Ini Cara Start Engine Mobil Matic, Ingin Tahu?

Cara Start Engine Mobil Matic

Anda baru memiliki mobil matic dan mungkin saat ini anda kebingungnya bagaimana cara start engine mobil matic?

Tenang saja tidak perlu khawatir, kami akan membahasnya agar anda mengetahui cara start engine mobil matic yang benar dan apa saja yang harus diperhatikan.

Sebelum menghidupkan mesin mobil matic, Anda harus mempersiapkan beberapa langkah agar terhindar dari masalah saat menggunakan mobil.

Persiapan Sebelum Start Engine Mobil Matic

Inilah persiapan sebelum melakukan start engine mobil matic, apa saja yang harus diperhatikan.

  • Periksa Oli Mesin, Sebelum menghidupkan mesin, sangat penting untuk memeriksa level oli mesin. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas untuk membantu mencegah gesekan antar bagian mesin, sehingga mesin dapat beroperasi lebih efisien.
  • Periksa Air Radiator, Fungsi air radiator adalah untuk mendinginkan mesin. Jika ketinggian air radiator rendah, mesin bisa menjadi panas dan berisiko mengalami panas berlebih. Untuk mengecek ketinggian air pada radiator, Anda bisa melihat melalui tangki yang biasanya terbuat dari plastik transparan.
  • Tekanan Ban, Gunakan pengukur tekanan ban untuk memastikan tekanan ban sesuai rekomendasi pabrikan. Tekanan ban yang tidak tepat dapat mempengaruhi performa kendaraan dan keselamatan berkendara.
  • Atur Posisi Duduk, Posisi duduk yang benar sangat mempengaruhi kenyamanan dan konsentrasi Anda saat berkendara. Sesuaikan jarak antara jok dan setir sesuai dengan posisi tubuh Anda.

Nah sekarang kalian sudah mengetahui persiapan melakukan start engine mobil matic, kita sekarang masuk kedalam langkah-langkah start engine mobil matic.

Cara Start Engine Mobil Matic

Kami sudah merangkum mengenai Cara Start Engine Mobil Matic, simak disini.

Pastikan Tuas Transmisi di Posisi P

Posisi “P” atau Park pada transmisi otomatis merupakan posisi pertama yang harus Anda pastikan sebelum menghidupkan mesin.

Posisi ini memastikan gigi transmisi terkunci sehingga kendaraan tidak bergerak saat mesin dihidupkan.

Ini adalah tindakan keselamatan dasar yang sering diabaikan oleh banyak pengemudi.

Jika lupa memastikan tuas persneling pada posisi “P”, kendaraan bisa saja bergerak secara tiba-tiba saat menghidupkan mesin, terutama saat kendaraan dalam keadaan miring atau menuruni bukit.

Baca Juga: Fungsi Tuas Transmisi Matic

Injak Pedal Rem

Menginjak pedal rem sebelum menyalakan mesin bukan hanya sekedar rutinitas.

Fungsinya untuk memastikan mobil tetap diam saat mesin dinyalakan. Ini adalah tindakan keamanan tambahan yang direkomendasikan oleh sebagian besar produsen mobil.

Jika Anda tidak menginjak pedal rem saat menghidupkan mesin, ada risiko kendaraan bergerak secara tiba-tiba, apalagi jika tuas persneling tidak berada pada posisi “P”.

Hal ini bisa berakibat fatal, apalagi jika kendaraan berada di kawasan ramai atau dekat dengan benda lain.

Tekan atau Putar Kunci Tombol Start

Saat ini banyak model mobil modern yang dilengkapi dengan tombol start. Sistem ini memungkinkan Anda menghidupkan mesin tanpa memasukkan kunci.

Setelah memutar kunci atau menekan tombol start, pastikan menunggu beberapa detik hingga mesin benar-benar hidup dengan baik.

Itu dia Cara Start Engine Mobil Matic, Tetapi mungkin mobil matic anda mengalami permasalahan atau gangguan yang menyebabkan kendaraan anda tidak bisa di starter?

Bisa jadi transmisinya yang bermasalah, anda tidak perlu khawatir untuk gangguan yang dialami oleh anda.

Bawa aja mobil matic Anda ke Bengkel spesialis matic yaitu Domo Transmisi, teknisi kami akan mendengarkan keluhan yang terjadi pada mobil matic anda.

Anda bisa melakukan reservasi melalui WA, tentunya anda bisa melakukan konsultasi bersama CS kami.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.