Cara Mengisi Air Radiator Mobil dengan Tepat

Cara Mengisi Air Radiator Mobil dengan Tepat

Kendaraan anda sering mengalami panas secara tiba-tiba, bisa jadi air radiatornya kurang, lalu bagaimana cara mengisi air radiator mobil dengan tepat?

Meskipun terlihat sepele, anda harus memperhatikan beberapa hal agar proses ini berjalan lancar tanpa melakukan kesalahan.

Radiator pada mobil berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil selama perjalanan. Saat mesin bekerja, suhu dapat naik secara signifikan, dan radiator bertanggung jawab untuk mendinginkannya.

Oleh karena itu, mengisi air radiator bukan hanya rutinitas biasa, melainkan langkah preventif untuk menjaga performa mesin.

Ketika ingin mengisi air raditor, bukan hanya sekedar menambahkan, tetapi anda juga harus memahami fungsi campuran air dan cairan pendingin.

Dengan memahami fungsi radiator secara mendalam, anda akan mengerti dalam menjaga kondisi mesin.

Beberapa mobil membutuhkan cairan pendingin khusus yang disetujui oleh produsen, sedangkan yang lain mungkin membutuhkan jenis cairan pendingin universal.

Cara Mengisi Air Radiator Mobil dengan Tepat

Inilah beberapa Cara Mengisi Air Radiator Mobil dengan Tepat, saatingin melakukannya anda bisa memperhatikan disini.

  • Pastikan mesin kendaraan dalam keadaan dingin sebelum Anda membuka tutup radiator. Ini penting untuk menghindari risiko terbakarnya tangan atau tubuh Anda akibat tekanan udara dan suhu tinggi di dalam radiator.
  • Setelah memastikan keamanan, buka perlahan tutup radiator dengan menggunakan kain atau sarung tangan. Perhatikan apakah level air di dalam radiator mencukupi. Jika tidak, tambahkan air atau campuran air dan cairan pendingin sesuai dengan petunjuk pada buku manual.
  • Pastikan untuk mengetahui proporsi campuran yang benar untuk menghindari masalah pembekuan atau overheating. Penting untuk selalu menggunakan air yang bersih dan bebas dari kontaminasi. Menggunakan air keran mungkin tidak selalu menjadi pilihan terbaik karena mengandung mineral dan zat-zat lain yang dapat merusak sistem pendingin.

Baca Juga: Tips Mengatasi Air Radiator Mobil Cepat Habis

Tentu saja air radiator kurang juga memili dampak bagi kendaraan anda, apa saja efek samping bagi mobil anda?

  •  Overheating, Jika tingkat coolant rendah, mesin dapat menjadi lebih panas dari yang seharusnya, yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada komponen mesin.
  • Merusak Seal pada Mobil, Jika Coolant rendah, seal dan karet pada radiator akan mengalami kekeringan, Hal ini dapat menyebabkan kebocoran pada radiator mobil anda.
  • Karat pada Komponen Radiator, Jika tingkat coolant terlalu rendah, bahan kimia pelindung ini dapat menjadi kurang efektif dan tentunya akan mengakibatkan karat pada komponen mesin dan radiator pada mobil anda.

Jika anda mengalami gangguan akibat cairan radiator yang kurang, seperti perpindahan gigi yang tidak lancar atau permasalahan lainnya, anda bisa melakukan pengecekan terhadap transmisi terlebih dahulu.

Dengan melakukan pengecekan, permasalahan pada mobil matic anda bisa diketahui, nantinya teknisi bengkel spesialis mobil matic Domo Transmisi akan memperbaiki kendaraan anda.

Silahkan datang ke bengkel kami yang saat ini berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kami ahlinya mobil matic sejak 2015, jadi anda tidak perlu ragu untuk memperbaiki kendaraan anda bersama kami.

Apabila perbaikan berat diperlukan, Domo Transmsi akan memberikan garansi 6 bulan atau setara 20.000 km jika melakukan overhaul bersama kami.

Reservasi sekarang juga melalui nomor atau link berikut, agar saat anda datang ke bengkel kami, anda tidak terkena antre.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.