Begini 5 Cara Mengecek Airbag Mobil

cara mengecek airbag mobil

Airbag merupakan salah satu fitur keselamatan yang paling penting dalam mobil modern. Fungsi utamanya adalah untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari cedera serius dalam kecelakaan.

Namun, seperti halnya komponen lain dalam kendaraan, airbag juga perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan bahwa komponen ini berfungsi dengan baik saat dibutuhkan.

Domo Transmisi akan membagikan kepada Anda informasi di bawah ini tentang cara mengecek airbag mobil supaya Anda dapat menjamin keamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Mari simak informasi selengkapnya berikut ini!

Cara Mengecek Airbag Mobil

Berikut adalah 5 (lima) cara mengecek airbag mobil:

1. Cek Ruang Mesin

Dalam memeriksa airbag mobil, yang pertama perlu Anda lakukan adalah dengan melihat di ruang mesin. Biasanya, terdapat beberapa komponen penting yang terkait dengan sistem airbag di ruang mesin, seperti sensor benturan dan unit kontrol airbag.

Pastikan tidak ada kerusakan fisik atau tanda-tanda korosi pada komponen-komponen ini. Selain itu, pastikan juga tidak ada kabel yang terputus atau kendala lainnya yang bisa mempengaruhi kinerja airbag.

2. Periksa Penutup Airbag

Cara berikutnya dalam mengecek airbag mobil adalah memeriksa bagian penutup airbag di dalam kabin mobil Anda.

Penutup airbag harus terpasang dengan rapat dan tidak boleh ada retakan atau kerusakan lainnya yang dapat mengganggu pelepasan airbag ketika dibutuhkan.

Pastikan juga tidak ada benda-benda asing yang terjebak di antara penutup dan airbag itu sendiri, karena hal ini dapat mengganggu fungsi airbag apabila terjadi kecelakaan.

3. Cek Lampu Indikator

Melihat lampu indikator airbag pada speedometer mobil adalah salah satu cara mengecek airbag mobil yang paling umum dilakukan untuk mengetahui apakah ada masalah dengan sistem airbag.

Ketika Anda menyalakan mesin, lampu indikator airbag harusnya menyala sekejap sebagai bagian dari tes pemeriksaan yang disebut “self-test”.

Jika lampu tersebut tetap menyala atau berkedip, ini bisa menjadi tanda adanya masalah dengan sistem airbag mobil.

Jangan abaikan lampu indikator yang menyala. Segera periksakan mobil Anda ke bengkel untuk pengecekan lebih lanjut.

4. Periksa Logo SRS pada Bagian Roda Kemudi

Banyak mobil modern dilengkapi dengan airbag di bagian kemudi. Untuk memeriksanya, perhatikan logo “SRS” yang terletak di bagian tengah roda kemudi.

Logo ini menunjukkan lokasi airbag dan akan berfungsi saat ketika dalam situasi kecelakaan. Oleh karena itu, pastikan tidak ada kerusakan atau tanda-tanda keausan yang dapat mengganggu pelepasan airbag saat dibutuhkan.

5. Jangan Coba Cek Airbag dengan Membuka Komponennya

Satu hal yang perlu diingat dalam cara mengecek airbag mobil adalah jangan pernah mencoba untuk memeriksa airbag dengan membuka komponennya secara manual.

Hal ini karena sangat berbahaya dan dapat menyebabkan cedera serius atau bahkan kematian jika airbag meledak.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kinerja airbag Anda, lebih baik untuk membawa mobil Anda ke bengkel yang terpercaya untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga: Daftar 4 Bengkel Mitsubishi Mirage Terdekat di Jakarta

Punya Kendala pada Transmisi Mobil? Bawa ke Domo Transmisi Aja!

Jika Anda mengalami kendala pada transmisi mobil Anda, tidak perlu khawatir! Segera bawa ke Domo Transmisi!

Kami adalah bengkel spesialis mobil matic yang telah memperoleh sertifikasi internasional, yaitu sertifikasi ISO 9001:2015.

Hal ini tentu menegaskan komitmen Domo Transmisi dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya dengan standar kualitas yang tinggi.

Dengan keahlian dan segudan pengalaman dalam memperbaiki berbagai masalah transmisi, Domo Transmisi siap membuat mobil Anda kembali nyaman untuk dikendarai tanpa meninggalkan masalah baru.

Jadi, jika Anda mengalami masalah dengan transmisi mobil Anda, jangan ragu untuk membawa kendaraan Anda ke Domo Transmisi!

Hubungi kami via WhatsApp untuk reservasi dan info menarik lainnya melalui nomor Customer Service di 0882-1244-0591 atau klik link berikut ini!

Bengkel Domo Transmisi berlokasi di Jl. Pegangsaan Dua No.88d, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Demikianlah informasi mengenai cara mengecek airbag mobil untuk menjamin keamanan Anda selama di jalan.

Jangan pernah abaikan tanda-tanda atau lampu indikator yang menunjukkan adanya masalah dengan sistem airbag. Selalu konsultasikan dengan teknisi terlatih jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kinerja airbag Anda.

Dengan demikian, Anda dapat lebih tenang saat berkendara karena mengetahui bahwa sistem keselamatan Anda berfungsi dengan baik.

Eky Muhammad

Eky Muhammad

Penulis yang hobi menuangkan ide dan opini seputar politik dan olahraga. Kini aktif menulis konten mengenai dunia otomotif.
Eky Muhammad

Eky Muhammad

Penulis yang hobi menuangkan ide dan opini seputar politik dan olahraga. Kini aktif menulis konten mengenai dunia otomotif.