Berapa Batas Kecepatan Mobil Di Jalan Tol? Temukan disini!

Batas Kecepatan Mobil Di Jalan Tol

Pengemudi kendaraan roda 4 wajib paham, Berapa Batas Kecepatan Mobil Di Jalan Tol? Tentunya jika anda berkendara di jalan tol harus memahami ini agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Jika anda dalam waktu dekat ingin pulang kampung atau mudik, harus mengetahui batas ambang kecepatan ini, agar anda mematuhi peraturan yang ada.

Memang Jalan Tol diciptakan untuk perjalanan yang lebih cepat dan efisien saat berkendara, namun buka berarti tidak ada batas kecepatan.

Untuk itu penting menjaga keselamatan dan keamanan bagi anda dan orang lain, penting untuk mengetahui Batas Kecepatan Mobil Di Jalan Tol.

Berapa Batas Kecepatan Mobil Di Jalan Tol?

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan tahun 111 tahun 2015 mengenai cara penetapan batas kendaraan.

Terdapat peraturan yang menyampaikan bahwa minimal berada di jalan tol yaitu 60 km/jam dan maksimum 100 km/jam.

Tetapi setiap tol memiliki kecepatan maksimum yang berbeda-beda, contohnya:

Salah satu Jalan Tol Jakarta – Cikampek memiliki batas kecepatan 100 km/jam.

Kemudian Tol Jakarta-Tangerang, memiliki batas kecepatan 60 km/jam, selanjutnya tol cipularang terdapat batas kecepatan 100 km/jam.

Selain itu, Tol JOR memiliki batas kecepatan 60-80 km/jam, dan terakhir Jalan Tol Semarang-solo memiliki batas maksimal kecepatan 100 km/jam.

Perlu diingat rambu kecepatan di atas bisa berubah pada ruas jalan tol, anda harus mematuhui lalu lintas yang terpasang di jalan tol.

Baca disini: Ganggu Kenyamanan, Ini Penyebab Mobil Tersendat sendat saat di Jalan

Alasan penting mematuhi Batas Kecepatan

  • Cegah Kecelakaan, Berjalan di atas batas kecepatan dapat memperlambat waktu reaksi pengemudi dan meningkatkan risiko terjadi kecelakaan.
  • Tingkatkan keselamatan, Mengemudi dengan batas kecepatan bisa memberikan waktu yang aman untuk menghadapi situasi darurat.
  • Hemat Bensin, Mengemudi dengan batas kecepatan ynag pas bisa menghemat bensin mobil anda. Jadi anda harus mengetahui batas kecepatan di jalan tol.
  • Menjaga kelancaran Lalu lintas, Kecepatan konsisten dan terkendali membantu menjaga kelancaran arus kendaraan di jalan tol.

Baca Juga: 5 Penyebab Setir Mobil Goyang, Patut Perhatikan

Tips Aman Mengemudi di Jalan Tol

  • Patuhi rambu lintas, termasuk batas kecepatan, gunakan lampu sein untuk memberikan tanda kepada pengguna jalan lain.
  • Pentingnya menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan, hindari mengemudi dengan ugal-ugalan atau ngebut-ngebutan hingga batas kecepatan di Jalan Tol.

Baca Disini: 5 Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Ngebut, Bahaya Kah?

Pastikan kondisi mobil optimal sebelum memasuki jalan tol, jika anda lelah anda bisa istirahat di tempat yang aman.

Saat ini anda sudah mengetahui Batas Kecepatan Mobil Di Jalan Tol, Jangan sampai mobil anda mengalami permasalahan saat sedang digunakan, karena ini bisa membahayakan anda dan orang lain.

Jika mengalami penurunan performa pada mobil anda, kami sarankan kepada anda untuk datang ke Bengkel Mobil Matic Terdekat Domo Transmisi.

Anda bisa melakukan perawatan bersama bengke kami, mulai dari Tune up Mobil Matic, Cleaning Selenoid dan Body Valve Mobil Matic, dan perawatan Mobil matic lainnya.

Jika gangguan dialami oleh mobil anda, penting untuk tidak mengabaikannya, silakan datang ke Bengkel kami yang berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara untuk melakukan pengecekan dan perbaikan.

Reservasi melalui WhatsApp disini, agar anda tidak terkena antre, CS kami akan memberikan solusi terbaik untuk permasalahan mobil anda.

Domo Transmisi sangat berpengalam untuk perbaikan mobil matic, jika perbaikan overhaul diperlukan maka anda akan mendapatkan garansi 6 bulan atau setara dengan 20.000 km.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.