Cara Kerja dan Fungsi Control Valve Oil Mobil

Cara Kerja dan Fungsi Control Valve Oil Mobil

Salah satu komponen yang terdapat pada mobil yaitu, control valve oil, bagaimana cara kerja dan fungsinya?

Control Valve Oil Mobil bisa disebut dengan katup kontrol oil merupakan komponen untuk melumasi oli pada mesin mobil.

Fungsi Control Valve Oil Mobil

 

Tahukah kalian bawah Control Valve Oil Mobil berfungsi untuk mengatur aliran oli dalam mesin, sehingga komponen-komponen pada mesin dapat terlumasi dengan baik dan bekerja dengan optimal.

Jika control valve tidak ada pada mobil, mesin mobil bisa mengalami berbagai masalah, mulai dari overheat atau komponen mengalami keausan lebih cepat.

Control Valve oli merupakan komponen yang terbuat dari bahan metal yang tahan lama dan mampu bertahan pada suhu tinggi, komponen ini antara lain pada badan valve, pegas, dan plunger atau piston,

Setiap komponen memiliki peran masing-masing dalam menjaga fungsi dari control valve secara keseluruhan.

  • Menjaga Tekanan Oli, menjaga tekanan oli pada level yang ideal adalah fungsi utama dari control valve. Tekanan oli yang stabil penting untuk mencegah kerusakan pada mesin akibat tekanan yang terlalu tinggi atau rendah.
  • Mencegah Kerusakan Mesin, control valve secara tidak langsung membantu mencegah kerusakan pada mesin. Oli yang terdistribusi dengan baik akan mengurangi gesekan antar komponen mesin, sehingga mengurangi risiko keausan dan kerusakan.

Baca Juga:  5 Fungsi Oli Transmisi Mobil dan Kapan Harus diganti

Cara Kerja Control Valve Oil Mobil

Cara kerja dari Control Valve Oil Mobil cukup kompleks namun sangat penting untuk dipahami, simak disini.

Saat mesin mobil dihidupkan, pompa oli akan memompa oli keseluruh bagian mesin, contol valve akan mengatur tekanan oli tersebut agar tetap pada level yang sesuai.

Apabila oli terlalu tinggi, control valve akan membka untuk melepaskan sebagian tekanan, jika tekanan rendah valve akan menutup agar mempertahankan tekanan yang ada.

Pembukaan dan penutupan valve ini dikontrol oleh pegas dan plunger, saat tekanan oli meningkat, tekanan tersebut akan mendorong plunger sehingga valve terbuka.

Saat tekanan oli menurun, pegas akan mendorong plunger kembali sehingga valve menutup.

Tahukah kalian bawa Control Valve Oil Mobil juga bisa mengalami kerusakan, apa saja penyebanya?

  • Pakai Oli yang tidak sesuai, Jika anda menggunakan jenis oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin dapat menyebabkan kerusakan pada control valve oil.
  • Kotoran pada Control Valve Oil, Kotoran atau endapan dalam oli dapat mengganggu fungsi control valve. Jangan sepelekan permasalahan ini.

Tanda-Tanda Kerusakan pada Control Valve Oli

Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan adanya kerusakan pada Control Valve Oil Mobil:

  • Tekanan Oli tidak sesuai, Jika Anda melihat indikator tekanan oli pada dashboard menunjukkan pembacaan yang tidak konsisten, ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada control valve.
  • Suara Berisik, Jika muncul suara mesin yang berisik bisa disebabkan oleh pelumasan yang tidak efektif akibat kerusakan pada control valve.

Tetapi apabila kalian ingin melakukan perawatan pada mobil matic seperti tune up atau perbaikan pada komponen mobil anda, silahkan datang ke bengkel spesialis mobil matic Domo Transmisi.

Karena dengan pengecekan, permasalahan yang terjadi pada mobil anda bisa diketahui secara akurat dan kami melakukan perbaikan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Oleh karena itu anda bisa datang ke Bengkel kami di Kelapa Gading, Jakarta Utara, reservasi melalui WHATSAPP agar saat anda datang tidak terkena antre.

Domo Transmisi menghadirkan paket layanan matic jet clean, yaitu membersihkan cleaning selenoid dan body valve, silahkan datang untuk mencoba treatment dari Domo Transmisi.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.