Apa itu Aquaplaning? Ini Bahaya dan 4 Cara Mengatasinya!

Apa itu Aquaplaning

Aquaplaning merupakan suatu kejadian dimana mobil berjalan di atas jalanan yang basah atau genangan air.

Mungkin sebagai orang awam Anda bertanya-tanya apa itu Aquaplaning dan bagaimana cara mengatasinya?

Permasalahan ini bisa sangat berbahaya dan bisa menyebabkan Anda kehilangan kendali, jangan sampai hal ini terjadi pada Anda.

Apa itu Aquaplaning?

Aquaplaning bisa terjadi saat ban tidak mampu mengalirkan air yang cukup dari bawah ban, sehingga menyebabkan ban terangkat dari permukaan jalan dan menghilangkan traksi.

Hal ini bisa terjadi saat berkendara di tengah hujan deras atau melewati genangan air.

Yang penting tetap tenang dan tidak panik, tentunya jangan menginjak rem, lepas pedal gas secara perlahan dan biarkan mobil melambat secara alami hingga cengkeraman ban kembali normal.

Baca Juga: Penyebab Ban Mobil Sering Kempes

Bagaimana Cara Menghindari dan Mengatasi Aquaplaning?

Untuk menghindari aquaplaning, ada beberapa langkah yang bisa diambil.

  • Pastikan ban dalam kondisi baik dengan tekanan udara yang tepat. Ban yang sudah aus atau tekanan anginnya tidak tepat dapat meningkatkan risiko terjadinya aquaplaning.

 

  • Kurangi Kecepatan, berkendara dengan kecepatan rendah dapat membantu ban mengalirkan air dan mempertahankan traksi. Selain itu, hindari genangan air dan jalan setapak yang terlihat menumpuk banyak air.

 

  • Jangan Injak Rem, Jangan menginjak rem atau mengubah arah secara tiba-tiba. Lepaskan pedal gas secara perlahan dan tahan kemudi dengan mantap dalam posisi lurus. Jika perlu mengubah arah, lakukan secara perlahan dan hati-hati.
  • Kontrol dengan baik, perlambat perlahan dan hentikan kendaraan di tempat yang aman untuk memeriksa kondisi ban dan kendaraan. Jika Anda yakin tidak aman untuk melanjutkan perjalanan, segera hubungi bantuan pinggir jalan.

Nah itulah, kami juga menambahkan bahaya mobil terkena aquaplaning, Apa saja yang akan dialami?

Bahaya Mobil Terkena Aquaplaning

Inilah bahaya yang bisa di alami jika mengalami Aquaplaning pada kendaraan Anda, simak disini.

  • Kecelakaan, kehilangan kendali akibat aquaplaning dapat dengan mudah menimbulkan kecelakaan. Mobil dapat menabrak kendaraan lain, pohon, tiang listrik, atau benda lain. Kecelakaan tersebut tidak hanya dapat merusak kendaraan, namun juga menimbulkan luka serius bahkan kematian pada pengemudi dan penumpangnya.

 

  • Kerusakan Kendaraan, Selain resiko kecelakaan, aquaplaning juga dapat menyebabkan kerusakan kendaraan. Dampak tabrakan dapat merusak bagian depan, samping, atau belakang kendaraan dan dalam beberapa kasus dapat menimbulkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

Jangan sampai terjadi pada anda, jika anda mengalami kerusakan pada mobil matic seperti perpindahan gigi yang tidak pas atau mengalami gangguan lainnya, silahkan datang ke bengkel kami.

Reservasi kedatangan anda melalui WA agar anda tidak terkena antre, kami spesialis matic sejak 2015 tidak perlu ragu untuk datang ke bengkel kami.

Domo Transmisi memberikan garansi 6 bulan atau setara 20.000 km bagi anda yang melakukan perbaikan overhaul bersama bengkel kami.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.