5 Penyebab Gearbox Kemasukan Air Penting Diketahui

Gearbox Kemasukan Air

Penyebab Gearbox Kemasukan Air yang penting diketahui. Salah satu penyebab kerusakan pada transmisi Gearbox mobil yaitu ketika kendaraan yang digunakan kalian melewati banjir. Oli Transmisi khususnya mobil matic dapat terkontaminasi air melalui celah-celah di gearbox. Tentunya permasalahan ini membuat pemilik mobil khawatir, terutama bagian sistem transmisi, interior hingga komponen mesin. Perbaikannya cukup memakan biaya yang tidak sedikit.

Bagian Transmisi Gearbox yang terdapat di kolong mobil membuat sistem transmisi  Gearbox mobil dapat rusak, kemudian setelah melewati banjir juga merupakan salah satu faktor kerusakan pada Gearbox.

5 Penyebab Gearbox kemasukan Air

Apakah Mobil Anda pernah mengalami tarikan berat, setelah melewati banjir? Untuk membantu anda lebih lanjut, berikut 5 penyebab Gearbox Mobil kemasukan air.

  1. Kebocoran pada Sistem Pelindung

Penyebab mobil gearbox kemasukan air yaitu kebocoran pada sistem pelindung yang dirancang untuk menjaga kekeringan gearbox. Sistem pelindung, seperti segel karet atau tutup gearbox yang rusak atau aus, dapat memungkinkan air masuk ke dalam gearbox. Periksa secara berkala kondisi sistem pelindung dan pastikan tidak ada kebocoran yang terjadi.

  1. Melintasi Banjir atau Genangan Air

Ketika kalian melintasi Banjir atau genangan air yang dalam tanpa peralatan pelindung yang tepat dapat menyebabkan gearbox kemasukan air. Jika air masuk melalui lubang yang tidak terlindungi, seperti lubang ventilasi atau sumbu masuk, maka air dapat merusak komponen internal gearbox. Salah satu penyebab utama gearbox kemasukan air  adalah paparan langsung terhadap genangan air saat mobil melewati daerah banjir. Jika mobil melintasi genangan air yang terlalu dalam, air dapat masuk melalui celah-celah yang ada di sekitar gearbox, seperti sambungan antara transmisi dan transaxle.

  1. Kebocoran pada Sambungan atau Seal

Kebocoran pada sambungan antara komponen gearbox atau seal yang aus dapat menyebabkan air masuk ke Gearbox Mobil Anda. Seal yang rusak atau aus tidak dapat mencegah air masuk ke dalam gearbox dengan efektif, terutama saat mobil terkena paparan air yang cukup tinggi.

  1. Kerusakan pada Tutup Gearbox

Tutup gearbox yang rusak menjadi salah satu faktor air masuk ke gearbox. Apabila tutup gearbox tidak terpasang dengan baik, air dapat dengan mudah masuk ke dalam gearbox saat berkendara di lingkungan yang basah. Periksa kondisi tutup gearbox secara teratur dan ganti jika diperlukan. Kerusakan fisik pada casing gearbox, seperti retakan atau lubang, dapat memungkinkan air langsung masuk ke dalam kompartemen gearbox. Hal ini bisa terjadi akibat benturan keras atau kecelakaan yang merusak casing dan membiarkan air masuk ke dalam gearbox.

Baca juga: 5 Penyebab Masalah Gearbox Honda Freed

  1. Paparan Lingkungan Ekstrem

Lingkungan ekstrem, seperti banjir disertai hujan deras yang terjadi dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan gearbox kemasukan air. Jika kendaraan terkena paparan air dalam jumlah besar dan cukup lama, risiko gearbox kemasukan air akan meningkat. Hindari berkendara di dalam air yang dalam atau saat kondisi cuaca ekstrem jika memungkinkan.

Penting untuk menjaga mobil dalam kondisi yang baik dan mencegah gearbox kemasukan air. Periksa secara rutin kondisi sambungan, seal, dan casing gearbox, serta lakukan perawatan pada sistem pendingin untuk mencegah kebocoran yang dapat menyebabkan masuknya air. Jika Anda mencurigai adanya air yang masuk ke dalam gearbox, segera hubungi mekanik terpercaya untuk pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut.

Gearbox  Mobil kemasukan air? Tapi bingung mau service Dimana?  Langsung datang ke Domo Transmisi!

Ketika kamu pernah melewati banjir atau genangan air yang membuat tarikan mobil kamu menjadi berat, solusinya yang terbaik adalah datang ke Domo Transimisi. Dengan peralatan yang modern serta teknisi terlatih bisa menjadi solusi dari pertanyaan kamu!

Apabila kamu berdomisili disekitar Jakarta Utara, kalian bisa datang ke cabang Domo Transimisi berikut ini: Yayasan Kasih, Jl. Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Jika kalian ingin datang, segera lakukan reservasi online dengan menghubungi customer service Domo Transmisi melalui WhatsApp di Nomor: 088212440591 atau klik disini.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
Scroll to Top