Pentingkah Ganti Filter Oli Transmisi Matic?

Ganti filter oli transmisi matic merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh para pemilik kendaraan roda 4. Selain itu, untuk melakukan penggantian oli filter oli transmisi matic ini harus dilakukan secara berkala supaya mesin kendaraan tetap prima.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai perihal ganti filter oli transmisi matic. Sedangkan, untuk Anda yang mempunyai kendaraan roda 4 atau mobil bisa simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

5 Tanda Harus Ganti Filter Oli Transmisi Matic

5 Tanda Harus Ganti Filter Oli Transmisi Matic

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa untuk masalah Ganti Filter Oli Transmisi Matic ini harus benar-benar diperhatikan.

Sudah banyak yang menganggap, bahwa hal tersebut sepele dan berujung pada beberapa komponen mesin lainnya. Ada 5 tanda-tanda yang harus diperhatikan pada saat ingin melakukan ganti filter oli transmisi matic, yaitu:

Proses Pemindahan Gigi Terasa Berat dan Menghentak

Gejala pertama yang sering muncul pada saat filter oli transmisi matic sudah kotor adalah perpindahan gigi terasa berat dan menghentak. Selain itu, untuk gejala kali ini sudah sering dialami oleh para pengendara.

Sayangnya, para pemilik kendaraan belum mengerti di kondisi tersebut harus melakukan pergantian filter oli transmisi matic.

Akibat dari filter oli transmisi matic tidak diganti, maka perseneling akan susah dipindah dan kampas kopling sudah mulai tipis.

Terdapat Suara Dengung pada Sistem Transmisi

Sama hal nya pada sepeda yang rantainya tidak diberikan oli, tentu untuk suara dengung pada kendaraan ini menjadi pertanda para pemilik harus melakukan ganti filter oli transmisi matic.

Pada mesin transmisi melalui beberapa komponen logamnya ini mempunyai cara kerja dengan bergesekan.

Ketika pergesekan logam ini tidak diberikan pelumas, maka komponen transmisi tersebut akan menimbulkan bunyi kasar pada bagian mesinnya.

Jadi, di saat sudah mulai terdengar suara dengung pada bagian mesin harus melakukan pergantian secara cepat.

Kilometer Kendaraan Sudah Melewati Batas

Untuk masalah kilometer kendaraan ini tidak hanya dipergunakan untuk alat melakukan ganti oli mesin saja.

Akan tetapi, untuk pergantian filter oli transmisi matic ini juga harus disesuaikan dengan kilometer tersebut.

Tidak ada juga filter oli transmisi matic bisa dipergunakan dengan jangka waktu lama atau selamanya. Pastinya, untuk para pemilik kendaraan roda 4 atau mobil harus melakukan pergantian oli transmisi matic secara berkala.

Artinya, di saat sudah melewati kilometer yang sudah direkomendasikan bisa langsung melakukan pergantian. Hal tersebut harus dilakukan supaya tidak terjadi dampak buruk di kemudian hari.

Lampu Check Engine Sudah Menyala

Pada saat kondisi lampu check engine sudah menyala ini ada beberapa hal yang harus dilakukan pengecekan.

Selain itu, untuk pertanda lampu menyala tersebut juga bisa dijadikan sebagai salah satu gejala harus melakukan pergantian filter oli transmisi matic.

Mobil dengan keluaran era yang paling baru kini sudah ada namanya sensor check engine yang bisa dijadikan sebagai alat indikator, bahwa para pemilik mobil harus melakukan pergantian filter oli transmisi matic. Jangan pernah beranggapan untuk lampu indikator menyala ini sepele atau tidak penting.

Sudah banyak yang membuktikan, bahwa di saat abai dengan lampu indikator ini bisa memberikan dampak buruk di kemudian hari. Paling tidak, Anda harus sesegera mungkin mengunjungi bengkel mobil terdekat.

Mobil Tidak Kuat Menanjak

Bagi Anda yang mempunyai mobil dengan transmisi matic, maka untuk jalanan tanjakan ini bisa dijadikan sebagai alat untuk menentukan filter oli transmisi masih layak dipergunakan atau tidak.

Selain itu, bagi Anda yang merasa kesulitan dalam melakukan perpindahan transmisi dari “L” ke “2” sudah dipastikan terdapat gangguan pada komponen oli transmisi matic.

Baca Juga: Cara Pindah Gigi Mobil di Tanjakan

Fungsi Melakukan Ganti Filter Oli Transmisi Matic

Setelah paham mengenai gejala apa saja yang harus diperhatikan pada saat filter oli transmisi matic sudah tidak layak pakai.

Maka, untuk selanjutnya Anda juga harus paham mengenai beberapa fungsi dari filter oli transmisi matic. Ada 4 fungsi pada saat menggunakan filter oli transmisi matic, yaitu:

Menjaga Komponen Mesin pada Mobil

Sering kali para pemilik mobil matic mengalami masalah pada mesin tersendat. Selain itu, para pemilik mobil matic juga pernah merasakan suara mesin menjadi lebih kasar dan tidak seperti biasanya.

Dengan melakukan pergantian filter oli transmisi matic secara rajin dan berkala ini bisa memberikan efek positif terhadap mesin kendaraan tersebut.

Bahkan, untuk masalah suara kasar pada mesin mobil ini bisa hilang sekejap setelah melakukan pergantian filter oli transmisi matic.

Paling terpentingnya lagi adalah dengan melakukan pergantian filter oli matic secara berkala ini juga bisa mengawetkan mesin itu sendiri. Maka dari itu, jangan pernah abai dengan fungsi yang satu ini.

Kinerja Mesin Mobil Menjadi Lebih Meningkat

Mempunyai kondisi mesin mobil yang tidak sesuai dengan performa ini membuat pengendara menjadi kurang nyaman.

Salah satu cara yang dapat dilakukan supaya mesin mobil selalu performa adalah melakukan penggantian filter oli transmisi matic secara berkala.

Sudah dipastikan juga dengan menggunakan cara tersebut bisa langsung mengembalikan mesin mobil menjadi lebih garang lagi.

Biasanya, untuk filter oli transmisi matic yang tidak pernah diganti dengan jangka panjang ini akan membuat kendaraan muncul asap hitam.

Pastinya, dengan munculnya asap hitam ini membuat pengendara menjadi kurang percaya diri. Apalagi, di era sekarang sangat jarang sekali kendaraan roda 4 atau mobil yang mengeluarkan asap hitam.

Mencegah Debu atau Kotoran Terkontaminasi dengan Mesin

Filter oli transmisi matic yang sudah tidak pernah diganti dengan jangka waktu panjang ini akan membuat perubahan tekstur menjadi mengental.

Dengan hal tersebut juga bisa mengakibatkan beberapa komponen lainnya menjadi rusak. Bahkan, hal tersebut juga bisa berlanjut dan mengakibatkan kerusakan secara berantai.

Jangan pernah membiarkan hal tersebut dengan jangka panjang. Ketika dibiarkan secara terus menerus ini membuat debu atau kotoran menjadi terkumpul.

Lebih parahnya lagi dengan hal tersebut bisa menimbulkan potensi karat atau goresan pada setiap komponen mesin. Supaya tidak terjadi beberapa hal tidak diinginkan perhatikan untuk fungsi kali ini.

Mencegah Terjadinya Turun Mesin

Filter oli transmisi matic ini juga mempunyai peran yang sangat andil di dalam mengantisipasi kejadian turun mesin.

Ketika Anda tidak melakukan Ganti Filter Oli Transmisi Matic secara berkala. maka kemungkinan besar bisa membuat mobil menjadi mogok.

Mogok pada kendaraan ini bisa saja disebabkan dari mesin yang berupa logam akan semakin kesat dan kasar. Tentunya dengan hal tersebut juga bisa membuat kendaraan menjadi turun mesin dan mogok.

Untuk kejadian kali ini tidak diinginkan oleh para pemilik kendaraan roda 4 atau mobil. Melakukan perbaikan yang berhubungan dengan turun mesin ini juga sudah membutuhkan biaya tidak sedikit atau sangat banyak.

Pastikan pula untuk memilih bengkel untuk Ganti Filter Oli Transmisi Matic yang terpercaya kualitasnya, seperti DOMO TRANSMISI.

DOMO TRANSMISI adalah bengkel otomotif dengan kualitas profesional yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.

Layanan pemeriksaan komponen dan servis di DOMO TRANSMISI semuanya akan dikerjakan oleh teknisi yang handal, berpengalaman.

Secara umum, servis dan pengecekan sangatlah penting untuk menjamin agar pengalaman berkendara Anda akan menjadi lebih aman dan nyaman.

Karena itu, Anda dapat membawa kendaraan Anda untuk melakukan servis dan pengecekan rutin di bengkel terpercaya seperti DOMO TRANSMISI untuk hasil terbaik.

Reservasi layanan DOMO TRANSMISI sekarang melalui WhatsApp 088212440591 atau klik disini. Reservasi lebih mudah karena bisa dari rumah, Anda akan diarahkan langsung untuk mendatangi cabang Dokter Mobil terdekat untuk melakukan perawatan transmisi matic mobil Anda tanpa harus mengantre layaknya bengkel biasa.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai perihal gejala dan fungsi melakukan Ganti Filter Oli Transmisi Matic.

Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang mempunyai kendaraan atau mobil dengan transmisi matic.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.