Efek Oli Mesin Tercampur Dengan Air Radiator

Oli Mesin Tercampur Dengan Air Radiator

Pernah mengalami kendaraan anda overheat atau mesin terasa tidak stabil bisa jadi ini disebabkan oleh oli mesin tercampur dengan air radiator.

Masalah ini harus dicari hingga akar permasalahan, agar gangguan ini tidak terjadi lagi pada kendaraan anda.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menginformasikan apa hal yang jadi penyebab Oli Mesin Tercampur Dengan Air Radiator.

Penyebab Oli Mesin Tercampur Dengan Air Radiator

 

  • Kerusakan pada Seal, Jika pada komponen mesin mobil mengalami kerusakan pada seal atau pakking yang menghubungkan head dan blok mesin, hal ini dapat menciptakan celah bagi oli mesin masuk ke dalam radiator.
  • Tersumbat pada Radiator, Apabila anda kerusakan pada penyumbatan pada radiator, hal ini dapat menjadi hambatan bagi aliran coolant, dan dapat menyebabkan oli masuk ke dalam radiator.
  • Penggunaan Coolant yang tidak sesuai, jika anda menggunakan jenis coolant yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan hal ini dapat merusak seal dan menyebabkan kerusakan pada komponen ini.

Baca Juga: Cara Mengisi Air Radiator Mobil dengan Tepat

Efek Oli Mesin Tercampur Dengan Air Radiator

Jika anda sudah mengalami Oli Mesin Tercampur Dengan Air Radiator, tentu saja ini beberapa hal yang terjadi.

Kerusakan pada Komponen Mesin

Saat Oli mesin bercampur dengan air radiator, dampak serius dapat terjadi pada berbagai komponen mesin. Salah satu efeknya adalah terhadap kinerja oli mesin.

Oli mesin yang tercampur dengan air dapat mengurangi kemampuan pelumas untuk melumasi dengan baik, mengakibatkan gesekan berlebihan pada komponen mesin.

Ini dapat menyebabkan keausan lebih cepat pada komponen-komponen vital seperti piston, cincin piston, dan bearing.

Tahukah anda, campuran oli dan air radiator dapat menyebabkan korosi pada komponen logam dalam sistem pendingin. Korosi ini dapat merusak pipa-pipa, radiator, dan pompa air.

Baca Disini:  Tips Mengatasi Air Radiator Mobil Cepat Habis

Penurunan Kinerja Radiator dan Mesin

Selain itu, oli mesin yang tercampur dengan radiator, hal ini akan merusak radiator mobil anda. Jika ini terjadi, dapat menyebabkan pembentukan kerak pada dinding slauran pendingin.

Endapan ini dapat menghambat aliran coolant dan dapat meningkatkan suhu mesin dan mengakibatkan overheating.

Saat oli mesin dan air radiator bercampur, kekentalan cairan pendingin dapat berubah secara signifikan.

Baca Juga: Bahaya Radiator Mobil Matic Rusak, Efek Bagi Transmisi

Biaya Perbaikan yang Mahal

Dampak paling terlihat dari oli mesin tercampur dengan radiator adalah biaya perbaikan yang tinggi. Anda bisa mengganti beberapa komponen seperti piston, cincin piston, bearing, atau bahkan seluruh mesin.

Tidak hanya itu, jika karat ada sistem pendingin sudah terjadi, penggantian radiator, pipa-pipa, dan pompa air juga akan menambah biaya perbaikan.

Dampak dari oli mesin yang tercampur dengan air radiator tidak hanya terbatas pada kinerja mesin, tetapi juga dapat merugikan secara finansial.

Tetapi jika anda mengalami gangguan pada mobil matic, mulai dari masalah suara yang mengganggu, atau bunyi jedug saat melakukan perpindahan gigi, kami sarankan kepada anda untuk datang ke bengkel spesialis mobil matic Domo Transmisi.

Dengan datang ke Bengkel kami, permasalahan pada mobil matic anda bisa ditangani dengan tepat dan akurat, teknisi kami sudah dilengkapi dengan peralatan canggih, jadi perbaikan pada mobil matic anda bisa dilakukan dengan tepat.

Tenang aja kami akan melakukan pemasangan komponen pada mobil anda secara presisi, jadi anda tidak perlu ragu untuk datang ke bengkel kami.

Kami bisa dihubungi melalui nomor 0882:1244:0591 atau klik disini untuk menghubungi teknisi kami agar permasalahan pada mobil anda beres.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.