Fitur Penting Mengemudi Saat Hujan Deras

Fitur Penting Mengemudi Saat Hujan Deras

Memasuki musim penghujan, Apa saja Fitur Penting Mengemudi Saat Hujan deras?

Sebagai pengguna mobil, penting untuk mengetahui hal ini, agar anda dapat memanfaatkannya saat terkena hujan.

Fitur Penting Mengemudi Saat Hujan

 

Sensor Hujan Otomatis

Salah satu Fitur Penting Mengemudi Saat Hujan Deras adalah sensor hujan otomatis, fitur ini menggunakan teknologi sensor untuk mendeteksi keberadaan air hujan di kaca depan mobil.

Saat sensor mendeteksi hujan, wiper pada mobil akan otomatis diaktifkan, hal ini memungkinkan pengemudi untuk fokus sepenuhnya tanpa harus terganggu oleh pengaturan kaca wiper secara manual.

Ban Anti Aquaplaning

Anda bisa menggunakan ban anti aquaplaning merupakan tekonologi canggih lainnya, untuk mengoptimalkan kinerja mobil saat hujan deras, hal ini termasuk Fitur Penting Mengemudi Saat Hujan Deras.

Aquaplanning terjadi saat lapisan di atas jalan membuat ban mobil tidak menapak, hal ini bisa mengakibatkan hilang kendahli.

Anda bisa menggunakan ban anti aquaplaning yang diciptakan khusus untuk mengurangi masalah ini.

Baca Disini: Apa itu Aquaplaning? Ini Bahaya dan 4 Cara Mengatasinya!

Kamera 360 Derajat

Saat hujan deras, hal ini bisa menyebabkan pandangan terbatas, dengan menggunakan kamera 360 derajat, hal ini bisa memberikan tampilan panorama 360 derajat di sekitar mobil.

Hal ini memberikan pandangan bagi pengemudi agar bisa melihat dengan setiap sudut yang lebih jelas, kamera ini akan membuat pengemudi lebih yakin dan mampu untuk mengambil keputusan saat dijalanan.

Dengan perpaduan teknolgi sensor, pengereman otomatis, ban anti aquaplaning dan kamera 360-derajat membuat perlindungan ekstra saat perjalanan.

Teknologi Pengereman Darurat Otomatis

Fitur lainnya yang bermanfaat saat hujan adalah pengereman darurat otomatis, sistem ini menggunakan sensor untuk mendeteksi objek di depan mobil dan dapat mengakibatkan pengereman otomatis jika pengemudi tidak merespons dengan cepat.

Teknologi ini termasuk ke dalam Fitur Penting Mengemudi Saat Hujan Deras, anda bisa menggunakannya dengan bijak apalagi saat hujan deras.

Baca Juga: Pengertian Rem Tromol Mobil, Kelebihan, dan Penyebab Kerusakannya

Kesalahan Berkendara Mobil saat Hujan

Inilah beberapa kesalahan Berkendaraa mobil saat hujan, jangan sampai terjadi pada anda.

  • Kecepatan tidak sesuai dengan kondisi jalan, salah satu kesalahan yang biasa terjadi adalah anda tidak memperhatikan kecepatan pada kondisi jalan, pengemudi harus paham bahwa cuaca buruk membutuhkan penyesuaian kecepatan.
  • Tidak memperhatikan keadaan jalan, mengemudi saat hujan deras perlu perhatian ekstra, penting untuk memahami genangan air, lubang, jika anda tidak memperhatikan jalan hal ini bisa mengakibatkan kecelakaan.
  • Tidak melakukan perawatan Kendaraan, Anda kurangnya melakukan perawatan kendaraan dan dapat menjadi kesalahhan fatl saat hujan, ban yang sudah botak atau sistem pengereman tidak berfungsi dengan baik dapat membuat anda berbahaya.

Cara Berkendaraa Mobil dengan Aman

  • Gunakan Kecepatan yang Pas, Penting untuk mengurangi kecepatan berkendara saat hujan turun, jangan terlalu ngebut pada jalan licin, hal ini bisa meningkatkan risiko terjadi kecelakaan.
  • Pastikan tekanan ban pas, Anda harus memastikan kondisi dan tekanan ban angin berada di kondisi optimal, ban yang sudah botak akan mengurangi daya cengkram dan meningkatkan risiko aquaplaning.
  • Jaga Jarak Aman, selalu pertahankan jarak aman antara kendaraan anda dengan pengemudi lain, hal ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.
  • Hindari Genangan Air Besar, Jika anda melihat genangan air yang besar penting untuk menghindari ini, tentu saja dapat menyebabkan aquaplaning, dimana kendaraan bisa kehilangan daya cengkram dan sulit dikendalikan.

Saat ini kalian sudah mengetahui Fitur Penting Mengemudi Saat Hujan Deras, Apakah mobil anda mengalami penurunan performa seperti tarikan tidak bertenaga?

Tentu saja mobil matic anda harus ditangani oleh teknisi yang berpengalaman, anda bisa datang ke bengkel spesialis mobil matic terdekat Domo Transmisi untuk melakukan perbaikan.

Permasalahan dan gangguan yang terjadi pada mobil matic anda bisa diatasi dengan tepat bersama teknisi kami, karena teknisi Domo Transmisi dilengkapi dengan peralatan canggih, jika perbaikan berat diperlukan Domo Transmisi memberikan garansi 6 bulan atau setara dengan 20.000 km.

Datanglah ke Domo Transmisi, permasalahan yang terjadi pada mobil matic anda dijamin beres, kami menghadirkan paket perawatan untuk mobil matic mulai dari tune up, matic jet clean, cleaning Body Valve dan Cleaning Selenoid.

Jadi jika anda tertarik untuk datang ke bengkel kami, Domo Tranmsisi menyarankan untuk melakukan reservasi melalui WhatsApp pada nomor 0882_1244_0591 atau link disini.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.