Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic

Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic

Cara memperbaiki transmisi mobil matic menjadi salah satu informasi banyak dicari oleh kalangan masyarakat. Selain itu, untuk transmisi mobil menjadi salah satu komponen yang paling penting dan membutuhkan perawatan secara serius.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai cara memperbaiki transmisi mobil matic. Sedangkan untuk Anda yang penasaran dengan perihal transmisi matic bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Paham Penyebab Sebelum Mencari Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic

Paham Penyebab Sebelum Mencari Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic

Kerusakan pada transmisi mobil matic ini bisa saja terjadi karena beberapa hal. Akan tetapi, untuk beberapa hal yang sering terjadi di kalangan masyarakat dan berhubungan dengan transmisi mobil matic adalah:

Mengeluarkan Bunyi Aneh pada saat Melakukan Pemindahan Tuas

Penyebab pertama yang sering terjadi ketika transmisi mobil matic bermasalah adalah muncul bunyi aneh. Contoh mudahnya di saat melakukan perpindahan tuas gigi “p” ke “r” atau “d”.

Perhatikan di saat pergantian transmisi yang sudah bermasalah akan muncul suara “krek” atau “kretek-kretek”. Ketika sudah sampai muncul suara tersebut, Anda harus sesegera mungkin untuk melakukan perbaikan pada bengkel terdekat.

Jangan biarkan bunyi tersebut dengan jangka waktu yang terlalu lama. Dengan membiarkan terlalu lama, justru bisa membuat komponen mobil lainnya ikutan rusak.

Tersendat dan Gas Terasa Menjadi Lebih Berat

Untuk penyebab kedua yang juga sering terjadi adalah tersendat dan gas terasa menjadi lebih berat. Pada saat menginjak atau melepaskan terasa bergetar, maka mobil Anda mempunyai masalah pada komponen TCM speed sensor atau solenoid pressure.

Bahkan, bisa saja untuk masalah tersebut muncul pada jenis transmisi matic terdahulu atau konvensional. Sehingga, dengan hal tersebut bisa membuat kendaraan menjadi terasa lebih berat dan juga bergetar.

Konsumsi Bahan Bakar Menjadi Boros

Pada transmisi mobil matic yang sudah rusak, maka untuk konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Kenapa hal tersebut bisa terjadi, karena untuk komponen transmisi matic tidak bisa berfungsi dengan baik.

Sehingga, untuk energi yang dikeluarkan oleh komponen mesin tersebut tidak bisa berjalan secara optimal. Artinya, dengan hal tersebut bisa membuat komponen mesin mempunyai cara kerja secara ekstra.

Sangat wajar juga di saat kondisi tersebut terjadi dan membuat konsumsi bbm menjadi boros. Maka dari itu, supaya tidak berlarut dan boros sesegera mungkin untuk mencari cara memperbaiki transmisi mobil matic.

Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa untuk komponen transmisi mobil ini menjadi satu hal penting atau membutuhkan perawatan khusus. Ada beberapa langkah atau cara memperbaiki transmisi mobil matic, yaitu:

Melakukan Reset ECU

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan reset ECU. ECU juga menjadi salah satu komponen penting di kendaraan dan mempunyai hubungan dengan transmisi mobil matic.

Selain itu, ECU juga mempunyai peran untuk mengeluarkan sirkuit elektronik yang paling utama. Tugas dari ECU adalah sebagai aktuator untuk menggantikan sistem injeksi sebelumnya yang telah digunakan oleh injektor, elektrik fan dan VVT.

Membersihkan Body Valve

Cara memperbaiki transmisi mobil matic kedua adalah membersihkan body valve. Untuk langkah yang satu ini sangat disarankan dilakukan pada saat cara pertama tidak berhasil atau gagal.

Proses pembersihan body valve ini harus dilakukan oleh orang yang ahli dalam bidangnya. Sehingga, untuk hasil kebersihan yang diberikan benar-benar bersih tanpa noda.

Namun, untuk pemilihan bengkel membersihkan body valve ini juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Paling tidak, Anda memilih bengkel yang sudah benar-benar mempunyai mekanik ahli.

Melakukan Pergantian Oli Matic

Untuk cara memperbaiki transmisi mobil matic selanjutnya, adalah melakukan pergantian oli matic. Pada saat menggunakan cara satu ini, Anda harus memastikan oli yang dipilih sudah benar-benar mempunyai kualitas terbaik.

Satu hal penting lainnya lagi adalah Anda memilih oli matic yang sesuai dengan kebutuhan atau rekomendasi. Satu masalah yang sampai dengan saat ini masih sering terjadi adalah penggunaan oli secara sembarangan.

Maka dari itu, sangat wajar di saat banyak dari kalangan masyarakat yang mempunyai mobil mengalami masalah dengan mesin. Ketika masih awam dengan perihal oli transmisi matic, tidak ada salahnya untuk bertanya atau berkonsultasi dengan pihak bengkel. Dengan berkonsultasi inilah Anda bisa menemukan mana jenis oli transmisi sesuai dengan kebutuhan.

Menguras Oli Transmisi Matic

Menguras oli menjadi salah satu cara memperbaiki transmisi mobil matic yang paling ampuh. Bahkan, untuk langkah yang satu ini bisa diambil di saat beberapa cara sebelumnya tidak membuahkan hasil.

Pada saat menguras oli transmisi matic, Anda harus memastikan sudah benar-benar berada di kondisi bersih. Sehingga dengan kebersihan ini bisa memberikan perubahan sesuai keinginan.

Proses menguras oli transmisi matic ini harus dilakukan oleh orang yang ahli dalam bidangnya. Pastikan di dalam komponen mesin mobil tidak ada endapan oli sama sekali.

Baca Juga: Warna Oli Transmisi Berubah? Ini Tandanya!

Melepaskan Semua Komponen Transmisi

Secara otomatis di saat melakukan pengurasan oli transmisi, Anda juga harus melepaskan semua komponennya. Beberapa komponen yang harus dilepaskan adalah planetary gear, clutch dan brake unit.

Tentunya, untuk melepaskan beberapa komponen tersebut juga membutuhkan peran dari orang ahli. Sudah banyak yang membuktikan, bahwa dengan mencopot beberapa komponen tersebut secara individu justru merusak lainnya.

Membersihkan Komponen Transmisi

Untuk cara memperbaiki transmisi mobil matic yang paling akhir adalah membersihkan komponen transmisi. Lakukan juga pembongkaran pada semua komponen yang berhubungan dengan transmisi mobil matic.

Setelah itu, Anda bisa melakukan overhaul untuk mengerti mana saja komponen mobil yang bermasalah. Proses melakukan overhaul ini juga hanya bisa dilakukan di bengkel terpercaya.

Nah, itulah beberapa penjelasan secara lengkap mengenai cara memperbaiki transmisi mobil matic. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin tahu lebih banyak lagi mengenai transmisi mobil matic.

Setelah paham dengan penyebab dan cara memperbaiki transmisi mobil matic, maka langkah selanjutnya adalah mencari bengkel. Untuk mencari bengkel mobil ini juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Paling tidak Anda harus memastikan bengkel mobil tersebut sudah mempunyai mekanik yang ahli dalam bidangnya. Jangan sampai Anda salah memilih bengkel mobil, karena bisa memberikan dampak buruk di kemudian hari.

Tidak disarankan untuk Anda mudah terpengaruh dengan harga bengkel murah. Sudah banyak yang merasa dirugikan akibat bengkel mobil dengan harga murah.

Carilah beberapa referensi bengkel di beberapa halaman internet atau terlebih dahulu. Lakukan filter dan sudah benar-benar menemukan bengkel dengan kualitas terbaik.

Tidak ada salahnya juga untuk mencari bengkel yang mempunyai banyak jenis layanan perbaikan. Sehingga, dengan hal tersebut menjadi salah satu bukti kualitas dari bengkel tersebut.

Untuk pilihan bengkel spesialis transmisi terpercaya, Anda bisa percayakan layanan DOMO Transmisi. Layanan terbaru dari Dokter Mobil ini menggunakan peralatan berteknologi tinggi dan ditangani langsung teknisi yang ahli. Selain itu, telah teruji riset dan pengembangannya, sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Untuk pilihan bengkel spesialis transmisi terpercaya, Anda bisa percayakan layanan DOMO Transmisi. Layanan terbaru dari Dokter Mobil ini menggunakan peralatan berteknologi tinggi dan ditangani langsung teknisi yang ahli. Selain itu, telah teruji riset dan pengembangannya, sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau melalui link berikut untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk mencoba langsung layanan dari DOMO Transmisi.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai cara memperbaiki transmisi mobil matic. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu dan memberikan informasi kepada Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai cara memperbaiki transmisi mobil matic.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.