5 Kekurangan Transmisi Mobil Manual dan Harga Perawatannya

5 Kekurangan Transmisi Mobil Manual dan Harga Perawatannya

Jika sebelumnya sudah ada pembahasan mengenai kelebihan mobil dengan transmisi manual, sekarang mari bahas apa saja kekurangan transmisi mobil manual. Apalagi di tahun 2023 mendatang, tentu saja ada banyak pilihan atau varian mobil yang ada dengan berbagai inovasi, fitur baru dan masih banyak lagi. Akan tetapi ingin mobil manual atau matic tentu saja itu kembali ke calon pemilik kendaraan tersebut, bukan?

Nah, untuk anda yang sebenarnya ingin membeli mobil matic tapi masih ragu. Mungkin daftar kekurangan transmisi mobil manual berikut ini bisa membuat anda lebih yakin untuk membeli mobil dengan transmisi matic, bukan manual. Akan tetapi perlu diingat bahwa kekurangan ini bisa saja menjadi kelebihan dan hal yang biasa saja bagi mereka yang suka dengan transmisi mobil manual.

Kekurangan Transmisi Mobil Manual

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa kekurangan di sini bukan berarti bahwa mobil tersebut jelek. Akan tetapi lebih ke pertimbangan atau sisi kontra yang memang harus diketahui oleh siapapun yang ingin membeli transmisi mobil manual. Berikut adalah kekurangannya:

  1. Kurang Efisien – Mobil manual secara umum kurang efisien daripada transmisi otomatis. Hal ini karena pengemudi harus menggunakan keduanya kaki dan tangan untuk berganti gigi. Ini berarti bahwa pengemudi harus meluangkan lebih banyak waktu untuk beralih dari satu gigi ke yang lain, yang dapat mengakibatkan lebih banyak bahan bakar yang terbuang.
  2. Lebih Berat – Mobil manual cenderung lebih berat daripada mobil otomatis, karena perangkat transmisi manual yang digunakan membutuhkan lebih banyak komponen. Hal ini dapat menyebabkan mobil menjadi lebih berat dan mengurangi efisiensi bahan bakar.
  3. Lebih Rumit – Transmisi mobil manual memerlukan lebih banyak komponen daripada transmisi otomatis. Hal ini membuatnya lebih rumit untuk dikendalikan dan membutuhkan lebih banyak pengetahuan untuk mengemudi mobil dengan benar.
  4. Membutuhkan Lebih Banyak Latihan – Pengemudi yang tidak terbiasa dengan transmisi manual mungkin membutuhkan banyak latihan dan pengalaman untuk menggunakannya dengan benar. Ini dapat menyebabkan kendaraan menjadi tidak stabil atau bahkan menyebabkan kecelakaan.
  5. Lebih Mahal – Transmisi manual cenderung lebih mahal untuk dipasang dan membutuhkan lebih banyak perawatan daripada transmisi otomatis. Ini karena komponen yang dibutuhkan untuk mengoperasikannya lebih banyak dan lebih rumit.

Jika anda baca dan perhatikan kekurangan tersebut, maka anda pasti akan merasa bahwa kekurangan tersebut akan cukup memberatkan. Akan tetapi itu hanya kekurangan dan sisi kontra saja, apabila anda membaca kelebihanya, pasti anda akan merasa bahwa hal tersebut memang konsekuensi dari memilih transmisi mobil manual daripada mobil matic.

 BACA JUGA: Kelebihan Mobil Transmisi Manual

Berikut ini adalah daftar harga Transmisi mobil manual di Indonesia:

Transmisi mobil memiliki harga yang variatif. Hal ini berdasarkan merek dan jenis kendaraan apa yang anda miliki. Sebelum membeli mobil manual, ada baiknya kenali spare partnya: apakah mudah di cari, apakah harganya murah atau marah, dan lainnya. Untuk membuka keyakinan anda, silahkan lihat daftar harga transmisi manual yang ada di Indonesia berikut ini. Harga tersebut tentu bukan harga pasti atau bisa berbeda. Akan tetapi setidaknya itu bisa membuat anda memiliki gambar kira-kira berapa banyak uang yang akan anda keluarkan.

  • Transmisi Manual Mitsubishi Colt T120SS – Rp. 7.500.000
  • Transmisi Manual Toyota Avanza – Rp. 8.000.000
  • Transmisi Manual Daihatsu Xenia 1.0 L – Rp. 9.500.000
  • Transmisi Manual Honda Jazz 1.5 L – Rp. 11.000.000
  • Transmisi Manual Suzuki Ertiga – Rp. 10.000.000
  • Transmisi Manual Toyota Rush – Rp. 12.000.000
  • Transmisi Manual Honda HRV – Rp. 14.000.000
  • Transmisi Manual Honda Civic – Rp. 15.000.000
  • Transmisi Manual Mazda 2 – Rp. 16.000.000
  • Transmisi Manual Mitsubishi Outlander Sport – Rp. 18.000.000

Harga Perawatan Mobil Transmisi Manual, Mahal?

Dalam pembahasan kekurangan disebutkan bahwa perawatan mobil transmisi manual lebih mahal daripada mobil dengan transmisi matic. Memangnya seberapa mahal perawatan mobil manual? Yuk mari kita intip dan bahas secara detail mengenai perawatan mobil transmisi manual di Indonesia.

Harga perawatan mobil transmisi manual berbeda-beda tergantung jenis perawatannya. Harga rata-rata perawatan mobil transmisi manual adalah sekitar Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000. Berikut adalah beberapa jenis perawatan mobil transmisi manual dan harga rata-ratanya:

  • Ganti Oli Transmisi Manual. Harga rata-rata: Rp 350.000.
  • Ganti Filter Oli Transmisi Manual. Harga rata-rata: Rp 200.000.
  • Ganti Selang Rem Transmisi Manual. Harga rata-rata: Rp 300.000.
  • Ganti Selang Power Steering Manual. Harga rata-rata: Rp 350.000.
  • Ganti Selang Air Radiator Manual. Harga rata-rata: Rp 500.000.
  • Ganti Selang Penghantar Gas Manual. Harga rata-rata: Rp 500.000.
  • Ganti Selang Penghantar Minyak Pelumas Manual. Harga rata-rata: Rp 500.000.
  • Ganti Filter Udara Manual. Harga rata-rata: Rp 500.000.
  • Ganti Filter Minyak Pelumas Manual. Harga rata-rata: Rp 500.000.
  • Ganti Selang Pengisap Minyak Manual. Harga rata-rata: Rp 600.000.
  • Ganti Selang Pembuangan Minyak Manual. Harga rata-rata: Rp 600.000.
  • Ganti Selang Pengisap Uap Manual. Harga rata-rata: Rp 600.000.
  • Ganti Selang Pembuangan Uap Manual. Harga rata-rata: Rp 600.000.
  • Ganti Selenoid Manual. Harga rata-rata: Rp 1.000.000.

Solusi Perawatan yang murah dan terbaik adalah dengan datang ke bengkel DOMO TRANSMISI. Mengapa? Selain karena harganya yang bersahabat, DOMO TRANSMISI adalah satu-satunya bengkel transmisi di Indonesia yang menyediakan semua pelayanan perawatan transmisi mobil manual dan matic. Semua mekanik adalah orang-orang propesional dan ramah yang bisa anda ajak komunikasi tentang masalah atau jenis perawatan apa yang memang harus diterapkan kepada mobil kesayangan anda.

Untuk melakukan perawatan, anda bisa menghubungi customer service DOMO TRANSMISI melalui WhatsApp 0882-1244-0591 atau melalui link berikut. Nantinya anda akan mendapat arahan dari customer service mengenai layanan transmisi apa yang anda butuhkan dan kapan penanganannya. Tenang! Semua peralatan dan perlengkapan DOMO TRANSMISI sangat canggih dan modern sehingga anda pasti akan mendapatkan hasil yang cepat dan sudah dijamin memuaskan!

Rani Sulistianti

Rani Sulistianti

Rani Sulistianti

Rani Sulistianti