5 Penyebab Kerusakan Torque Converter Pada Transmisi Mobil

Kerusakan Torque Converter

Apa saja penyebab Kerusakan Torque Converter pada Transmisi Mobil? STorque converter pada transmisi mobil matic merupakan komponen yang bertanggung jawab untuk mentransfer tenaga dari mesin ke transmisi.

Torque converter menggunakan prinsip  untuk mengubah torsi mesin menjadi torsi yang lebih rendah tetapi lebih kuat, yang kemudian digunakan untuk menggerakkan roda kendaraan.

Kalian harus mengetahui bahwa torque converter juga dilengkapi dengan kopling lock-up yang dapat menghubungkan impeller dan turbin secara langsung untuk mengurangi slip dan meningkatkan efisiensi pada kecepatan tinggi.

Dengan cara kerjanya yang efektif, torque converter pada transmisi mobil matic memungkinkan pengoperasian yang halus dan nyaman, serta mentransfer tenaga mesin ke roda kendaraan dengan efisien.

Cara Kerja Torque Conveter pada Transmisi Mobil Matic

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan informasi terkait cara kerja torque converter pada transmisi mobil matic kalian.

Impeller

Impeller adalah bagian pertama dari torque converter yang terhubung langsung dengan mesin melalui flywheel.

Ketika mesin berputar, impeller juga akan berputar. Impeller memiliki bentuk seperti kipas dan berfungsi untuk memompa dan mengalirkan oli transmisi ke dalam torque converter.

Turbine

Turbine adalah bagian kedua dari torque converter yang terletak di bagian tengah. Turbine ditempatkan di sekitar impeller dan terhubung dengan poros transmisi.

Ketika oli transmisi dialirkan oleh impeller, aliran oli tersebut akan mengenai dan menggerakkan turbin. Turbin memiliki bentuk seperti kincir angin dan berfungsi untuk mengubah energi kinetik aliran oli menjadi energi mekanik.

Stator

Stator adalah bagian ketiga dari torque converter yang terletak di tengah impeller dan turbin. Stator memiliki bentuk seperti kincir air dan memiliki sudut sudut tertentu.

Setelah oli transmisi menggerakkan turbin, aliran oli kemudian akan mengenai stator dan dipantulkan kembali ke impeller. Pada saat ini, stator akan membantu mengubah arah aliran oli, yang memungkinkan transfer torsi yang lebih efisien antara impeller dan turbin.

Setelah mengetahui cara kerjanya, kalian harus mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan kerusakan pada torque converter transmisi mobil matic.

Penyebab Kerusakan Torque Converter Transmisi

Apa saja yang dapat menyebabkan kerusakan Torque Converter Transmisi? Simak ulasan berikut.

Overheating

Jika suhu oli transmisi terlalu tinggi dan tidak terkontrol dengan baik, dapat menyebabkan overheating pada torque converter.

Overheat dapat menyebabkan Kerusakan Torque Converter transmisi, yang terdapat seperti impeller, turbin, atau stator.

Kekurangan Oli Transmisi

Oli transmisi yang tidak mencukupi atau kekurangan dapat menyebabkan masalah pada torque converter.

Oli yang cukup dan sesuai dengan spesifikasi pabrikan sangat penting untuk pelumasan yang optimal dan pendinginan yang efektif dalam torque converter transmisi. Kekurangan oli dapat mengakibatkan gesekan berlebihan dan Kerusakan Torque Converter.

Baca juga: Pentingnya Mengganti Oli Transmisi Secara Berkala

Kotoran atau Debu dalam Oli

Kotoran atau debu yang terakumulasi dalam oli transmisi dapat menyebabkan keausan pada komponen torque converter.

Partikel-partikel kecil tersebut dapat mengganggu pergerakan dan kinerja komponen internal torque converter, mengakibatkan kerusakan yang serius pada impeller, turbin, atau stator.

Gangguan pada Sistem Pendingin

Selanjutnya Kerusakan Torque Converter bisa terjadi, Jika sistem pendingin pada transmisi tidak berfungsi dengan baik, suhu oli transmisi akan meningkat.

Kondisi ini dapat menyebabkan overheating pada torque converter dan merusak komponen-komponennya. Keausan pada torque converter transmisi juga dapat terjadi jika aliran udara ke pendingin terhalang oleh kotoran atau kerusakan pada kipas atau saluran udara.

Sekarang kalian sudah mengetahui penyebab kerusakan Torque Converter Transmisi, Apakah Mobil anda mengalami permasalahan tersebut? Jika mengalami permasalahan langsung datang ke Domo Transmisi.

Domo Transmisi telah menggunakan peralatan yang sangat canggih dan lengap ditambah dengan teknisi yang berpengalaman, jadi anda tidak usah khawatir untuk memperbaiki kendaraan anda. Jadi permasalahan pada kendaraan matic kalian bisa ditangani dengan cepat dan tepat.

Silahkan datang langsung ke Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta  Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Atau kalian ingin melakukan reservasi dan konsultasi silahkan hubungi admin melalui WhatsApp pada nomor 0882_1244_0591 atau klik disini. Dapatkan penawaran menarik dan potongan harga sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.