5 Penyebab Kerusakan Sistem Transmisi Mobil Matic, Solusi Terbaik

Penyebab Kerusakan Sistem Transmisi Mobil

Apa saja Penyebab Kerusakan Sistem Transmisi Mobil? Kali ini kita akan membahasnya. Jika kerusakan pada transmisi diabaikan, maka hal ini dapat merusak komponen lainnya.

Sistem transmisi mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam menjaga performa kendaraan. Transmisi bertugas mengubah tenaga mesin menjadi gerakan roda, sehingga pengemudi dapat mengendalikan kecepatan mobil dengan baik.

Namun, seperti halnya komponen mobil matic lainnya, sistem transmisi juga rentan mengalami kerusakan. Apa saja penyebab kerusakan transmisi?

Penyebab Kerusakan Sistem Transmisi Mobil

Kali ini kita akan membahas penyebab Kerusakan Sistem Transmisi Mobil.

  1. Slip Transmisi

Salah satu penyebab Kerusakan Sistem Transmisi Mobil yaitu Slip transmisi, Slip pada mobil matic dapat terjadi pada transmisi yang tidak dapat menahan posisi gigi dengan benar. Gejala yang umum yang terjadi adalah perubahan tiba-tiba dalam putaran mesin tanpa adanya perubahan kecepatan yang sesuai.

Penyebab Kerusakan Sistem Transmisi Mobil adalah keausan pada kopling atau band, kebocoran pada sistem hidrolik, atau masalah pada solenoid transmisi. Solusi yang tepat bagi mobil matic anda yaitu memeriksa dan mengganti komponen yang rusak atau melakukan perbaikan pada sistem hidrolik.

Baca Juga: Faktor apa saja yang menyebabkan Mobil Matic Slip? Simak Pembahasan Berikut!

  1. Gangguan Pada Peralihan Gigi

Gangguan saat melakukan perpindahan gigi dapat terjadi ketika transmisi mengalami kesulitan dalam memindahkan gigi dari satu posisi ke posisi lainnya. Gejala ini akan mungkin timbul yaitu muncul suara berisik atau guncangan saat peralihan gigi.

Penyebab Kerusakan Sistem Transmisi Mobil yaitu keausan pada komponen peralihan gigi, kerusakan pada solenoid transmisi, atau masalah pada sistem hidrolik. Solusi untuk gangguan pada peralihan gigi yaitu lakukan pemeriksaan dan mengganti komponen yang rusak, serta melakukan perbaikan pada sistem hidrolik.

  1. Overheating Transmisi

Kemudian penyebab Kerusakan Sistem Transmisi Mobil yaitu Overheating, Panas yang berlebih pada transmisi dapat terjadi ketika suhu transmisi meningkat di luar batas normal. Overheating ini dapat terjadi oleh kebocoran pada sistem pendingin transmisi, kegagalan pada kipas pendingin, atau penggunaan oli transmisi yang tidak sesuai.

Gejala Overheating dapat muncul pada mobil anda adalah indikator suhu transmisi yang meningkat, bau hangus, atau perubahan performa transmisi. Solusi yang tepat yaitu memeriksa dan memperbaiki sistem pendingin transmisi, memeriksa kipas pendingin, dan menggunakan oli transmisi yang sesuai. Hal ini menjadi Penyebab Kerusakan Sistem Transmisi Mobil

Untuk menjaga sistem transmisi mobil dalam kondisi yang baik, perawatan yang teratur sangatlah penting, yaitu Ganti Oli Transmisi secara Teratur, Oli transmisi yang kotor atau habis dapat menyebabkan kerusakan pada transmisi. Gantilah oli transmisi per 20.000 km atau tergantung penggunaan mobil matic kalian.

Pastikan sebagai pemilik mobil untuk mengganti oli transmisi sesuai dengan rekomendasi pabrikan kendaraan. Penggantian oli yang teratur akan membantu menjaga performa dan umur pakai transmisi. Penting untuk melakukan pergantian oli secara berkala dan rutin untuk mobil matic anda lebih baik, hal ini merupakan salah satu cara merawat transmisi mobil matic.

Kemudian perhatikan Indikator atau Gejala, Jika Anda mengalami gejala atau indikator yang menunjukkan adanya masalah pada transmisi, segera periksa dan perbaiki masalah tersebut. Kami sarankan untuk jangan menunda perbaikan untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Lalu melakukan servis rutin pada bengkel yang terpercaya dan berpengalaman. Bengkel yang mengkhususkan diri dalam perawatan transmisi dapat memberikan perawatan yang tepat dan solusi terbaik untuk masalah yang mungkin timbul. Salah satu bengkel spesialis Transmisi yaitu Domo Transmisi, anda bisa langsung datang ke Bengkel Domo Transmisi.

Hindari Beban Berat Hindari, Saat menggunakan mobil matic jika kalian menarik beban berat atau mengendarai mobil dengan beban yang melebihi batas kemampuan kendaraan, Beban berlebih dapat menyebabkan tekanan dan keausan yang berlebih pada transmisi. Hal ini sangat tidak disarankan bagi pemilik mobil, karena dapat merusak komponen yang ada pada mobil lainnya.

Perhatikan Penggunaan Kopling, Jika Anda mengemudikan mobil dengan transmisi matic, sebagai pengguna kalian harus memastikan untuk menggunakan kopling dengan benar. Jangan menginjak kopling secara berlebihan atau tiba-tiba melepaskannya saat memindahkan gigi. Jika kalian dapat menerapkan ini, maka transmisi kalian dijamin awet dan memiliki umur yang panjang.

Apakah kalian mengalami kerusakan pada sistem transmisi mobil matic? Tetapi bingung untuk memilih bengkel transmisi mana? Kami sarankan kepada anda untuk segera datang ke Bengkel Domo Transmisi, teknisi kami siap mendegarkan keluhan anda terkait mobil matic dan  langsung mengambil tindakan yang tepat dan benar untuk perbaikan mobil matic anda.

Untuk kalian yang ingin datang ke Domo Transmisi, Kami sarankan untuk melakukan reservasi atau konsultasi melalui Aplikasi WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591, agar kalian tidak antre saat datang ke Bengkel kami.

Domo Transmisi berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250, anda bisa langsung membuka Google Maps dan directions ke bengkel kami. Ayo hubungi Domo Transmisi sekarang juga! Karena jika  beruntung, anda bisa mendapatkan diskon atau potongan harga  menarik sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku!

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.