Ini Dia 6 Penyebab Mobil Terbakar

penyebab mobil terbakar

Ketika kita membicarakan kendaraan bermotor, kebakaran adalah momok yang menakutkan bagi setiap pemilik mobil.

Meskipun seringkali terjadi tanpa peringatan, kebakaran mobil bisa dicegah dengan memahami penyebab-penyebabnya.

Di bawah ini, Domo Transmisi akan membagikan beberapa informasi mengenai apa saja penyebab mobil terbakar.

Informasi ini sangat penting untuk Anda ketahui agar Anda dapat menghindari segala macam kemungkinan yang menyebabkan mobil terbakar.

Penyebab Mobil Terbakar

Berikut adalah 6 (enam) hal yang menyebabkan mobil terbakar:

1. Overheat

Overheat adalah salah satu penyebab utama dari mobil yang terbakar. Ketika mesin mobil terlalu panas, komponen-komponen penting dalam mesin dapat mengalami kerusakan yang mengakibatkan bocornya cairan pendingin seperti air radiator atau radiator coolant.

Bila cairan pendingin tersebut bocor dan bersentuhan dengan bagian mesin yang panas, maka ini bisa memunculkan percikan api yang dapat memicu kebakaran.

Selalu cek indikator temperatur suhu mesin Anda ketika berkendara. Pastikan suhu mobil di bawah batas tengah. Apabila indikator temperatur suhu mesin sudah berada di atas batas tengah, ini merupakan indikasi mobil Anda berada di suhu yang tinggi alias overheat.

Dan jika mobil Anda mengalami situasi overheat, pastikan untuk segera berhenti di tempat yang aman dan matikan mesin mobil Anda.

Jangan mencoba membuka penutup radiator secara langsung karena risiko terkena uap panas yang berbahaya.

2. Korsleting Listrik

Korsleting listrik adalah penyebab lain dari kebakaran mobil yang sering terjadi. Korsleting listrik pada sistem kelistrikan mobil bisa terjadi karena kabel-kabel yang terkelupas atau terlalu panjang, atau akibat modifikasi yang tidak benar dalam sistem listrik mobil.

Apabila mobil mengalami korsleting listrik, maka percikan api dapat dengan mudah merembet ke sistem bahan bakar atau cairan yang mudah terbakar di sekitarnya.

Untuk mencegah korsleting listrik, penting untuk menjaga kabel-kabel listrik dalam kondisi baik. Penting juga untuk menghindari modifikasi yang berlebihan, seperti memasang lampu atau speaker yang berdaya listrik besar.

Penggunaan aksesoris yang membutuhkan daya listrik besar tentu dapat mempengaruhi tegangan yang dialirkan oleh aki mobil.

3. Oli dan Bahan Bakar yang Bocor

Penyebab mobil terbakar juga dapat berasal dari kebocoran oli atau bahan bakar. Ketika terjadi kebocoran, baik itu pada cairan oli atau bahan bakar, cairan tersebut dapat terkena bagian panas pada mesin atau sistem knalpot yang menyebabkannya terbakar.

Selain itu, kebocoran bahan bakar juga meningkatkan risiko ledakan yang dapat mengakibatkan kebakaran yang lebih parah.

Maka dari itu penting untuk secara rutin memeriksa sistem oli dan bahan bakar mobil Anda serta memperbaiki kebocoran sesegera mungkin setelah terdeteksi.

4. Jarang Service Mobil

Kurangnya perawatan mobil adalah faktor yang sering diabaikan oleh pemilik mobil. Padahal, hal ini juga dapat menjadi pemicu terjadinya kebakaran pada mobil.

Ketika mobil tidak diservis secara teratur, komponen-komponen vital seperti sistem pendingin, sistem listrik, atau sistem bahan bakar dapat mengalami kerusakan yang pada akhirnya menyebabkan kebakaran.

Oleh karena itu, jangan abaikan jadwal servis mobil Anda! Pastikan Anda melakukan perawatan secara teratur untuk membantu mencegah potensi kerusakan komponen dan risiko kebakaran.

5. Merokok di Dalam Mobil

Merokok di dalam mobil bukan hanya membahayakan kesehatan Anda, tetapi juga dapat menyebabkan kebakaran.

Sebatang rokok atau bara api dari rokok yang tidak sengaja terjatuh dapat menjadi penyebab mobil terbakar akibat bersinggungan dengan bahan bakar atau material bahan bakar yang mudah terbakar

Hindari merokok di dalam mobil, terutama jika Anda merasa mengantuk atau mengantuk saat mengemudi.

Apabila ingin merokok, sebaiknya berhenti sejenak sembari berisitirahat. Hal ini selain untuk meminimalisir terjadinya kebakaran mobil, juga untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengendara lain di jalan.

6. Korek Api yang Tertinggal di Dalam Kabin

Terakhir, penyebab mobil terbakar dapat berasal dari sebuah benda kecil seperti korek yang tertinggal di dalam kabin.

Korek yang terbuat dari bahan yang mudah terbakar dapat dengan mudah menyala ketika terkena panas atau api, sehingga memicu kebakaran di dalam mobil.

Pastikan untuk menjaga kabin mobil Anda bersih dari barang-barang yang mudah terbakar, termasuk korek yang terbuat dari bahan yang mudah terbakar.

Baca Juga: Berapa Batas Kecepatan Mobil Di Jalan Tol? Temukan disini!

Yuk, Jaga Performa Mobil Matic Anda bersama Domo Transmisi!

Buat Anda pemilik mobil bertransmisi otomatis atau mobil matic, perawatan yang tepat tentu sangat diperlukan untuk menjamin performa optimalnya.

Domo Transmisi adalah pilihan bengkel paling ideal yang bisa Anda kunjungi untuk melakukan perawatan mobil matic.

Kami menyediakan beragam layanan perawatan untuk mobil matic, mulai dari pengecekan transmisi, perawatan valve body, matic jet clean, ganti oli, dan masih banyak lagi.

Anda tidak perlu meragukan keahlian kami dalam mengatasi masalah pada mobil matic. Kami sudah dilengkapi sertifikasi ISO 9001:2015 yang menegaskan kualitas dan kredibilitas kami dalam memberikan layanan.

So, jangan abaikan perawatan transmisi mobil matic Anda! Reservasikan sekarang kedatangan Anda di Domo Transmisi melalui WhatsApp CS kami di 0882-1244-0591 atau klik link berikut ini!

Bengkel Domo Transmisi berlokasi di Jl. Pegangsaan Dua No.88d, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Demikianlah informasi mengenai penyebab mobil terbakar yang perlu Anda hindari.

dengan memahami faktor-faktor risiko ini dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, Anda dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran yang berbahaya.

Ingatlah untuk selalu memeriksa secara rutin kondisi mobil Anda, menjaga kebersihan kabin, dan menghindari tindakan yang berpotensi membahayakan.

Dengan demikian, Anda dapat menjaga diri dan penumpang Anda tetap aman di jalan.

Eky Muhammad

Eky Muhammad

Penulis yang hobi menuangkan ide dan opini seputar politik dan olahraga. Kini aktif menulis konten mengenai dunia otomotif.
Eky Muhammad

Eky Muhammad

Penulis yang hobi menuangkan ide dan opini seputar politik dan olahraga. Kini aktif menulis konten mengenai dunia otomotif.