4 Perbedaan Oli Mobil Matic dan Manual

perbedaan oli mobil matic dan manual

Memahami perbedaan antara oli mobil matic dan manual adalah kunci untuk menjaga performa dan umur panjang kendaraan Anda.

Dengan pemilihan oli yang tepat, Anda tidak hanya memastikan kendaraan berjalan lancar tetapi juga melindungi komponen mesin dari kerusakan.

Di bawah ini, Domo Transmisi telah menyiapkan sejumlah informasi mengenai perbedaan oli mobil matic dan manual yang perlu Anda pahami supaya tidak keliru.

Perbedaan Oli Mobil Matic dan Manual

Berikut adalah 4 (empat) perbedaan oli mobil matic dan manual yang perlu Anda ketahui dan pahami.

1. Warna

Salah satu perbedaan paling mencolok antara oli mobil matic dan manual adalah dari segi warna.

Oli mobil manual cenderung memiliki warna keemasan, mirip dengan kebanyakan oli mesin standar yang tampak jernih dan bersih.

Berbeda dengan oli mobil matic yang cenderung memiliki warna kemerahan.

2. Kekentalan

Perbedaan kedua antara oli mobil matic dan manual terletak pada kekentalannya.

Oli mobil manual memiliki tekstur yang lebih kental, mirip dengan oli gardan. Kekentalan ini dirancang untuk menahan beban berat dan tekanan tinggi antara gigi transmisi.

Sifat kental ini penting untuk melindungi komponen-komponen mesin agar tidak rusak ketika saling bersinggungan.

Di sisi lain, oli mobil matic memiliki tekstur yang lebih encer.

Kekentalan yang lebih rendah ini memungkinkan oli untuk mengalir dengan lebih mudah melalui komponen transmisi otomatis, sehingga memastikan bahwa pergantian gigi bisa bekerja dengan lancar tanpa hambatan.

3. Fungsi

Ketika membahas fungsi, perbedaan antara oli mobil matic dan manual menjadi sangat jelas.

Oli mobil manual memiliki tugas utama sebagai pelumas, yang melindungi komponen-komponen mesin untuk meminimalkan kerusakan akibat gesekan.

Ini esensial untuk menjaga transmisi manual bekerja dengan optimal.

Namun, oli mobil matic memiliki tugas tambahan yang penting. Tidak hanya untuk melindungi komponen mesin dari keausan, tetapi juga memastikan bahwa sistem transmisi otomatis dapat berpindah gigi dengan halus dan efisien.

Fungsi ganda ini menjadikan oli mobil matic memainkan peran penting dalam operasi transmisi otomatis.

4. Perbedaan Spesifikasi

Mengenali spesifikasi oli yang tepat untuk kendaraan Anda adalah penting. Oli mobil manual biasanya memiliki spesifikasi GL-4 atau GL-5, tergantung pada kebutuhan spesifik transmisi tersebut.

Spesifikasi ini menunjukkan oli dirancang untuk menangani tekanan tinggi dan beban berat yang dihadapi mobil dengan transmisi manual.

Sementara itu, oli mobil matic menggunakan jenis spesifikasi yang berbeda, yakni Dexron VI, WS, T-IV (spesifikasi Toyota), dan CVTF untuk mobil matic dengan transmisi CVT.

Spesifikasi ini disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan unik dari transmisi otomatis, termasuk kemampuan untuk mengalir dengan lebih bebas dan memberikan pelumasan yang efektif serta transmisi daya yang halus.

Baca Juga: Ini Dia 8 Penyebab Mobil Keluar Asap Putih

Jangan Tunggu Transmisi Mobil Matic Rusak! Perbaikan Sampai 50 Juta, Rawat di Domo Transmisi!

Mengabaikan perawatan transmisi mobil matic Anda bisa berakhir dengan biaya perbaikan yang sangat mahal, bahkan bisa mencapai 50 juta rupiah!

Untuk menghindari biaya yang tidak terduga dan menjaga mobil Anda dalam kondisi terbaik, serahkan perawatan transmisi Anda kepada Domo Transmisi.

Sebagai bengkel spesialis mobil matic yang sudah bersertifikasi ISO 9001:2015, Domo Transmisi menawarkan jaminan kualitas dan keahlian teknis yang tidak diragukan lagi.

Dengan pengalaman luas dalam menangani berbagai masalah transmisi mobil matic, tim ahli kami siap memastikan transmisi Anda beroperasi dengan lancar dan efisien.

Jangan biarkan masalah transmisi mengganggu kenyamanan berkendara Anda.

Rawat mobil matic Anda di Domo Transmisi dan nikmati perjalanan yang lebih lancar dan tenang tanpa khawatir tentang biaya perbaikan yang mahal di masa mendatang!

Reservasikan kedatangan Anda di Domo Transmisi melalui WhatsApp di nomor 0822-1244-0591 atau klik link reservasi berikut.

Bengkel Domo Transmisi berlokasi di Jl. Pegangsaan Dua No.88d, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Demikianlah informasi mengenai perbedaan oli mobil matic dan manual yang perlu Anda pahami.

Dengan memilih oli yang sesuai dengan jenis transmisi kendaraan Anda, Anda dapat memperpanjang umur mesin, menjaga efisiensi bahan bakar, dan memastikan pengalaman berkendara yang lebih lancar.

Selalu konsultasikan dengan manual pemilik kendaraan atau seorang profesional mekanik ketika memilih oli untuk memastikan bahwa Anda menggunakan produk yang paling cocok dengan kebutuhan kendaraan Anda.

Eky Muhammad

Eky Muhammad

Penulis yang hobi menuangkan ide dan opini seputar politik dan olahraga. Kini aktif menulis konten mengenai dunia otomotif.
Eky Muhammad

Eky Muhammad

Penulis yang hobi menuangkan ide dan opini seputar politik dan olahraga. Kini aktif menulis konten mengenai dunia otomotif.