Fungsi dan Cara Kerja Traction Control Mode Pada Mobil

Traction Control Mode Pada Mobil

Saat ini mobil sudah dilengkapi dengan fitur canggih, salah satunya Traction Control Mode pada mobil.

Traction Control Mode  (TCM) pada mobil dapat memberikan sistem kontrol traksi pada kendaraan anda secara maksimal, hal ini merupakan fitur yang canggih untuk menjaga stabilitas kendaraan anda.

Fungsi Traction Control Mode Pada Mobil

Traction Control Mode Pada Mobil memiliki peran utama untuk mengontrol dan meminimalkan terjadinya selip pada roda saat kendaraan sedang berjalan.

Fungsi dari komponen ini mengatur daya traksi roda agar tetap stabil pada kondisi jalan licin, saat kehilangan traksi, TCM pada mobil akan mendeteksi perubahan

Jika anda sering melewati jalanan yang tidak rata, maka fitur Traction Control Mode pada mobil dapat membantu mobil melewati jalanan yang sulit dengan mudah.

Dengan adanya TCM mobil dapat tetap stabil walaupun pada kondisi jalan yang yang berliku atau jalanan yang tidak rata.

Baca Juga: Solusi Ampuh, Mengatasi Kampas Kopling Mobil Selip

Cara Kerja Traction Control Mode

Bagaimana cara kerja Traction Control Mode? Dengan memonitor kecepatan pada mobil anda, TCM akan memberikan sinyal kepada sistem rem untuk mengurangi kecepatan pada roda yang berputar terlalu cepat.

TCM juga dapat mengurangi daya mesin untuk mencegah roda selip yang lebih parah, penting untuk mengetahui TCM tidak hanya berfungsi saat mobil sedang bergerak.

Saat anda menginjak pedal gas dengan tiba-tiba  TCM akan membantu mengatur daya roda tidak selip dan kendaraan tetap terkendali.

Dengan mengetahui Traction Control Mode, anda bisa mengoptimalkan penggunaanya, TCM menjadi fitur yang ada pada mobil yang tidak boleh diabaikan.

Adanya canggih teknologi otomotif fitur seperti traction control mode menjadi pembantu saat akan berkendara.

Selain mengetahui Fungsi dan Cara Kerja Traction Control Mode Pada Mobil, tentu anda harus mengetahui kerusakan apa yang bisa terjadi pada komponen ini.

  • Sensor Putar Roda yang kotor, Salah satu komponen utama dalam operasi TCM adalah sensor putaran roda. Sensor ini bekerja dengan mendeteksi kecepatan putaran roda pada setiap. Jika sensor ini rusak atau tertutup oleh kotoran, TCM mungkin tidak dapat mendeteksi perbedaan putaran roda dengan akurat.

 

  • Kabel dan Koneksi yang rusak, Kabel dan koneksi yang menghubungkan sensor putaran roda dengan TCM bisa menjadi sumber masalah jika mengalami kerusakan atau kegagalan. Karat, atau kerusakan fisik pada kabel dapat menyebabkan gangguan dalam pengiriman sinyal antara sensor dan TCM.

 

  • Masalah pada Sistem ABS Rem, TCM pada mobil sering kali rusak akibat sensor ABS, hal ini dapat memengaruhi kinerja TCM. Jika sistem ABS mengalami kerusakan, TCM mungkin tidak dapat bekerja dengan optimal dalam mengendalikan traksi roda.

Baca Juga: Cara Kerja Rem ABS Pada Mobil, Wajib Paham

Saat ini kalian sudah mengetahui Fungsi dan Cara Kerja Traction Control Mode Pada Mobil, Jika ada mengalami penurunan performa atau gangguan pada mobil matic seperti merasakan perpindahan gigi yang tidak normal, silahkan datang ke bengkel mobil matic Domo Transmisi.

Dengan datang ke Bengkel kami, permaslaah yang terjadi pada mobil matic anda bisa diatasi dengan tepat, silahkan reservasi melalui WA agar anda tidak terkena antre, kami menghadirkan paket layanan perawatan untuk mobil matic yaitu matic jet clean, jika anda ingin mencobanya, silahkan hubungi kami melelalui WhatsApp.

Dengan datang ke bengkel kami, permasalahan yang terjadi pada mobil matic anda bisa diatasi dengan tepat dan akurat, reservasi sekarang juga untuk memperbaiki kendaraan anda bersama kami.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.