Inilah Bagian-Bagian Penting Transmisi Avanza Matic

Bagian Penting Transmisi Avanza

Apa saja Bagian-Bagian Penting Transmisi Avanza? Kali ini kami akan membahasnya.

Transmisi matic pada mobil Avanza merupakan salah satu komponen penting yang bertanggung jawab dalam mentransfer tenaga dari mesin ke roda penggerak. Memahami bagian-bagian penting dari transmisi matic Avanza akan membantu kita dalam memahami cara kerjanya dan juga memudahkan kita dalam melakukan perawatan atau mengatasi masalah yang mungkin terjadi.

Bagian-Bagian Penting Transmisi Avanza

Berikut ini adalah penjelasan rinci tentang bagian-bagian penting transmisi Avanza Matic:

  1. Torque Converter

Torque converter adalah salah satu Bagian Penting Transmisi Avanza. Fungsinya adalah mentransfer torsi mesin ke transmisi dengan menggunakan fluida hidraulis. Torque converter terdiri dari impeller, turbin, dan stator yang berputar berdasarkan perbedaan kecepatan dan tekanan fluida. Dalam kondisi normal, torque converter akan meningkatkan torsi dan mengurangi kehilangan daya yang disebabkan oleh perbedaan kecepatan antara mesin dan transmisi.

Baca juga: Cara Optimalkan Performa Transmisi Avanza Matic Yang Tepat

  1. Fluida Transmisi

Kemudian Bagian Penting Transmisi Avanza yaitu Fluida transmisi, yang juga dikenal sebagai oli transmisi, berperan penting dalam melumasi, mendinginkan, dan menjaga kebersihan komponen transmisi. Fluida transmisi memiliki sifat pelumas yang baik dan mampu mengatasi gesekan yang terjadi pada bagian-bagian transmisi. Selain itu, fluida transmisi juga berfungsi sebagai pendingin untuk menjaga suhu transmisi tetap stabil. Penting untuk memeriksa dan mengganti fluida transmisi secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

  1. Valve Body

Selanjutnya Bagian Penting Transmisi Avanza yaitu Valve body, bagian transmisi yang mengendalikan aliran fluida transmisi ke komponen-komponen lain. Valve body memiliki berbagai katup, saluran, dan solenoid yang berfungsi untuk mengatur perpindahan gigi dan tekanan fluida. Perpindahan gigi yang tepat dan waktu yang akurat dalam mengatur tekanan fluida akan memastikan kinerja transmisi yang baik.

  1. Gear Set

Gear set adalah bagian yang paling mudah dikenali dalam transmisi serta Bagian Penting Transmisi Avanza. Gear set terdiri dari berbagai roda gigi dengan perbandingan yang berbeda-beda. Pada transmisi matic Avanza, umumnya terdapat planet gear set yang memiliki beberapa roda gigi dengan perbandingan tertentu. Gear set berfungsi untuk mengubah rasio kecepatan putaran antara input dan output transmisi.

  1. Clutch

Bagian Penting Transmisi Avanza selanjutnya yaitu Clutch, bagian transmisi yang bertanggung jawab untuk menghubungkan atau memutuskan tenaga antara mesin dan transmisi. Pada transmisi matic Avanza, terdapat multiple clutch plates yang digunakan untuk mengatur perpindahan gigi. Clutch bekerja dengan prinsip tekanan hidraulis yang dikendalikan oleh valve body. Ketika clutch ditekan, tenaga dari mesin akan terhubung ke transmisi, dan sebaliknya ketika clutch dilepas, tenaga akan terputus.

  1. Solenoid

Solenoid adalah komponen elektronik yang terdapat di dalam transmisi matic Avanza. Solenoid berfungsi untuk mengontrol aliran fluida transmisi ke katup-katup yang ada dalam valve body. Pengaturan aliran fluida yang tepat melalui solenoid sangat penting untuk mengendalikan perpindahan gigi secara akurat.

  1. Shift Solenoid

Shift solenoid adalah jenis solenoid yang khusus digunakan untuk mengontrol perpindahan gigi. Shift solenoid akan memerintahkan valve body untuk mengubah posisi katup dan mengatur aliran fluida transmisi sehingga dapat memilih gigi yang sesuai dengan kecepatan dan beban kendaraan.

Selain itu anda juga harus memperhatikan Sensor-sensor Transmisi, Transmisi matic Avanza dilengkapi dengan berbagai sensor yang memantau kondisi dan kinerja transmisi. Sensor-sensor ini memberikan informasi penting kepada TCM untuk mengambil keputusan yang tepat dalam mengatur perpindahan gigi. Beberapa sensor yang umumnya terdapat pada transmisi matic Avanza antara lain sensor kecepatan input dan output, sensor tekanan hidraulis, sensor suhu fluida transmisi, dan sensor posisi throttle.

Kemudian memperhatikan TCM (Transmission Control Module), TCM atau Transmission Control Module adalah modul kontrol elektronik yang mengatur operasi transmisi. TCM menerima dan memproses data dari berbagai sensor, seperti sensor kecepatan, sensor tekanan, dan sensor suhu, untuk mengoptimalkan kinerja transmisi. TCM juga berfungsi untuk mengontrol perpindahan gigi, waktu perubahan gigi, dan mode operasi transmisi yang lain.

Dengan pemahaman yang komprehensif tentang bagian-bagian penting transmisi matic Avanza, kita dapat lebih memahami cara kerja transmisi dan juga mengenali gejala-gejala yang mungkin timbul saat terjadi masalah. Hal ini memungkinkan kita untuk melakukan perawatan dan penanganan masalah dengan lebih efektif dan tepat. Penting untuk selalu memperhatikan perawatan rutin transmisi, seperti mengganti oli secara teratur, memeriksa kondisi komponen, dan menjaga suhu transmisi tetap stabil. Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, kita dapat memastikan transmisi matic Avanza berfungsi dengan baik dan memperpanjang masa pakainya.

Saat ini kalian sudah mengenal bagian Penting Transmisi Avanza, Apakah kalian mengalami permasalahan pada Transmisi Mobil Matic kalian? Tenang jangan khawatir. Permasalahan pada Transmisi Mobil Matic kalian dapat ditangani dengan tepat oleh teknisi Domo Transmisi.

Domo Transmisi akan memberikan pelayanan terbaik terhadap Mobil Matic kalian, Jangan sampe hal buruk terjadi pada kendaraan kalian! Rutin ke bengkel mengurangi resiko mobil bermasalah saat digunakan. Datang ke Domo Transmisi sekarang juga dapatkan penawaran menarik dan potongan harga sesuai syarat dan ketentuan yang  berlaku.

Silahkan langsung datang ke Domo Transmisi yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta  Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250. Sebelum datang ke Domo Transmisi anda bisa melakukan reservasi melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
Scroll to Top