Kenali 5 Penyebab Mobil Matic Sering Kurang Tenaga

Penyebab Mobil Matic Sering Kurang Tenaga

Diantara beberapa permasalahan yang bisa terjadi pada mobil, kondisi mesin mobil seringkali menjadi permasalahan yang terjadi, Mungkin anda bertanya-tanya Penyebab Mobil Matic Sering Kurang Tenaga?

Mobil yang normal biasanya akan memiliki beberapa tarikan yang tidak lancar dan seringkali tersendat.

Akan tetapi beberapa mobil yang kurang bertenaga ini membuat masalah jika melintasi jalanan yang miring, menanyak atau menurun terlebih pada saat bepergian ke desa atau pegunungan.

Mobil matic memang memiliki keunggulan dalam menarik banyak perhatian sebagai mobil tanpa kopling yang begitu mudah dijalankan.

Banyak orang yang kemudian beralih dari mobil transmisi manual menjadi mobil dengan transmisi matic ini.

Keunggulannya memang mudah untuk dikendarai dan mampu memberikan kenyamanan, kemudahan, terlebih pada perjalanan jauh.

Namun kekurangan dari mobil maric terletak pada masalah kurangnya tenaga ketika berada dalam tanjakan atau lintasan miring, jika dibandingkan dengan mobil transmisi manual. Untuk itu melalui artikel ini akan kami paparkan beberapa jal mengenai penyebab mobil matic kurang bertenaga.

Penyebab Mobil Matic Sering Kurang Tenaga

Penyebab Mobil Matic Kurang Bertenaga Ketika Melintas

Beberapa permasalahan mobil memang beragam, berikut beberapa permasalahan yang paling sering dialami oleh mobil dengan transmisi matic. Diantaranya adalah kurangnya tenaga dalam menjalankan mesin ketika melintasi beberapa lintasan tidak datar seperti pada tanjakan.

Diameter Roda Mobil Perlu Diperkecil

Roda pada mobil matic memang telah menjalani beberapa penilaian dan uji spesifikasinya sebelum benar-benar dipasarkan.

Namun pada beberapa model memang roda mobil matic memiliki ukuran yang cukup besar. Ini diberikan memang dengan tujuan untuk membuat performa mobil matic bagus dan tampak menawan ketika berjalan di jalanan lurus datar.

Pemberian roda besar ini juga membuat mobil matic akan tampak lebih sporty dan gagah sebagaimana model mobil terbaru yang banyak digandrungi pecinta mobil pada tahun ini. Sayangnya pada penggunaan roda besar ini justru menganggu pada lintasan tidak datar.

Roda mobil matic yang besar akan sangat kurang dalam performanya pada tanjakan. Desainnya hanya cocok pada penggunaan perkotaan untuk sehari-hari, sehingga pada saat melakukan perjalanan yang mengharuskan pada lintasan menajak.

Roda yang besar ini kurang bertenaga jika dilakukan dalam melintasi jalanan ini. Untuk mengatasinya adalah dengan memperkecil diameter roda terlb9ih pada velg dan ban mobil, namun perlu juga diperhatikan beberapa akibatnya dalam jangka panjangnya.

Pengurangan Kapasitas dalam Mobil

Mobil matic yang kurang bertenaga saat dalam perjalanan menanjak dapat disebabkan karena over capacity atau kapasitas mobil yang melebihi jumlah normal yang diberikan.

Perbandingan antara kapasitas mobil dengan perbandingan torsi adalah 1:10 dengan kapasitas torsi adalah dengan beray yang tidak lebih dari 1000kg didalam mobil.

Semakin kecilnya beban yang ada didalam mobil maka performa mobil matic ini akan semakin maksimal. Mobil akan lebih bertenaga terlebih dalam melintasi perjalanan yang melintasi jalanan menanjak atau miring ini.

Performa mobil yang bertenaga ini penting untuk dipahami karena menjadi kondisi ideal dalam mencegah penyebab mobil matic kurang bertenaga karena melebihi berat maksimal.

Sehingga pengurangan beban kapasitas dari dalam mobil, tentu pengurangan ini tidak akan nyaman terlebih pada perjalanan jauh bersama keluarga.

Memeriksa dan Mengganti Komponen Mesin

Selanjutnya Penyebab Mobil Matic Sering Kurang Tenaga adalah dengan melakukan pemeriksaan dan penggantian beberapa komponen dalam mesin.

Mesin mobil matic memang menjadi faktor paling penting dalam menjamin performa mobil berjalan seimbang dengan ditandai mobil yang berjalan dengan benar sesuai standart.

Jika mesin dalam mobil matic bekerja dengan baik maka kaan lebih bertenaga meskipun berbeda ketika berada didalam tanjakan nantinya.

Beberapa hal akan juga terjadi jika mesin mobil yang sudah bermasalah atau aus, maka mobil akan memiliki performa yang kurang bertenaga. Penyebab mobil matic kurang bertenaga memiliki performa adalah dari beberapa kondisi kerusakan didalam komponen mesin.

Sehingga perlu untuk segera mengunjungi bengkel mobil terpercaya untuk melakukan penggantian mesin konsultasi terlebih dahulu dengan teknisi bengkel karena kondisi ini juga dapat berasal dari teknisi bengkel AC mobil matic.

Permasalahan pada Komponen Pengapian

Salah satu yang menjadi Penyebab Mobil Matic Sering Kurang Tenaga adalah dengan adanya penurunan performa mesin mobil yang disebabkan oleh adanya permasalahan dalam busi mobil yang disebabkan oleng pengapaian mesin yang menjadi tidak maksimal.

Permasalahan megenai busi ini memang sangat beragam, mulai dari kerusakan pada kabel penyambung busi atau pada busi yang telah kotor dan usang sehingga performanya akan menurun.

Untuk mengatasi permasalahan ini perlu adanya beberapa perbaikan. Pertama Anda harus memeriksa terlebih dahulu mengenai kondisi busi mobil yang tengah Anda pakai dengan benar-benar. Karena pengecekan ini penting untuk melihat sejauh mana kerusakan mobil.

Anda kemudaian juga harus membersihkan busi yang kotor atau justru mengganti busi yang telah using atau rusak menjadi yang baru. Untuk itu perlu dalam memeriksa kabel busi lalu mengencangkan atau melakukan penyambungan kembali.

Melakukan Penggantian Torsi

Torsi merupakan salah satu spesifikasi mobil yang sangat penting dalam kinerja mobil ini. Sehingga sekecil apapun permasalahan pada torsi ini akan sangat berpengaruh pada performa mobilnya.

Sebagai penggambaran umumnya, penyebab mobil matic kurang bertenaga pada torsi ini mobil matic kana memiliki ukuran yang cukup besar dibandingkan dengan mobil manual. Sehingga Anda tidak perlu merasa terkejut ataupun heran karena torsi ini berperan besar dalam performa mobil yang Anda miliki ini.

Baca Juga: Merawat Transmisi Mobil Untuk Performa Mobil yang Lebih Baik

Torsi pada mobil maic memang berpengatuh besar pada ukuran tenaga saat berada didalam tanjakan. Untuk mengarasinya adalah dengan melakukan penggantian torsi yang sesuai dengan yang mobil bisa dilakukan.

Namun setelah melakukan penggantian torsi ini mpbil dipastikan akan sesuai dengan kemampuan mobil itu sendiri.

Oleh karena itu penggantian torsi mobil juga nyatanya membutuhkan beberapa kemampuan mobil itu sendiri, penggantiannya pun diperlukan sejumlah pertimbangan dalam jangka panjang karena mamang mengganti torsi ini cukup sulit dan membutuhkan banyak biaya.

Kenali Kualitas Bahan Bakar Mobil Anda

Untuk Penyebab Mobil Matic Sering Kurang Tenaga yang terakhir datang dari permasalahn didalam mobil sebagaimana penggerak mobil mejadi kurang bertenaga. Anda perlu mengetahui memang untuk beberapa angka okta yang telah tersedia pada jenis bahan bakar akan sangat berbeda.

Semakin tinggi angka yang diberikan pada oktan akan sangat berpengaruh pada jenis bahan bakar yang berbeda. Jika semakin tinggi oktan akan semakin bagus jenis bahan bakar yang dipergunakan.

Oleh karena itu dalam setiap kondisi untuk yang tidak berhubungan dengan dana subsidi dari pemerintah memang lebih baik jika mempergunakan bahan bakar jenis Pertamax.

Menjadi pemilik mobil juga penting untuk mengerti semua penyebab mobil matic kurang bertenaga ini dengan baik. Sehingga ketika memang terjadi kesalahan atau ketidaknyamanan dalam berkendara ini tentunya menjadi hal yang penting.

Jarang Melakukan Service Transmisi

Permasalahan pada mobil yang kurang bertenaga bisa disebabkan karena adanya permasalahan pada sistem transmisi mobil.

Dalam hal ini, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan dan servis di bengkel terpercaya seperti DOMO TRANSMISI.

DOMO TRANSMISI adalah bengkel otomotif dengan kualitas profesional yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Layanan pemeriksaan komponen dan servis di DOMO TRANSMISI semuanya akan dikerjakan oleh teknisi yang handal dan berpengalaman sehingga menjamin agar pengalaman berkendara Anda akan menjadi lebih aman dan nyaman.

Reservasi layanan DOMO TRANSMISI sekarang 0882_1244_0591 atau melalui link berikut. Reservasi lebih mudah karena bisa dari rumah, Anda akan diarahkan langsung untuk mendatangi cabang Dokter Mobil terdekat untuk memperbaiki transmisi mobil matic Anda tanpa harus mengantre layaknya bengkel biasa.

Demikian beberapa paparan mengenai penyebab mobil matic kurang bertenaga yang harus dipahami dan dilakukan oleh pemilik mobil maupun pengemudi untuk membuat mobil terasa lebih lebih baik dalam pergunaan dan tidak akan terjadi kerusuhan ketika mobil telah berjalan pada perjalan jauh dekatnya dengan menggunakan metode-metode ini dengan baik.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.