Tips Menjaga Aki Mobil Tetap Awet, Penting Diterapkan

Tips Menjaga Aki Mobil Tetap Awet

Jika Anda menggunakan mobil Anda setiap hari, ada banyak bagian yang perlu dirawat agar tidak terjadi masalah saat menggunakan mobil Anda.

Namun jika Anda sudah lama mengendarai mobil, kemungkinan besar Anda pernah mengalami mobil tidak mau hidup, bisa jadi karena ada masalah pada aki.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tips agar aki mobil Anda awet. Anda bisa menerapkan beberapa hal.

Berikut beberapa tips agar aki mobil Anda tahan lebih lama. Kami juga akan membahas beberapa kesalahan umum yang dilakukan pemilik mobil yang menyebabkan aki tersebut tekor.

Tips Menjaga Aki Mobil Tetap Awet

Inilah 5 Tips Menjaga Aki Mobil Tetap Awet, anda bisa menerapkannya agar komponen yang terdapat pada mobil anda ini awet, berikut Tipsnya.

1. Cek Selalu Aki

Aki yang terisi penuh akan memiliki umur yang lebih panjang. Aki yang sering kehabisan daya atau dalam kondisi low battery akan cepat rusak.

Jika aki kehabisan daya, bagian lain pada mobil harus bekerja lebih keras sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada bagian lainnya.
Ingatlah selalu untuk memeriksa kondisi aki setiap kali ingin menggunakan mobil. Gunakan penguji baterai untuk memastikan baterai terisi penuh.

2. Hindari Beban Berlebih pada Aki

Pengisian daya yang berlebihan dapat menyebabkan baterai bekerja lebih keras, yang pada akhirnya dapat memperpendek umur baterai.

Setiap bagian mobil yang Anda gunakan membutuhkan tenaga dari aki. Menggunakan terlalu banyak komponen sekaligus dapat menguras baterai Anda lebih cepat.

Matikan semua bagian yang tidak diperlukan saat mobil tidak digunakan. Misalnya mematikan AC, radio, dan lampu saat parkir.

3. Cek Kebersihan Aki

Kotoran dan debu dapat mempengaruhi kinerja baterai. Jadi ingatlah untuk membersihkan baterai secara teratur.

Kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan korosi pada terminal baterai, yang dapat membatasi aliran listrik.

Ingatlah selalu untuk mematikan mesin dan melepaskan kabel baterai sebelum membersihkan.

4. Jangan Biarkan Mobil Diam

Mobil yang jarang digunakan bisa menyebabkan aki mati.

Membiarkan baterai dalam keadaan kosong dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan permanen dan memperpendek umur baterai.

Jika Anda tahu mobil Anda tidak akan digunakan dalam waktu lama, lepaskan kabel aki atau gunakan kunci kontak.

Anda juga bisa memanaskan mesin mobil selama 10-15 menit seminggu sekali agar baterai tetap terisi.

5. Periksa Cairan Aki

Cairan aki yang berkurang bisa mengakibatkan aki cepat rusak. Cairan aki berfungsi untuk menjaga sel-sel aki tetap dingin dan berfungsi dengan baik. Jika cairannya berkurang, aki bisa panas dan rusak.

Periksa level cairan aki secara rutin, terutama pada musim panas. Tambahkan air suling jika cairannya berkurang, tapi jangan sampai overfill.

Tentunya ada bisa memastikan kabbel aki kuat dan tidak kendur, Koneksi yang tidak kuat bisa menyebabkan mobil sulit distart dan aki bekerja lebih keras.

Kebiasaan Buruk Buat Aki Mobil Matic Tekor

Nah itulah beberapa tips Tips Menjaga Aki Mobil Tetap Awet, Kita akan membagikan kebiasaan yang sering dilakukan dapat membuat aki mobil matic tekor, apa saja?

  • Sering Gunakan Fitur Start-Stop, Fitur ini dirancang untuk menghemat bahan bakar. Namun, penggunaan berlebihan dapat mengakibatkan baterai kelebihan beban, terutama jika waktu antara mulai dan berhenti sangat singkat. Hal ini dapat menyebabkan baterai memerlukan waktu beberapa kali lebih lama untuk menghidupkan dan mematikan mesin dalam waktu singkat, sehingga dapat memperpendek umur baterai.

Baca Juga: Cara Menyalakan Mobil Matic

  • Lupa Matikan Lampu, Meski terkesan sepele, menyalakan lampu atau aksesoris lainnya saat mesin mati bisa menyebabkan baterai terkuras. Jika dibiarkan dalam waktu lama, aki bisa rusak dan mobil sulit dihidupkan.
  • Tidak Memeriksa aki, Jika cairan baterai terlalu sedikit dan tidak segera diisi ulang, baterai bisa menjadi terlalu panas dan rusak. Baterai yang kekurangan cairan tidak akan berfungsi maksimal dan bisa rusak dalam waktu singkat.

Jangan sampai hal ini terjadi pada anda, jika anda mengalami kerusakan pada mobil matic kami sarankan kepada anda untuk segera bawa kendaraan ke Bengkel kami.

Teknisi kami siap memperbaiki kendaraan anda, tidak perlu ragu kami ahlinya mobil matic sejak 2015, dan tentunya memiliki sertifikat ISO 9001, datanglah ke Domo Transmisi.

Tidak ingin terkena antre? Anda bisa melakukan reservasi melalui WA agar anda tidak terkena antre.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.