Fungsi Water Sedimenter pada Mobil dan Cara Kerjanya

Fungsi Water Sedimenter pada Mobil

Tahukah kalian bahwa pada kendaraan  Diesel terdapat Komponen  Water Serdimenter, apa Fungsi  Water Sedimenter dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu Water Sedimenter?

Mungkin anda belum mengetahui komponen ini, Water Sedimentar bekerja untuk menjaga mesin dari ancaman air yang bercampur ke bensin.

Kenapa harus ada pemisah air dri bensin? Karena air dapat menyebabkan karat dan tentunya mengurangi efisensi pembakaran.

Air yang masuk ke dalam bensin bisa bersumber dari mana saja, mulai dari kondensasi atau kontaminasi.

Dengan adanya Water Sedimenter dapat terhindari dari kerusakan mesin akibat air.

Fungsi Water Sedimenter pada Mobil

Komponen Water Sedimenter pada Mobil memiliki beberapa fungsi penting, apa saja?

Melindungi komponen mesin

Air yang tercampur dalam bahan bakar dapat menyebabkan karat dan korosi pada komponen mesin. Water sedimenter menjaga komponen seperti pompa bahan bakar dan injektor tetap dalam kondisi optimal.

Meningkatkan Efisensi Pembakaran

Bensin yang tercampur air dapat mengganggu proses pembakaran, dengan memisahkan air, water sedimentar dapat membantu mesin agar dapat bekerja lebih efisien.

Memperpanjang Umur Mesin

Dengan adanya Water Sedimenter, anda sekaligus berkontribusi untuk memperpanjang umur mesin, hal ini termasuk kedalam investasi perawatan kendaraan anda karena bisa bertahan lebih lama dengan performa tetap terjaga.

Cara Kerja Water Sedimenter

Bagaimana proses kerja water sedimenter cukup unik dan menarik, simak mengenai cara kerjanya!

Water sedimenter memanfaatkan perbedaan massa jenis antara air dan bahan bakar. Air yang lebih berat akan mengendap di bagian bawah sedimenter.

Setelah air terkumpul di bagian bawah, biasanya ada sebuah katup atau tap yang memungkinkan pembuangan air secara manual atau otomatis.

Kenapa Mobil Diesel Rentan Tercampur Air?

Bensin diesel memiliki kecenderungan untuk menarik dan menahan air dibandingkan bensin, kontaminasi air dalam diesel tidak hanya menurunkan kualitas pembakaran, tetapi juga dapat menyebabkan pertumbahan bakteri dan jamur dan berpontensi menyumbat filter bensin.

Tentu saja ini memiliki dampak jangan panjang bagi mesin, Kontaminasi air yang tidak ditangani dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin diesel. Air dapat menyebabkan korosi pada komponen sistem bahan bakar, termasuk tangki bahan bakar, pompa, dan injektor.

Jika anda mengalami kerusakan pada saat perpindahan gigi atau bunyi yang mengganggu pada mobil diesel matic anda, sebaiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

Anda bisa datang ke Domo Transmisi untuk melakukan pengecekan, karena kami telah menggunakan peralatan canggih jadi hasilnya akurat.

Domo Transmisi hadir di Jakarta Utara, reservasi sekarang juga melalui Aplikasi Chat WHATSAPP  agar anda tidak terkena antre.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.