Apa Itu Turun Mesin pada Mobil?

Apa Itu Turun Mesin pada Mobil

Bagi Pengguna kendaraan, pasti pernah mendengar istilah turun mesin, kali ini kita akan membahas apa itu turun mesin>

Bagaimana proses yang dilakukan pada kendaraan anda, Proses ini tentu saja akan dilakukan jika mesin membutuhkan perbaikan dan perawatan yang sudah menempuh jarak tempuh tertentu.

Apa Itu Turun Mesin pada Mobil?

Turun Mesin pada mobil merupakan sebuah proses dimana mobil akan dibongkar sepenuhnya untuk diperbaiki atau biasa dibilang dengan overhaul.

Penyebab Turun Mesin pada Mobil

Apa saja penyebab Mobil Turun Mesin, tentu saja daa beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kondisi ini.

  • Pemeliharaan yang kurang, Kurangnya pemeliharaan rutin juga dapat mempercepat proses keausan ini. Misalnya, tidak mengganti oli mesin secara berkala dapat menyebabkan kerusakan pada komponen internal mesin.
  • Mesin yang Panas, Suhu mesin yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan serius, termasuk keausan pada bantalan, kerusakan pada kepala silinder, atau bahkan retaknya blok mesin.
  • Penggunaan Oli tidak Original, Jika anda menggunakan oli mesin atau transmisi yang tidak sesuai atau tidak original juga dapat mempengaruhi kinerja dan umur mesin.

Baca Juga: Akibat Tidak Ganti Oli Transmisi Mobil Matic, Ini Dampak dan Solusinya!

Kenapa Turun Mesin Diperlukan?

  • Kerusakan Cukup Parah

Jika mesin mobil anda sudah mengalami kerusakan cukup parah dan kurang melakukan perawatan, tentu saja turun mesin akan diperlukan untuk perbaikan mobil anda.

Contohnya kerusakan pada piston, atau ring piston tentu saja mobil anda akan mengalami ngebul dan ini akan membuat performa mobil anda menurun.

  •  Performa Performa

Jika anda merasa performa mobil anda sudah mulai menurun, dengan melakukan turun mesin dapat meningkatkan performa mesin.

Tentu saja ada beberapa komponen mesin yang diganti atau disesuaikan agar mendapatkan performa yang terbaik.

  • Proses Turun Mesin

Proses Turun mesin akan melibatkan beberapa langkah, pertama mesin mobil akan dilepaskan dari kendaraan, simak selengkapnya disini.

  • Pemeriksaan awal, Sebelum mesin diturunkan, mekanik biasanya melakukan pemeriksaan awal untuk mengidentifikasi masalah yang ada. Teknisi akan memeriksa dengan alat scanner.
  • Penurunan Mesin, Setelah kerusakan diketahui, tentu saja akan diturunkan, lalu diganti dan diperbaiki komponen yang rusak, hal ini untuk mengembalikan performa kendaraan anda.
  • Pembersihan Komponen, Jika terdapat komponen yang masih bisa digunakan maka akan dilakukan pembersihan dan tidak perlu diganti, hal ini untuk memastikan komponen tidak kotoran setelah mesin dirakit kembali.
  • Pemasangan Kembali Mesin, Setelah semua perbaikan dan penggantian komponen selesai, mesin dirakit kembali dan dipasang kembali ke dalam mobil.
  • Uji Coba, Setelah mesin terpasang, dilakukan pengujian untuk memastikan bahwa semua komponen bekerja dengan baik. Ini termasuk pengujian mesin saat idle dan di bawah beban.

Manfaat Turun Mesin

Memperpanjang Umur Mesin

Turun mesin dapat memperpanjang umur mesin, dengan mengganti komponen yang aus, mesin dapat beroperasi dengan eifisen dan maksimal. Hal ini diperlukan saat mesin mobil telah menempuh jarak yang jauh.

Baca Juga: 10 Cara Merawat Transmisi Matic dan Biaya Perawatan Terbarunya

Mencegah Kerusakan Lebih Parah

Turun mesin juga berperan penting untuk mencegah kerusakan lebih parah, dengan mengganti komponen yang rusak, risiko terjadinya kerusakan serius pada mesin dapat terhindari, hal ini sangat penting menjaga keandalan.

Nah itulah penyebab Turun Mesin pada Mobil, apakah anda mengalami permasalahan pada mobil matic? Atau ingin melakukan overhaul pada kendaraan Anda?

Tapi masih bingung untuk memilih bengkel? Silahkan datang ke bengkel mobil matic terdekat Domo Transmisi, karena dengan teknisi berpengalaman anda bisa datang ke bengkel kami.

Reservasi melalui live chat jika anda ingin melakukannya, karena kami hadir di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Domo Transmisi merupakan ahlinya matic sejak 2015, anda tidak perlu khawatir untuk datang ke bengel kami, dapatkan penawaran menarik dan potongan harga sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.