Cara Kerja Sistem Transmisi Mobil Matic Honda Jazz

Cara Kerja Sistem Transmisi Mobil Matic Honda Jazz

Bagi para pemilik kendaraan Honda Jazz Matic, kualitas dari sistem Transmisi Mobil Matic Honda Jazz tentu harus menjadi perhatian. Hal ini terjadi karena pada dasarnya cara kerja sistem transmisi mobil memang cukup rumit dan melibatkan proses yang panjang. Oleh karena itu, berikut telah kami rangkum penjelasan lengkap mengenai Transmisi Mobil Matic Honda Jazz dan ragam komponennya di bawah ini.

Sekilas Mengenai Transmisi Mobil Matic Honda Jazz

Secara umum ada 2 macam transmisi mobil Jazz, yaitu transmisi otomatis dan transmisi manual. Transmisi mobil Jazz bekerja dengan cara memindahkan tenaga dari mesin ke roda. Proses dari cara kerja transmisi mobil Jazz matic sebenarnya lebih rumit jika dibandingkan dengan transmisi manual. Apa pun jenis transmisinya, jawaban atas apa yang dilakukan transmisi adalah memungkinkan rasio roda gigi antara roda penggerak dan mesin untuk menyesuaikan saat mobil melambat dan melaju kencang.

Transmisi akan memutuskan mesin dari roda penggerak ketika berhenti sehingga mesin dapat tetap diam saat roda tidak bergerak. Transmisi juga memungkinkan akselerasi cepat dari berhenti dan memungkinkan mesin berjalan lebih lambat untuk mengurangi keausan saat kendaraan melaju dengan kecepatan yang konsisten.

Cara Kerja Sistem Transmisi Mobil Matic Honda Jazz

Sekilas Mengenai Transmisi Mobil Matic Honda Jazz

Jenis Transmisi Mobil Matic Jazz yang paling umum menggunakan tenaga hidrolik untuk memindahkan gigi. Berdasarkan cara kerjanya, perangkat ini menggabungkan konverter torsi atau kopling fluida dengan set roda gigi yang memberikan rentang roda gigi yang diinginkan untuk kendaraan. Konverter torsi menghubungkan mesin ke Transmisi Mobil Matic Jazz dan menggunakan oli bertekanan untuk mentransfer daya ke roda gigi. Peralatan ini menggantikan kopling gesekan manual dan memungkinkan kendaraan berhenti total tanpa berhenti.

Saat mesin mentransmisikan daya ke pompa konverter torsi, pompa mengubah daya ini menjadi oli transmisi yang menggerakkan turbin konverter torsi. Aparatus ini meningkatkan daya fluida dan mentransmisikan lebih banyak daya kembali ke turbin, yang menciptakan putaran daya pusaran yang memutar turbin dan poros tengah yang terpasang. Tenaga yang dihasilkan oleh rotasi ini kemudian ditransmisikan dari poros ke planetary gear set pertama transmisi.

Jenis Transmisi Mobil Matic Jazz memiliki apa yang disebut sebagai kontrol hidrolik. Oli Transmisi Mobil Matic Jazz diberi tekanan oleh pompa oli, yang memungkinkan kecepatan berubah tergantung pada kecepatan kendaraan, putaran ban per menit, dan faktor lainnya. Pompa roda gigi ditempatkan di antara planetary gear set dan konverter torsi, di mana ia menarik dan menekan oli Transmisi Mobil Matic Jazz. Masukan pompa mengarah langsung ke rumah konverter torsi yang terpasang pada pelat fleksibel mesin. Ketika mesin tidak bekerja, Transmisi Mobil Matic Jazz tidak memiliki tekanan oli yang diperlukan untuk beroperasi dan dengan demikian kendaraan tidak dapat distarter.

Planetary Gear Set adalah sistem mekanis di mana roda gigi dihubungkan dengan satu set pita dan kopling. Saat pengemudi mengganti gigi, pita menahan satu gigi saat memutar yang lain untuk mengirimkan torsi dari mesin dan menambah atau mengurangi gigi. Roda gigi yang berbeda kadang-kadang disebut roda gigi matahari, roda gigi cincin, dan roda gigi planetary. Susunan roda gigi menentukan seberapa besar daya yang akan mengalir dari satu gigi ke gigi lainnya dan keluar ke drive train kendaraan saat Anda memindahkan gigi.

Baca Juga: Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi

Roda Gigi dari Transmisi Mobil Matic Honda Jazz

Menurut para ahli, saat Anda memindahkan kendaraan ke mode penggerak, Anda menggunakan semua rasio gigi maju yang tersedia. Ini berarti bahwa Transmisi Mobil Matic Jazz dapat bergerak di antara berbagai roda gigi sesuai kebutuhan. Transmisi Mobil Matic Jazz enam kecepatan adalah jumlah gigi yang paling umum, tetapi mobil yang lebih tua dan mobil kompak entry-level mungkin masih memiliki empat atau lima gigi otomatis.

Gigi ketiga mengunci Transmisi Mobil Matic Jazz di gigi ketiga atau membatasinya pada rasio gigi pertama, kedua, dan ketiga. Ini memberikan tenaga dan traksi yang dibutuhkan untuk menanjak atau menuruni bukit atau untuk menderek perahu, RV, atau trailer. Ketika mesin mencapai tingkat putaran per menit (RPM) yang ditentukan, sebagian besar kendaraan secara otomatis menurunkan gigi ketiga untuk menjaga mesin dari bahaya.

Gigi kedua mengunci Transmisi Mobil Matic Honda Jazz di gigi kedua atau membatasinya pada rasio gigi pertama dan kedua. Gear ini sangat ideal untuk menanjak dan menuruni bukit dalam kondisi licin serta mengemudi selama hujan deras dan jenis cuaca buruk lainnya. Gigi satu digunakan ketika Anda ingin mengunci Transmisi Mobil Matic Honda Jazz di gigi satu, meskipun beberapa kendaraan akan secara otomatis beralih dari gigi ini untuk melindungi mesin pada RPM tertentu. Seperti gigi kedua dan ketiga, gigi ini paling baik digunakan untuk penarik, mengemudi menanjak atau menurun, dan saat bepergian dalam kondisi licin dan dingin.

Keuntungan dari Transmisi Mobil Matic Honda Jazz

Secara umum, para pemilik kendaraan dengan Transmisi Mobil Matic Honda Jazz setuju bahwa keuntungan terbesar dari transmisi otomatis adalah kemampuan mengemudi tanpa memerlukan kopling seperti yang diperlukan dengan transmisi manual. Individu dengan banyak disabilitas dapat mengemudi menggunakan mobil dengan Transmisi Mobil Matic Honda Jazz karena pengoperasiannya hanya membutuhkan dua anggota badan yang dapat digunakan.

Tidak adanya kopling juga menghilangkan kebutuhan untuk memperhatikan pemindahan gigi secara manual dan pemantauan tachometer untuk membuat perpindahan yang diperlukan, yang memberi Anda lebih banyak perhatian untuk fokus pada tugas mengemudi.

Banyak pengemudi juga merasa lebih mudah untuk mengontrol Transmisi Mobil Matic Honda Jazz pada kecepatan rendah daripada transmisi manual. Transmisi Mobil Matic Honda Jazz hidraulik menciptakan fenomena yang disebut idle creep, yang mendorong kendaraan untuk bergerak maju bahkan saat idle.

Rekomendasi Pengecekan dan Servis Komponen Transmisi Mobil Matic Honda Jazz

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa sistem Transmisi Mobil Matic Honda Jazz secara umum menjalankan tugas yang cukup rumit. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memelihara kondisi komponen transmisi agar sistemnya dapat bekerja dengan baik, dengan percayakan ke DOMO Transmisi.

Layanan terbaru dari Dokter Mobil ini menggunakan peralatan berteknologi tinggi dan ditangani langsung teknisi yang ahli. Selain itu, telah teruji riset dan pengembangannya, sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk nikmati langsung layanan DOMO Transmisi.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai cara kerja sistem transmisi dari mobil matic Honda Jazz. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cara kerja sistem transmisi memang cukup rumit. Oleh karena itu, pemeriksaan berkala dan perawatan komponen transmisi mobil adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk menjaga kualitasnya. Untuk itu lakukanlah beberapa tips perawatan komponen transmisi di atas dan bawalah kendaraan Anda ke bengkel transmisi terpercaya, yakni di DOMO Transmisi dari Dokter Mobil.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Scroll to Top