Alasan Mobil Susah Distarter Saat Mesin Dingin

Mobil Susah Distarter Saat Mesin Dingin

Saat anda sedang berkendara, pernah mengalami dimana Mobil Susah Distarter Saat Mesin Dingin?

Tentu saja gangguan ini bisa terjadi pada kendaraan anda, penting untuk tidak mengabaikan permasalahan ini, hal ini akan membuat anda kesal dan mengganggu perjalanan anda.

Pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan penyebab dan cara mengatasi mobil susah distarter saat mesin dingin, kita akan bahas penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Mobil Susah Distarter Saat Mesin Dingin

 

Oli Mesin Terlalu Kental

Saat Mobil Susah Distarter Saat Mesin Dingin bisa disebabkan oleh oli mesin yang terlalu kental.

Ketika suhu mesin dingin, oli pada mesin akan cenderung lebih kental, sehingga aliran ke bagian mesin membutuhkan pelumasan menjadi terhambat.

Hal ini akan membuat mesin lebih sulit berputar ketika dihidupkan, solusinya adalah pastikan oli mesin sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Aki Mobil Rusak

Aki mobil yang sudah mulai lemah atau rusak, akan menyebabkan mobil sulit distarter.

Suhu terlalu dingin dapat mengurangi kemampuan aki saat menghasilkan daya listrik yang cukup untuk menghidupkan mesin mobil.

Penting untuk melakukan pengecekan secara berkala pada kondisi aki, termasuk dari air aki dan tegangan listrik.

Baca Disini: Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor

Sistem Injeksi pada Mobil Gangguan

Sistem injeksi bensin yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat menjadi penyebab mobil sulit distarter pada suhu rendah.

Pada mesin modern, sistem injeksi bahan bakar berperan penting dalam mencampur udara dan bensin dengan proporsi yang tepat.

Busi Mobil Kotor

Jika busi sudah mengalami kerusakan atau kotor hal ini dapat menjadi penyebab mobil sulit distarter saat mesin dingin.

Busi berfungsi untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar mesin.

Apabila busi tidak berfungsi dengan baik, proses pembakaran akan terganggu, menyebabkan kesulitan saat menghidupkan mesin.

Baca Disini: Ciri-Ciri Busi Mobil Matic Lemah, Ini Tandanya!

Starter Mobil Bermasalah

Ketika mobil sulit distarter, ada kemungkinan bahwa masalah terletak pada sistem starter itu sendiri. Komponen seperti bendix (penggerak starter) atau motor starter mungkin mengalami keausan atau kerusakan.

Pemeriksaan dan perawatan rutin terhadap sistem starter dapat membantu mengetahui masalah sejak awal.

Bagaimana Cara mengatasi mobil susah distarter saat mesin dingin, kami akan menginformasikannya.

  • Gunakan Oli yang tepat, dengan memastikan oli mesin yang digunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Oli yang sesuai membantu menjaga kelenturan mesin pada suhu rendah.
  • Lakukan perawatan Aki secara berkala, Aki yang lemah atau rusak seringkali menjadi penyebab utama kesulitan starter. Pastikan untuk melakukan perawatan aki secara berkala, termasuk pemeriksaan tingkat air aki dan tegangan listriknya.
  • ¬†Pengecekan pada Starter Mobil, Apabila masalah berasal dari sistem starter, lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap komponen-komponen seperti bendix dan motor starter. Gantilah komponen yang rusak atau aus untuk memastikan sistem starter berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu jika anda memiliki mobil mati dan sedang mengalami permasalahan pada kendaraan anda, silahkan datang ke bengkel mobil matic terdekat Domo Transmisi.

Dengan datang ke bengkel kami, permasalahan pada mobil anda bisa beres, Domo Transmisi memberikan garansi 6 bulan atau setara 20,000 km bagi anda yang melakukan perbaikan overhaul.

Kenapa mobil matic harus di Overhaul? Komponen yang ada mobil matic sangatlah sensitif, jika menggantinya hanya sebagian, tentu saja akan merugikan anda, sebaiknya mengganti penggantian komponen yang original bersama kami.

Silahkan datang ke bengkel kami, sebelum datang kami sarankan untuk melakukan reservasi melalui WhatsApp agar anda tidak terkena antre.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.