Ganti Merek Oli Transmisi Bikin Rusak?

Tidak hanya perawatan rutin berkala dengan rutin, tetapi pemilik juga perlu melakukan penggantian jika memang komponen rusak atau bermasalah. Penyebab utama dari pada komponen mesin yang rusak biasanya terletak dari sudah kotornya atau sudah usangnya mesin. Dapat beberapa hal yang membuat mobil tidak bisa digunakan sebagaimana biasanya, salah satunya ketika oli transmisi yang digunakan pada mobil matic mengalami gangguan karena terlalu lama tidak diganti dan kotoran yang mengendap terlalu banyak.

Penggantian oli memang penting untuk dilakukan. Penggantian oli transmisi rutin disarankan setelah mobil menempuh jarak dan waktu perjalanan tertentu. Ini dilakukan sebagai patokan penggantian yang kerap digunakan oleh banyak pengguna mobil atau bengkel. Khususnya pada penggunaan mobil matic di perkotaan kadang membutuhkan penggantian yang rutin untuk menghindari kerusakan akibat seringnya macet. Namun jika melakukan penggantian oli? Bagaiman jika mengganti merek oli? Apakah akan berbeda dengan penggantian ini menimbulkan dampak? Akan dibahas pada artikel singkat ini.

Penggantian Merek Oli Transmisi

Di pasaran memang banyak beredar berabagai merek oli transmisi matic baik dari oli pabrikan sampai pada oli after market yang jauh lebih murah. Sama halnya dengan oli mesin kendaraan bermotor, pada oli transmisi juga banyak merek yang saling mengungguli dan membuat pengemudi kadang kebingungan dalam memilih merek yang sesuai. Namun meskipun tujuan dan fungsinya sama sebagai pendukung kineja transmisi mobil dan melakukan pelumasan dalam beberapa komponen mesin didalamnya, nyatanya memilih merek oli transmisi yang sesuai juga tidaklah mudah.

Mungkin banyak pengemudi yang kemudian menanyakan mengenai penggantian merek oli trasmisi yang bisa berganti-ganti atau tidak. Jika memang oli transmisi berganti apakah kemudian menyebabkan masalah atau rusak pada mesin? Mungkin banyak pemilik mobil yang melakukan penggantian atas rekomendasi bengkel, sebenarnya memang penggantian merek mobil boleh saja dilakukan dengan memeperhatikan beberapa hal. Untuk ganti oli memang harus menentukah beberapa hal yang takutnya membuat kerusakan didalam mesin mobil.

Perhatikan Cara Penggantian

Perhatikan Cara Penggantian, Karena Isu Ganti Merek Oli Transmisi Bikin Rusak

Dalam melakukan penggantian oli transmisi yang berbeda merek memang tidak bermasalah, namun pentingnya untuk para pengguna atau pemilik mobil memperhatikan adanya komponen dan cata penggantian yang dilakukan. Kandungan oli kadang berbeda, takutnya jika endapan dalam oli yang sebelumnya dapat mempengaruhi kualitas dari oli yang pengganti yang baru. Penggantian oli penting untuk benar-benar memastikan oli yang lama terbuang dengan benar.

Endapan dari oli yang kotor hanya akan menghalangi dan memperkeruh oli baru untuk melakukan tugasnya. Untuk itu pemilik mobil penting untuk benar-benar memastikan bahwa memang oli yang baru dapat masuk dengan baik. Untuk penggantian oli pemilik dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui teknik flusing oli matic atau dengan tap oli seperti kebanyakan penggantian oli biasanya. Anda mungkin sering melakukan tap oli matic, coba berapa kali mencoba melakukan flushing oli matic.

Flushing Oli untuk Ganti Merek Oli Transmisi

Flushing oli matic dapat menjadi salah satu pilihan jika Anda menginginkan melakukan ganti merek oli transmisi yang benar dan tidak berdampak pada mobil transmisi Anda. Jika dibandingkan dengan tap penggantian oli biasa, jelas flusing oli ini jauh lebih baik dijadikan alternative pilihan. Karena jika tap memang masih sering meninggalkan sisa endapan oli ataupun kotoran yang memang menghalangi oli baru masuk, sedangkan flushion oli ini pengisian oli harus melewati pembersihan oli dengan memperkirakan sudah tidak adanya oli kotor yang tertampung.

Flusing oli matic dapat anda pilik ketika hendak ganti merek oli transmisi jika mobil memang mengindikasikan pada perpindahan transmisi yang benar-benar susah. Kadang ditandai dengan adanya delay atau jeda beberapa detik pada perpindahan transmisi mobil. Anda pasti merasakan delay ini, bahkan beberapa kondisi juga membuat adanya suara jedug ketika melakukan transisi. Suara ini dapat menjadi penanda oli transmisi telah mengalami kerusakan dan penting untuk segera dilakukan penggantian oli baik dengan atau ganti merek oli transmisi menggunakan teknik flusing oli seperti ini.

Pemilihan Oli Pengganti Harus Tepat

Jika sebelumnya telah kami paparkan ada beberapa jenis oli dari oli pabrikan dan oli after market untuk pilihan Anda. Dalam melakukan ganti merek oli transmisi penting untuk mengerti kualitas dan perpindahan transmisi yang membuat oli ini dapat bekerja dengan baik. Beberapa ahli dalam bengkel mengatakan jika penggunaan oli pabrikan memang tidak direomendasikan untuk ganti merek oli transmisi. Hal ini memang dikarenakan pada penggantian oli tidak sesuai dengan beberapa spesifikasi mobil terbaru.

Penggantian oli matic juga memiliki banyak merek dan beragam macam dipasaran. Bahkan saking banyaknya pemilik mobil kadang dibuat kebingungan dengan banyaknya pilihan oli yang ada dipasaran ini. Hal yang membedakan tiap merek oli ini terletak pada tingkat kekentalan oli transmisi yang sudah tertulis di buku pedoman pemilik. Sembarangan ganti oli hanya akan membuat komponen gear transmisi bermasalah dan takutnya nanti justu menjadi pemicu mesin rusak lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan normal, jadi perlu pemastian.

Residu Oli Dapat Merusak Oli Transmisi

Oli transmisi lama yang digunakan untuk jalan-jalan macet atau bepergian jauh dan kondisi dalam stop and go maka perlu pemindahan gigi transmisi jika memang hendak berhenti tetap di D. maka beban untuk perputaran gear dan komponen mesinpendukung akan tertahan didalam transmisi dalam sistem pelumasan ini akan terus mensirkulasikan jika oli yang ada didalam carter oli mobil matic sehingga kotoran atau residu akan bergesekkan dengan gear yang ada didalam mesin mobil.

Endapan oli transmisi pada mobil matic memang beerbentuk partikel gram karena mamang perputaran gear transmisi dan residu bekas kotoran lainnya menempel pada celah mobil dan bearing yang membuat tertahannya mesin mobil. Endapan ini pastinya berpengaruh pada kinerja mesin mobil nantinya, sehingga sebagai pemilik kendaraan penting untuk selalu melihat endapan daripada oli ini untuk bisa memperkirakan waktu yang tepat dari penggantian oli transmisi mobil matic ini.

Penggantian Oli Rutin

Penggantian oli memang dapat dilakukan ketika mobil tengah menempuh jarak 20.000 hingga 25.000 kilometer (km), penting untuk dilakukan secara rutin. Untuk ganti merek oli transmisi memang tidak selalu, jika Anda merasa merek oli transmisi yang tengah Anda pergunakan ini tidak ada kerusakan atau hal yang bermasalah, maka boleh Anda tetap menggunakan oli tersebut. Penggantian oli ini memang untuk membuat oli diganri dengan yang baru dan kotoran ataupun endapan tidak akan mempengaruhi kinerja mesin lagi.

Meskipun demikian dalam penggantian oli terutama pada teknik flushing baik dengan atau tidak ganti merek oli transmisi akan membutuhkan sekiranya dua liter oli dalam sekali penggantian oli ini. Pengemudi penting untuk memperkirakan sekiranya berapa biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Penggunaan oli pengganti ganti merek oli transmisi ini memang dengan rincian oli 1 liter untuk membersihkan partikel gram besi yang terletak didalam bak transmisi mobil sedangkan untuk 1 liter lainnya dipergunakan sebagai sirkulasi untuk melumasi komponen utama dalam girboks mobil.

Untuk penggantian oli transmisi dengan aman, pastikan untuk dilakukan di bengkel spesialis transmisi terpercaya, seperti di DOMO TRANSMISI.

DOMO TRANSMISI adalah bengkel otomotif dengan kualitas profesional yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Layanan pemeriksaan komponen dan servis di DOMO TRANSMISI semuanya akan dikerjakan oleh teknisi yang handal, berpengalaman. Secara umum, servis dan pengecekan sangatlah penting untuk menjamin agar pengalaman berkendara Anda akan menjadi lebih aman dan nyaman. Karena itu, Anda dapat membawa kendaraan Anda untuk melakukan servis dan pengecekan rutin di bengkel terpercaya seperti DOMO TRANSMISI untuk hasil terbaik.

Reservasi layanan DOMO TRANSMISI sekarang melalui WhatsApp pada  088212440591 atau hubungi disini. Reservasi lebih mudah karena bisa dari rumah, Anda akan diarahkan langsung untuk mendatangi cabang Dokter Mobil terdekat untuk melakukan perawatan transmisi matic mobil Anda tanpa harus mengantre layaknya bengkel biasa.

Demikian beberapa paparan mengenai ganti oli dan ganti merek oli transmisi yang penting untuk diketahui para pemilik mobil matic.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Scroll to Top