Ternyata Ini 8 Penyebab Mesin Mobil Bergetar

penyebab mesin mobil bergetar

Mesin mobil yang bergetar seringkali menjadi pertanda adanya masalah yang perlu segera diatasi.

Getaran yang tidak normal ini bisa berasal dari berbagai penyebab, mulai dari kerusakan komponen mesin hingga masalah pada sistem kelistrikan.

Di bawah ini, Domo Transmisi telah menyiapkan sejumlah informasi tentang penyebab mesin mobil bergetar beserta cara untuk mengatasinya.

Penyebab Mesin Mobil Bergetar

Inilah 8 (delapan) penyebab mesin mobil yang terasa bergetar:

1. Kerusakan Karet pada Kap Mesin

Salah satu penyebab umum mesin mobil bergetar adalah adanya kerusakan pada karet penyangga kap mesin.

Karet ini berfungsi untuk menyerap getaran mesin dan menjaga agar mesin tidak bergesekan langsung dengan sasis mobil.

Jika karet tersebut aus atau rusak, maka dampak getaran mesin akan langsung terasa pada kendaraan. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti karet penyangga yang rusak dengan yang baru.

2. Kerusakan pada Busi

Busi yang aus atau rusak juga dapat menjadi penyebab mesin mobil bergetar. Busi yang tidak berfungsi dengan baik akan mengakibatkan pembakaran bahan bakar yang tidak merata di dalam silinder mesin.

Inilah yang menyebabkan terjadinya getaran yang tidak normal pada mesin mobil.

3. Piston Mobil Aus

Piston yang aus atau tidak berfungsi dengan baik juga dapat menyebabkan mesin mobil bergetar. Ausnya piston dapat mengakibatkan kompresi yang tidak optimal di dalam silinder mesin.

Inilah yang menjadi penyebab mesin mobil bergetar akibat. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel untuk melakukan perbaikan atau penggantian piston yang rusak.

4. Kampas Kopling Habis

Kampas kopling yang habis juga bisa menjadi penyebab mesin mobil bergetar. Kampas kopling yang aus akan membuat transmisi tidak dapat mentransfer tenaga dengan baik, sehingga menyebabkan getaran yang terasa pada kendaraan.

Hal ini terjadi karena gesekan antara kampas kopling dan flywheel tidak cukup untuk memindahkan daya dari mesin ke transmisi.

Cara mengatasi mesin mobil bergetar akibat masalah ini adalah dengan mengganti kampas kopling yang sudah habis dengan yang baru.

5. Kampas Rem Menipis

Kampas rem yang menipis juga bisa menjadi penyebab mesin mobil bergetar. Kampas rem yang sudah aus akan membuat rem tidak bekerja secara optimal, makanya terjadi getaran saat pengereman.

Untuk menghilangkan getaran tersebut, gantilah kampas rem mobil Anda dengan yang baru.

6. Distribusi Bahan Bakar Tidak Lancar

Jika ada masalah pada sistem bahan bakar, seperti filter bahan bakar yang tersumbat atau injektor yang kotor, maka distribusi bahan bakar ke mesin akan terhambat. Hal ini dapat menyebabkan mesin mobil bergetar dan tersendat-sendat.

7. Fan Rotor AC Rusak

Fan rotor AC yang rusak atau tidak seimbang dapat menyebabkan mesin mobil bergetar. Hal ini terjadi karena getaran dari fan rotor AC akan merambat ke seluruh mesin.

8. Gangguan pada Engine Mount

Engine mount berfungsi untuk meredam getaran mesin dan menjaga agar mesin tetap stabil. Jika engine mount rusak atau aus, maka getaran mesin akan terasa lebih jelas di dalam kabin.

Cara Mengatasi Mesin Mobil Bergetar

Adapun cara untuk mengatasi mesin mobil bergetar adalah sebagai berikut:

1. Periksa Tekanan Roda

Penting untuk secara teratur memeriksa tekanan udara pada keempat roda mobil Anda dan memastikan bahwa tekanannya sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Tekanan yang tepat akan membantu menjaga kestabilan kendaraan dan mengurangi getaran yang tidak diinginkan.

2. Periksa dan Ganti Busi

Untuk mengatasi mesin mobil bergetar, Anda juga perlu memeriksa kondisi busi secara berkala untuk memastikan kondisinya dalam kondisi baik. Jika sudah aus dan rusak, maka jangan ragu untuk menggantinya.

3. Cek Kondisi Filter Udara dan Bahan Bakar

Pastikan untuk secara teratur membersihkan atau mengganti filter udara dan bahan bakar sesuai dengan rekomendasi pabrikan untuk menjaga kinerja mesin yang optimal.

4. Periksa Sistem Pembakaran

Cara mengatasi mesin mobil bergetar yang terakhir adalah melakukan pemeriksaan secara berkala pada sistem pembakaran dan pastikan untuk membersihkan atau mengganti komponen yang rusak atau kotor.

Baca Juga: Ini Dia 10 Tips Cek Kondisi Mobil sebelum Mudik

Mesin Mobil Bergetar? Bawa ke Domo Transmisi Aja, Pasti Beres!

Buat Anda pemilik mobil matic dan merasakan getaran pada mesin mobil Anda, jangan khawatir! Domo Transmisi hadir sebagai solusi terbaik untuk memastikan kendaraan Anda kembali dalam kondisi prima.

Sebagai bengkel spesialis mobil matic yang telah bersertifikasi ISO 9001:2015, Domo Transmisi menawarkan layanan perawatan terbaik dengan standar kualitas yang tinggi.

Mulai dari pengecekan transmisi hingga perawatan valve body, matic jet clean, ganti oli, dan berbagai layanan lainnya, kami siap membantu Anda mengatasi masalah mesin mobil dengan cepat dan efisien.

Percayakan kendaraan Anda kepada kami, dan biarkan kami mengembalikan kenyamanan dan performa optimal mobil Anda!

Silahkan lakukan reservasi di Domo Transmisi melalui WhatsApp di nomor 0882-1244-0591 atau klik link berikut ini!

Bengkel Domo Transmisi berlokasi di Jl. Pegangsaan Dua No.88d, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Itulah dia beberapa penyebab mesin mobil bergetar dan cara untuk mengatasinya.

Dalam mengatasi masalah getaran pada mesin mobil, penting untuk segera melakukan pemeriksaan dan perbaikan yang diperlukan agar masalah tidak semakin parah.

Dengan pemeliharaan yang baik dan perbaikan yang tepat waktu, Anda dapat memastikan mesin mobil tetap berjalan dengan lancar dan nyaman untuk digunakan dalam perjalanan sehari-hari.

Eky Muhammad

Eky Muhammad

Penulis yang hobi menuangkan ide dan opini seputar politik dan olahraga. Kini aktif menulis konten mengenai dunia otomotif.
Eky Muhammad

Eky Muhammad

Penulis yang hobi menuangkan ide dan opini seputar politik dan olahraga. Kini aktif menulis konten mengenai dunia otomotif.