Pilih Aki Kering dan Aki Basah, Mana Lebih Awet?

Aki Kering dan Aki Basah

Mungkin dalam waktu dekat anda ingin melakukan penggantian aki, namun masih bingung untuk menentukan pilihan.

Aki Kering dan Aki Basah, Mana yang Lebih Awet? Kami akan menjawabnya. Keduanya Memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang terpenting jangan sampai salah pilih.

Aki Kering dan Aki Basah, Mana yang Lebih Awet

Kami akan menjawab pertanyaan mengenai Aki Kering dan Aki Basah, Mana yang Lebih Awet? Simak Disini. Aki kering dikenal dengan sebagai aki bebas perawatan, ini jenis aki yang tidak memerlukan tambahan air aki selama masa pemakaiannya.

Aki ini menggunakan gel atau serbuk khusus sebagai elektrolit, bukan cairan. Selanjutnya, Aki basah adalah aki yang menggunakan cairan aki, biasanya campuran air dan asam sulfat.

Meskipun memerlukan perawatan lebih, aki basah telah digunakan selama bertahun-tahun dan dikenal memiliki daya tahan yang baik jika dirawat dengan benar.

Kelebihan Aki Kering

Kami sudah rangkum, apa saja Kelebihan Aki Kering simak disini.

  • Teknologi Modern, Aki kering menggunakan teknologi yang cenderung lebih modern. Dengan cairan aki berbentuk gel , aki ini mampu memberikan keawetan lebih dari aki basah.
  • Tips Penggunaan, Aki kering memerlukan perhatian dalam penggunaannya. Jika sering dikenai beban berat atau digunakan dalam kondisi ekstrem, aki kering bisa cepat mengalami penurunan performa. Oleh karena itu, meskipun tidak memerlukan perawatan rutin, penggunaan yang bijak sangat dianjurkan.
  • Masa Pakai, Secara umum, aki kering memiliki umur pakai yang lebih pendek dibandingkan aki basah. Namun, dengan penggunaan yang tepat dan tidak memberikan beban berlebih pada aki, aki kering bisa bertahan cukup lama.

Baca Juga: Tips Memilih Aki Mobil yang Tepat dan Awet

Kelebihan Aki Basah

Nah kita masuk ke pembahasan selanjutnya, Kelebihan Aki Basah apa saja?

  • Aki Basah Menjadi Pilihan, Meskipun aki basah dikenal dengan penggunaan teknologi yang tidak terbaru, Hal ini membuat aki basah lebih rentan terhadap guncangan. Namun, dengan bahan yang terbukti awet, aki basah tetap menjadi pilihan banyak orang.
  • Cara Perawatan, Aki basah memerlukan perawatan rutin, seperti pengecekan dan pengisian air aki. Jika dibiarkan tanpa perawatan, aki basah bisa mengalami kerusakan. Namun, dengan perawatan yang rutin dan benar, aki basah bisa bertahan hingga bertahun-tahun.
  • Umur penggunaan, Dengan perawatan yang tepat, aki basah bisa memiliki umur pakai yang lebih lama dibandingkan aki kering. Namun, hal ini tentu memerlukan tindakan untuk melakukan perawatan rutin.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, anda lebih suka yang mana?

Jangan lupa pilih sesuai dengan spesifikasi mobil anda, jika mengalami gangguan pada mobil matic anda kami sarankan kepada anda untuk datang ke bengkel spesialis matic.

Yaitu Domo Transmisi, teknisi kami siap memperbaiki kendaraan anda dengan tepat, tunggu apalagi reservasi via WA. Kami memberikan garansi 6 bulan atau setara 20.000 km bagi anda yang melakukan overhaul bersama kami.

Tunggu apalagi, datanglah ke Domo Transmisi untuk melakukan perbaikan. Kami ahlinya matic sejak 2015, teknisi kami telah dilengkapi peralatan canggih.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.