5 Penyebab Gearbox Avanza Cepat Rusak, Ini Cara Mencegahnya

Gearbox Avanza Cepat Rusak

Sebagai pengguna kendaraan MPV, anda harus mengetahu apa saja Penyebab Gearbox Avanza cepat rusak? Atau kalian pernah mengalami kerusakannya, mending simak ulasan berikut.

Gearbox atau transmisi merupakan salah satu komponen penting dalam mobil Avanza. Fungsinya adalah untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda penggerak, sehingga memungkinkan mobil bergerak dengan berbagai kecepatan.

Namun, beberapa pemilik mobil Avanza mengalami masalah dengan gearbox yang cepat rusak.Apa saja penyebab dari Gearbox avanza cepat rusak?

Penyebab Gearbox Avanza Cepat Rusak

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan informasi hal yang dapat menyebabkan Gearbox Avanza Cepat Rusak.

Kualitas Oli Transmisi yang Buruk

Penggunaan oli transmisi yang tidak sesuai spesifikasi atau kualitas oli yang buruk dapat menyebabkan gesekan berlebih dan keausan pada komponen gearbox.

Oli transmisi yang kotor atau tercemar juga dapat mengganggu kinerja gearbox dan mempercepat kerusakan. Hal ini dapat menjadi penyebab Gearbox Avanza cepat rusak.

Baca Juga: Pentingnya Mengganti Oli Transmisi Secara Berkala

Komponen yang Rusak

Pada beberapa kasus, kerusakan gearbox pada Avanza dapat disebabkan oleh masalah desain atau komponen yang mengalami kerusakan, Hal ini dapat termasuk membuat gearbox mobil avanza cepat rusak mulai dari kerusakan pada komponen tertentu seperti bearing atau gigi.

Mengemudi dengan Kasar

Cara mengemudi yang kasar, sering melakukan akselerasi yang tiba-tiba, atau sering melakukan perpindahan gigi yang tidak tepat dapat mempercepat keausan pada komponen gearbox.

Pengemudi yang kurang terampil atau tidak memahami prinsip penggunaan transmisi otomatis juga dapat menyebabkan kerusakan pada gearbox. Hal ini menyebabkan Gearbox Avanza cepat rusak.

Overload dan Penggunaan yang Berlebihan

Avanza sering digunakan sebagai mobil keluarga atau mobil usaha yang sering membawa muatan berat. Penggunaan yang berlebihan, seperti sering mengangkut muatan melebihi kapasitas maksimal atau sering menarik beban berat, dapat memberikan tekanan berlebih pada gearbox dan menyebabkan kerusakan pada komponen internalnya

Kurangnya perawatan yang Tepat

Pemeliharaan yang tidak teratur dan kurang perhatian terhadap gearbox dapat menyebabkan kerusakan yang lebih cepat. +Penggantian oli transmisi yang terjadwal, pemeriksaan tingkat dan kondisi oli, serta pemeriksaan rutin pada komponen gearbox sangat penting untuk menjaga kinerjanya.

Sekarang kalian sudah mengetahui penyebab dari Gearbox Avanza Cepat Rusak, kami juga akan memberikan tips perawatan terhadap Gearbox mobil Avanza anda.

 

Cara Mencegah Gearbox Avanza Rusak

Apa saja cara agar Gearbox avanza kalian tidak rusak? Simak ulasan berikut, Jangan lupa share artikel ini.

Perawatan dan Pemeriksaan Rutin

Pastikan untuk melakukan perawatan rutin sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh produsen. Ganti oli transmisi secara teratur sesuai rekomendasi produsen.

Periksa tingkat dan kondisi oli secara berkala, dan tambahkan atau ganti oli jika diperlukan.

Baca juga: 10 Cara Merawat Transmisi Matic dan Biaya Perawatan Terbarunya

Gaya Mengemudi yang Tepat

Hindari akselerasi yang tiba-tiba atau berlebihan, terutama saat memulai atau berpindah gigi. Gunakan transmisi dengan lembut dan perlahan, berikan waktu bagi gearbox untuk beradaptasi dengan perubahan gigi.

Gunakan Oli Transmisi yang Tepat

Pastikan menggunakan jenis oli transmisi yang direkomendasikan oleh produsen mobil. Perhatikan spesifikasi dan kualitas oli transmisi yang digunakan, pilih oli dengan viskositas dan sifat pelumas yang sesuai.

Hindari Perubahan Suhu yang Ekstrem

Jika memungkinkan, hindari penggunaan mobil dalam kondisi suhu ekstrem yang dapat mempengaruhi kinerja gearbox.

Hindari penggunaan mobil secara berlebihan dalam kondisi panas atau dingin yang ekstrem.

Sekarang kalian sudah mengetahui apa saja penyebab dari gearbox mobil avanza dan tips agar gearbox mobil kalian tidak cepat rusak. Apakah kalian mengalami kerusakan pada Gearbox Mobil Avanza?

Jangan pernah menyepelekan kerusakan pada Gearbox mobil kalian, karena ini mempengaruhi performa kendaraan anda serta akan mengeluarkan biaya yang lebih untuk perbaikan.

Kalian bisa langsung datang ke bengkel Domo Transmisi yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Anda juga berkesempatan mendapatkan potongan harga dan penawaran menarik ketika datang ke Domo Transmisi, Kalian juga bisa melakukan reservasi dan konsultasi melalui admin WhatsApp Domo Transmisi pada nomor 0882-1244-0591 atau klik disini.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.