3 Penyebab Fan Belt Mobil Bunyi Berisik, Solusi Terbaik

Fan Belt Mobil Bunyi Berisik

Apakah Anda pernah mengalami masalah dengan Fan Belt Mobil Bunyi Berisik?

Fan belt atau  disebut juga dengan sabuk kipas merupakan bagian pada mobil yang digunakan untuk menghubungkan sejumlah perangkat mekanis pada mesin.

Sabuk kipas ini biasanya terbuat dari bahan karet, memiliki struktur yang fleksibel namun kokoh. Komponen ini menggerakkan generator, pompa air, dan komponen lainnya.

Jadi bisa dibilang ini adalah salah satu komponen penting pada mobil Anda. Tanpa sabuk kipas yang berfungsi dengan baik, mobil Anda bisa mengalami berbagai masalah, termasuk panas berlebih.

Penyebab Fan Belt Mobil Bunyi Berisik

Inilah Pemicu Fan Belt Mobil Bunyi Berisik, Simak rangkumannya.

Usia Fan Belt

Sabuk kipas yang sudah tua seringkali menjadi penyebab utama  masalah berisik ini. Seperti  komponen mobil lainnya, sabuk kipas juga memiliki masa pakai.

Karet yang digunakan pada sabuk kipas dapat rusak seiring berjalannya waktu. Hal ini mungkin disebabkan oleh  usia, suhu mesin yang tinggi, atau kombinasi  keduanya.

Tanda-tanda  fan belt Anda sudah tua antara lain permukaannya retak, karet  mulai mengeras, dan sering terdengar bunyi mencicit saat menghidupkan mesin.

Jika Anda melihat atau mendengar tanda-tanda ini, kemungkinan besar sabuk kipas Anda perlu diganti. Fan belt yang sudah tua tidak hanya menimbulkan kebisingan, namun juga dapat menurunkan performa motor.

Hal ini karena sabuk kipas yang  aus akan kehilangan cengkeramannya sehingga tidak dapat menggerakkan bagian-bagian mesin secara efektif.

Baca Juga: 7 Penyebab Mobil Transmisi Matic Bersiul & Cara Mengatasinya

Fan Belt Kendor

 

Sabuk kipas yang longgar dapat terjadi karena berbagai alasan. Salah satunya adalah instalasi yang buruk. Jika sabuk kipas dipasang dengan tegangan yang tidak mencukupi, sabuk kipas akan menjadi kendor.

Selain itu, penggunaan dalam jangka waktu lama juga dapat menyebabkan sabuk kipas merenggang dan kendor. Cara termudah untuk mengidentifikasi permainan tersebut adalah dengan merasakan sabuk kipasnya.

Jika Anda dapat dengan mudah menekan sabuk kipas dan merasakannya “bergeser” atau banyak diputar, ini tandanya sabuk kipas perlu disetel.

Sabuk kipas yang longgar dapat menyebabkan berbagai masalah. Selain menimbulkan kebisingan, bermain-main juga dapat menyebabkan sabuk kipas terlepas dari katrolnya.

Terkena Debu

 

Kontaminasi sabuk kipas sering kali disebabkan oleh kotoran atau cairan seperti oli dan air. Hal ini bisa terjadi jika Anda sering berkendara melalui jalan  berlumpur atau kondisi jalan yang kurang ideal.

Kontaminasi juga bisa berasal dari kebocoran cairan mesin. Jika sabuk kipas Anda terlihat kotor atau ada  cairan di dalamnya, ini tandanya ada kontaminasi.

Selain itu, kebisingan yang dihasilkan seringkali lebih kasar dibandingkan kebisingan yang disebabkan oleh usia atau kelonggaran.

Kontaminasi dapat mengurangi gaya tarikan antara sabuk kipas dan puli sehingga menimbulkan kebisingan. Jika anda mengalami permasalahan Fan Belt Kendor, Inilah bahaya jika dibiarkan apa saja?

Bahaya Fan Belt Mobil Matic Berisik Diabaikan

Memilih untuk mengabaikan Fan Belt Mobil berisik? Ini bahayanya, jangan sampai terjadi pada anda.

  • Efek bagi alternator, Sabuk kipas yang bising dan  kondisi yang kurang optimal dapat mempengaruhi kinerja genset. Generator merupakan bagian yang menghasilkan listrik untuk sistem kelistrikan mobil. Jika fan belt tidak berfungsi dengan baik, maka alternator tidak akan menghasilkan listrik secara efektif, sehingga dapat mempengaruhi sistem kelistrikan mobil Anda, termasuk penerangan, AC, dan komponen sistem lainnya.
  • Efek pada Mesin, jika fan belt  tidak beroperasi secara efektif maka akan mempengaruhi tenaga yang dihasilkan  mesin. Pasalnya, fan belt yang sudah aus atau kendor tidak akan mampu menggerakkan puli dengan baik sehingga mesin harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang sama. Hal ini akan menyebabkan konsumsi bahan bakar  lebih tinggi dan penurunan performa mesin.
  • Kerusakan pada komponen lainnya, fan belt yang berisik dan buruk dapat menimbulkan efek knock-on pada komponen lainnya. Misalnya, jika sabuk kipas putus atau terlepas dari katrol, maka dapat menyebabkan generator dan pompa air berhenti bekerja sehingga mempengaruhi sistem kelistrikan dan suhu mesin.

Jika anda mengalami Fan Belt yang berisik atau kerusakan pada mobil matic lainnya, kami sarankan kepada anda untuk membawa mobil matic anda ke bengkel Domo Transmisi.

Bawa Mobil anda ke Bengkel kami yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa. Gading, Jakarta Utara.

Fan Belt yang berisik merupakan permasalahan yang tidak dibiarkan, oleh karena itu datang ke Domo Transmisi.

Reservasi sekarang juga melalui WA di nomor 0882.1244.0591 agar anda tidak terkena antre saat ada ke bengkel kami.

Anda berkesempatan mendapatkan potongan harga sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.