Apa Penyebab Transmisi Mobil Matic Ada Suara saat AC Hidup?

Apa Penyebab Transmisi Mobil Matic Ada Suara saat AC Hidup

Apa penyebab transmisi mobil matic ada suara saat AC hidup menjadi salah satu informasi yang sampai dengan saat ini dicari oleh para pengguna mobil. Selain itu, untuk masalah pada transmisi mobil matic ini harus benar-benar diperhatikan dan sesegera mungkin untuk diselesaikan.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap dan jelas mengenai apa penyebab transmisi mobil matic ada suara saat AC hidup. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran dengan perihal transmisi mobil matic bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa Penyebab Transmisi Mobil Matic Ada Suara saat AC Hidup?

Apa Penyebab Transmisi Mobil Matic Ada Suara saat AC Hidup

Munculnya suara pada transmisi mobil ini membuat para pengemudi dan penumpang menjadi kurang nyaman. Apalagi, dengan kondisi tersebut bisa saja membuat kendaraan mogok secara tiba-tiba.

Sampai dengan saat ini juga masih sering muncul pertanyaan mengenai apa penyebab transmisi mobil matic ada suara saat AC hidup. Sedangkan, untuk beberapa penyebab dari permasalahan transmisi mobil matic yang satu ini adalah:

Oli Transmisi Kurang

Penyebab utama kenapa transmisi mobil matic berbunyi adalah kondisi oli yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan. Satu hal yang perlu Anda ketahui, untuk mobil matic sering sekali mengalami permasalahan kebocoran oli transmisi.

Secara otomatis untuk kondisi komponen yang bocor ini bisa membuat oli kendaraan menjadi berkurang. Untuk langkah yang bisa diambil pada apa penyebab transmisi mobil matic ada suara saat AC hidup adalah mengecek pada bagian kolong-kolong kendaraan terdapat tetesan oli atau tidak.

Ketika ada kebocoran pada komponen oli transmisi, sebaiknya Anda harus sesegera mungkin untuk membawa kendaraan ke bengkel terdekat. Tidak perlu lagi menunggu atau menunda-nunda untuk melakukan langkah yang satu ini.

Biasanya, untuk satu titik komponen yang sangat rawan terjadi kebocoran adalah di bagian tengahnya. Pada seal transmisi pada umumnya yang telah mengalami getas akibat usia pemakaian, maka Anda harus sesegera mungkin atau wajib untuk melakukan pergantian secara berkala.

Kurangnya jumlah oli transmisi ini juga membuat komponen tersebut tidak bisa terlunasi dengan baik. Selain itu, oli transmisi yang sudah kotor dan terkontaminasi juga bisa menjadi salah satu penyebab AC mobil berbunyi.

Baca Juga: Tanda-tanda Oli Transmisi Kotor

Terjadi Permasalahan pada Komponen Kopel

Pada apa penyebab transmisi mobil matic ada suara saat AC hidup yang satu ini juga bisa saja terjadi pada mobil dengan transmisi manual. Di dalam kopel ini juga terdiri dari beberapa komponen penunjang dan salah satunya adalah karet.

Karet pada kopel ini juga bisa menjadi salah satu penyebab, kenapa transmisi mobil matic muncul suara. Faktor lain kenapa hal tersebut bisa terjadi, karena sudah mengalami aus, retak, sobek akibat usia pemakaian.

Untuk kotoran yang menempel pada bagian kopel dan beberapa komponen pendukung lainnya juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya bunyi pada transmisi mobil matic. Sangat disarankan untuk Anda bisa melakukan pengecekan pada komponen tersebut secara berkala.

Paling tidak, untuk perawatan pada komponen yang satu ini dilakukan pada setiap 6 bulan sekali. Sehingga, dengan hal tersebut bisa memberikan hasil komponen mesin yang terawat atau awet.

Kopel ini pada umumnya hanya terdapat pada penggerak roda belakang mobil saja. Selain itu, mobil dengan penggerak roda depan pada umumnya tidak lagi menggunakan komponen kopel.

Oli Gardan

Untuk apa penyebab transmisi mobil matic ada suara saat AC hidup selanjutnya, yaitu ada permasalahan pada oli gardan. Pada penggerak roda belakang mobil, sebaiknya oli gardan diganti secara berkala.

Selain itu, untuk oli gardan yang sudah kotor dan lama diganti ini juga mempunyai potensi munculnya suara. Banyak para pemilik mobil yang abai dalam melakukan pergantian oli gardan.

Berdasarkan beberapa sumber, untuk oli gardan ini sebaiknya diganti secara berkala atau setiap 20.000 kilometer. Akan lebih baiknya, untuk Anda melakukan pergantian oli gardan setiap 2 tahun sekali.

Untuk mobil yang sering dipergunakan, bisa mengikuti panduan diatas supaya bisa tetap terjaga. Sebaliknya, untuk mobil yang jarang dipakai paling melakukan pergantian pada setiap 2 tahun sekali.

Meski mobil jarang dipakai, akan tetapi untuk masalah kualitas oli gardan yang terlalu lama ini menjadi salah satu penyebab apa penyebab transmisi mobil matic ada suara saat AC hidup. Pada umumnya, untuk bagian kampas kopling, laher kopling dan komponen penunjang lainnya juga bisa saja sudah mengalami aus.

Biasanya, untuk ciri bagian kopling yang sudah mulai aus ini bisa dirasakan pada saat melakukan proses perpindahan gigi. Ketika ingin melakukan perpindahan gigi, akan terasa sedikit lebih keras dan kasar. Maka dari itu, untuk Anda bisa langsung curiga di saat sudah muncul beberapa tanda-tanda diatas.

Bearing Roda

Apa penyebab transmisi mobil matic ada suara saat AC hidup selanjutnya, yaitu terjadi permasalahan pada bearing roda. Berdasarkan salah satu penelitian, untuk bearing roda kini menjadi salah satu komponen bantalan atau dudukan dari poros roda.

Seringkali untuk bearing roda yang sudah rusak diakibatkan oleh faktor pemakaian. Salah satu penyebab bearing roda rusak lainnya adalah sering melibas jalanan yang rusak atau jelek dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Bagi mobil dengan kondisi velg yang dengan kondisi aftermarket dengan diameter yang lebih besar, secara otomatis untuk masalah bearing ini menjadi faktor utama. Terkadang, untuk bearing yang rusak ini sering terjadi dengan tanpa disadari.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi, karena untuk komponen bearing roda ini mempunyai letak tertutup dengan roda. Kebanyakan, untuk munculnya suara akibat transmisi mobil ini bisa terjadi di saat kendaraan sedang mundur.

Akan tetapi, ada juga beberapa kasus munculnya bunyi akibat transmisi ini akan semakin cepat di saat kendaraan berjalan. Artinya, semakin cepat melaju maka untuk bunyi yang dikeluarkan juga semakin keras.

Untuk hal yang satu ini bisa saja terjadi, karena putaran pada roda poros sudah tidak berada di posisi tengah lagi. Selain itu, untuk bearing roda juga bisa membuat komponen as kendaraan rusak.

Cara Mengatasi Apa Penyebab Transmisi Mobil Matic Ada Suara saat AC Hidup

Cara Mengatasi Apa Penyebab Transmisi Mobil Matic Ada Suara saat AC Hidup

Setelah mengerti mengenai apa penyebab transmisi mobil matic ada suara saat AC hidup, maka untuk selanjutnya harus paham mengenai cara mengatasinya. Untuk salah satu cara yang bisa diambil adalah mencari bengkel mobil terpercaya.

Seperti yang diketahui, untuk permasalahan mobil matic ini bukan menjadi satu hal biasa saja. Artinya, untuk melakukan perbaikan mobil ini harus benar-benar ditangani oleh orang yang sudah ahli di dalam bidangnya.

Memang untuk membahas perihal pertanyaan apa penyebab transmisi mobil matic ada suara saat AC hidup memang tidak akan ada habisnya. Akan tetapi, dengan adanya penjelasan di atas sudah bisa mengurangi mengenai pertanyaan tersebut.

Percayakan pula permasalahan transmisi mobil Anda di bengkel spesialis transmisi terpercaya, seperti di DOMO Transmisi dari Dokter Mobil.

Layanan terbaru dari Dokter Mobil ini menggunakan peralatan berteknologi tinggi dan ditangani langsung teknisi yang ahli. Selain itu, telah teruji riset dan pengembangannya, sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk mencoba langsung layanan dari DOMO Transmisi.

Nah, inilah penjelasan secara lengkap mengenai apa penyebab transmisi mobil matic ada suara saat AC hidup. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu menjawab untuk Anda yang sering bertanya-tanya mengenai apa penyebab transmisi mobil matic ada suara saat AC hidup.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.