimal, mesin tidak bisa ‘bernapas’ dengan baik. Ini menyebabkan mesin harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang sama, yang pada akhirnya bisa menyebabkan tenaga mobil hilang saat digas.

Baca Juga: Ciri-Ciri Filter Udara Mobil Rusak

Pembakaran pada Mobil Bermasalah

Sistem bensin yang bermasalah dan tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan mobil hilang tenaga saat digas, kenapa?

Karena komponen ini bertanggung jawab untuk mengalirkan bensin ke ruang bakar mesin, jika terdapat masalah pada injektor, tentu saja bensin yang dialirkan tidak efisien.

Jika sistem bahan bakar mengalami gangguan, mesin tidak akan mendapatkan aliran bensin yang cukup atau konsisten.

Sistem Pengapian Rusak

Sistem Pengapian seperti busi, koil yang rusak dapat menyebabkan Tenaga Mobil Hilang Saat Digas, hal ini dapat membuat percikan api yang dihasilkan tidak akan cukup kuat .

Saat sistem pengapian tidak berkeja dengan baik, tentunya mobil susah dinyalakan dan tenaga mobil akan berkurang.

Lakukan pengecekan rutin pada busi dan penggantian secara berkala pada komponen ini untuk menghindari masalah Tenaga Mobil Hilang Saat Digas.

Sensor Oksigen Rusak

Jika komponen ini mengalami kerusakan, tentu saja dapat menyebabkan Tenaga Mobil Hilang Saat Digas.

Kenapa? Karena sensor ini berperan penting untuk mengukur kadar oksigen dalam gas buang dan memberikan informasi kepada ECU untuk menyesuaikan campuran udara dan bensin.

Apabila rusak, ECU Mobil bisa mengira bahwa mesin membutuhkan lebih sedikit atau banyak bensin dari pada yang sebernanya diperlukan.

Baca Juga: Ciri Sensor Oksigen Mobil Rusak

Gangguan pada Transmisi

Transmisi pada mobil matic yang tidak berfungsi dengan baik dapat menjadi Penyebab Tenaga Mobil Hilang Saat Digas.

Jika transmisi mengalami masalah, seperti perpindahan gigi yang tidak lancar atau kerusakan pada komponen internal, ini dapat menyebabkan hilangnya tenaga.

Masalah transmisi bisa menyebabkan mobil terasa berat dan tidak responsif. Anda mungkin merasakan bahwa mobil tidak berakselerasi secepat biasanya.

Dampak Jika Tenaga Mobil Hilang Saat Digas Dibiarkan

Memilih membiarkan masalah Tenaga Mobil Hilang Saat Digas dibiarkan bukanlah solusi yang tepat, harus ditangani dengan tepat.

  • Kerusakan Lebih Parah, Mesin mobil yang kehilangan tenaga seringkali menandakan adanya masalah yang lebih dalam. Jika dibiarkan, masalah ini bisa berkembang menjadi kerusakan yang lebih parah. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan berkelanjutan.
  • Bensin jadi Boros, Tentu saja Tenaga Mobil Hilang Saat Digas akan membuat mobil anda menjadi boros, Anda pasti menginginkan mobil yang irit bensin bukan? Tentu harus ditangani dengan tepat.
  • Terjadi Kecelakaan, Jika Tenaga Mobil Hilang Saat Digas tentu saja ini berbahaya apalagi anda sedang berada di jalan yang padat, ini dapat menyebabkan kecelakaan dan membahayakan Anda dan orang lain.

Oleh karena itu penting untuk melakukan pengecekan dan perbaikan pada transmisi mobil matic anda bersama bengkel spesialis matic Domo Transmisi, karena kami hadir di Kelapa Gading.

Saat ini kalian sudah mengetahui Tenaga Mobil Hilang Saat Digas dan Dampak jika dibiarkan, masih ingin mengabaikan permasalahan ini?

Kami sangat tidak menyarankan untuk mengabaikan permasalah Tenaga Mobil Hilang Saat Digas,  solusi terbaik adalah datang ke bengke kami.

Anda bisa langsung datang atau melalukan reservasi melalui aplikasi WhatsApp atau disini agar tidak terkena antre, Domo Transmisi memiliki teknisi yang berpengalaman, anda tidak perlu ragu untuk datang ke bengkel kami.

Jika diperlukan overhaul atau bongkar pada transmisi mobil matic anda, kami memberikan garansi 6 bulan atau setara 20.000 km, tentu saja harga yang kami berikan terjangkau, tunggu apalagi datanglah ke Domo Tranmsisi.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.