Musim Kemarau Mobil Gampang Overheat, Waspada!

Musim Kemarau Mobil Gampang Overheat

Pada setuju kan kalau saat ini di Indonesia sedang panas-panasnya. Nah ini ada salah satu permasalahan yang harus diwaspadai yaitu Musim Kemarau Mobil Gampang Overheatt, pada tidak percaya?

Sebelum bahas lebih lanjut, mobil yang mengalami overheat akan mengalami penurunan kinerja jadi mobil anda tidak bertenaga lagi saat digunakan.

Alasan Musim Kemarau Mobil Gampang Overheat

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mobil matic di musim kemarau gampang overheat, simak rangkuman berikut.

Cuaca Panas Bisa Buat Mesin Panas

Musim kemarau identik dengan cuaca panas, nah cuaca seperti ini bisa membuat mesin mobil maticmu lebih cepat panas atau overheat.

Bayangkan saja, suhu udara yang sudah tinggi ditambah dengan panas yang dihasilkan oleh mesin. Duh, bisa-bisa mesinnya jadi ‘kepanasan’.

Musim kemarau di Indonesia biasanya sangat panas, dengan suhu bisa mencapai 35 derajat Celsius atau lebih.

Baca Juga: 5 Ciri Ciri Transmisi Matic Overheat yang Sering disepelekan

Kondisi Jalan

Musim kemarau juga seringkali diiringi dengan kondisi jalan yang lebih kering dan berdebu.

Debu dan kotoran yang menempel pada komponen mesin bisa menghambat sirkulasi udara, loh. Apalagi anda mengalami jalanan yang macet, hal ini akan membuat mesin jadi lebih cepat panas.

Penggunaan AC Berlebihan

Siapa yang tahan berkendara tanpa AC di musim kemarau, Tentu saja penggunaan AC akan lebih intensif. Namun, perlu diingat bahwa AC juga membebani mesin.

Jadi, jangan heran kalau mesin mobil matic lebih gampang overheat.

Oli yang perlu Diganti

Oli mesin memiliki peran penting dalam melumasi komponen mesin agar tidak cepat aus. Namun, di suhu yang sangat tinggi, viskositas oli bisa berkurang.

Ini berarti oli mesin menjadi lebih encer dan kurang efektif dalam melumasi, yang pada akhirnya hal ini bisa membuat Musim Kemarau Mobil Gampang Overheat

Filter Udara

Filter udara yang kotor akan mempengaruhi performa mesin. Jika filter udara tersumbat oleh debu atau kotoran, mesin akan bekerja lebih keras untuk menarik udara, yang tentu saja akan menaikkan suhu mesin.

Gejala Overheat pada mobil matic

Inilah hal yang harus diperhatikan ketika mobil anda mengalami overheat akibat musim kemarau, apa saja?

  • Lampu indikator menyala, Indikator suhu mesin pada dashboard adalah peringatan awal yang paling jelas. Jika jarum indikator bergerak ke arah “HOT” atau lampu peringatan menyala, ini adalah tanda yang tidak bisa diabaikan. Indikator ini langsung terhubung dengan sensor suhu mesin.
  • Dampak terhadap mesin, efenya mungkin juga akan merasakan penurunan performa pada mobil. Misalnya, akselerasi yang lebih lambat atau mesin yang terasa berat. Ini terjadi karena sistem mobil berusaha ‘melindungi’ mesin dari kerusakan lebih lanjut.
  • Muncul Bau Hangus, Bau hangus biasanya berasal dari komponen karet atau plastik yang mulai meleleh karena suhu mesin yang terlalu tinggi. Ini bisa menjadi tanda awal sebelum masalah menjadi lebih serius. Jika kamu mencium bau hangus, segera hentikan mobil dan periksa mesin. Jangan lanjutkan perjalanan sebelum menemukan dan mengatasi sumber bau tersebut.

Jika anda mengalami overheat terus menerus pada mobil matic akibat musim kemarau ini, kami sarankan untuk melakukan pengecekan pada mobil matic.

Anda bisa melakukannya bersama teknisi Domo Transmisi, dengan mekanik yang berpengalaman anda bisa melakukan pengecekan bersama kami.

Kami akan menggunakan mesin scanner untuk melakukan pengecekan mobil matic anda, silahkan datang ke Alamat Domo: yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara.

Tidak inginkan permasalahan yang terjadi pada mobil matic anda dibiarkan saja, karena ini bisa berdampak pada komponen lainnya.

Yang anda akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk perbaikan mobil matic, solusi terbaik adalah datang ke bengkel kami.

Reservasi kedatangan anda melalui WA pada nomor 0882:1244:0591 agar tidak terkena antre, hub sekarang juga.

Overheat pada mobil matic akibat musim kemarau salah satu permasalahan yang tidak bisa diabaikan, jadi tunggu apalagi datanglah ke Domo Transmisi.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.