5 Penyebab Bunyi Tek Tek Saat Mesin Mobil Dingin

Penyebab Bunyi Tek Tek Saat Mesin Mobil Dingin

Apakah anda pernah mengalami kendaraan anda mengalami bunyi tek tek saat mesin mobil dingin?

Permasalahan ini tentu saja akan membuat anda kesal, apalagi mobil anda baru dinyalakan, mari kita bahas penyebab dari bunyi tek tek saat mesin mobil dingin, simak disini.

Penyebab Bunyi Tek Tek Saat Mesin Mobil Dingin

Tentu saja ini beberapa Penyebab Bunyi Tek Tek Saat Mesin Mobil Dingin, simak disini.

Oli Mesin Belum Rata

Saat mesin mobil dingin, oli mesin akan lebih kental. Hal ini dapat mengakibatkan oli ke berbagai komponen mesin dapat menjadi kurang merata.

Inilah hal yang jadi penyebab bunyi tek tek saat mesin mobil dingin, oli yang belum mencapai semua mesin akan membuat gesekan antar komponen akan terasa lebih keras.

Solusinya adalah gunakan oli mesin yang sesuai dengan kekentalan untuk mobil anda, pastikan anda melakukan penggantian dengan tepat.

Komponen yang perlu diganti

Jika bunyi tek tek saat mesin mobil dingin terjadi pada anda, tentu saja ini disebabkan oleh beberapa komponen mesin yang sudah minta diganti atau longgar.

Saat komponen ini sudah mengalami keausan, tentu saja akan mengalami suara pada kendaraan anda.

Salah satu contoh yang umum adalah klep atau katup mobil yang mungkin perlu dilakukan penyetelan kembali atau bahkan diganti jika sudah mencapai batas umur pakainya.

Baca Juga: Berapa Lama Umur Mobil Matic? Ini Faktor yang Mempengaruhinya

Suhu dingin pada Material Mesin

Suhu udara yang sangat dingin dapat menciptakan mesin bunyi tek-tek, material pada mesin akan menyusut saat suhu dingin.

Hal ini dapat menyebabkan celah antar komponen menjadi lebih besar, sehingga muncul suara tek tek akan terdengar pada kendaran anda.

Kurangnya Pemanasan pada Mobil

Saat pemanasan pada mobil kurang efektif, hal ini dapat menjadi pemicu suara tek-tek pada mesin mobil dingin.

Hal ini memerlukan waktu untuk mencapai suhu kerja yang optimal, mesin membutuhkan waktu yang mencapai suhu optimal saat kerja.

Lakukan pengecekan secara berkala untuk mencegah masalah ini dapat terjadi dan menjaga kinerja mesin mobil agar tetap optimal.

Kualitas Bensin yang buruk

Jika anda menggunakan bensin yang berkualitas rendah, hal ini dapat menciptakan suara tek-tek pada mesin mobil.

Kotoran pada bensin dapat menyebabkan ketidaksempurnaan saat melakukan pembakaran dan meningkatkan gesekan antar komponen.

Anda harus lakukan pemeliharaan pada sistem bahan bakar, seperti mengganti filter bensin secara teratur, hal ini juga dapat membantu menghindari masalah ini.

Nah itulah beberapa Penyebab Bunyi Tek Tek Saat Mesin Mobil Dingin, anda sudah mengalami permasalahan ni, namun memilih untuk mengabaikan permasalahan ini?

  • Kerusakan lebih para pada mesin,Jika permasalahan bunyi ‘tek tek’ pada mesin mobil dibiarkan tanpa penanganan, dapat menyebabkan potensi kerusakan yang lebih serius pada berbagai komponen mesin, gesekan berlebihan pada komponen dapat mengakibatkan keausan yang lebih cepat pada mobil.
  • Kinerja mesin akan menurun, Bunyi tek tek yang berasal pada mesin akan mengakibatkan penurunan kinerja mesin, hal ini dikarenakan gesekan berlebihan pada mobil, tentu saja anda akan mengalami mobil yang lemot atau bensin mobil yang boros.

Jika annda mengalami permasalahan akibat bunyi tek tek, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu, agar anda tidak mengalami kerusakan yang lebih parah pada mobil anda.

Anda bisa datang ke bengkel spesialis mobil matic Domo Transmisi, dengan melakukan pengecekan permasalahan yang terjadi pada mobil anda bisa diketahui secara akurat.

Teknisi Domo Transmisi sangatlah berpengalaman, jadi anda tidak perlu ragu untuk melakukan perbaikan ke bengkel kami, anda bisa melakukan reservasi melalui Aplikasi WhatsApp agar anda tidak terkena antre.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.