Berapa Lama CVT Mobil Harus Diganti? Simak Ulasannya

Berapa Lama CVT Mobil Harus Diganti

Bagi pemilik kendaraan bertransmisi matic, akan bertanya-tanya seputar  berapa lama CVT mobil harus diganti?  dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi masa pakai CVT.

Pada kesempatan ini kami akan membahasnya, Seperti yang anda ketahui bahwa CVT merupakan  jenis transmisi yang semakin populer digunakan pada mobil modern. CVT memberikan kinerja yang halus dan efisiensi yang tinggi. Tetapi apakah kalian mengetahui, bahwa CVT pada mobil matic memiliki batas umur dan perlu diganti setelah digunakan sehari-hari.

Berapa Lama CVT Mobil Harus Diganti

Dengan pertanyaan Berapa Lama CVT Mobil Harus Diganti, kami akan membahasnya

  1. Kualitas CVT

Berapa Lama CVT Mobil Harus Diganti yang pertama yaitu Kualitas dari CVT yang digunakan pada mobil memainkan peran penting dalam masa pakai CVT. CVT yang lebih baik dan memiliki kualitas cenderung memiliki umur yang lebih panjang. Merek-merek CVT yang terkenal seperti Honda, Toyota, dan Nissan seringkali memiliki CVT yang baik dan awet.

Baca Juga: Kerusakan Umum Transmisi CVT Alphard: Atasi Masalah

  1. Masa Penggunaan CVT

Berapa lama CVT mobil harus diganti tergantung pada beberapa faktor, seperti merek dan model mobil, kondisi penggunaan, perawatan yang dilakukan, serta kualitas CVT itu sendiri. Pada umumnya, CVT memiliki masa pakai sekitar 100.000 hingga 150.000 kilometer. Dengan penggunaan sehari-hari jangan lupa untuk melakukan perawatan pada transmisi mobil matic.

  1. Cara Penggunaan

Berapa lama CVT mobil harus diganti berpengaruh dari cara Anda mengemudi dan kondisi penggunaan mobil juga dapat mempengaruhi masa pakai CVT. Penggunaan mobil di daerah dengan kondisi lalu lintas yang padat atau sering mengalami kemacetan dapat mempercepat keausan CVT. Penggunaan mobil di daerah dengan medan berbukit atau sering mengalami beban berat juga dapat mempengaruhi umur CVT. Hal ini sebaiknya dihindari agar performa mobil kalian berada ditempat terbaiknya.

  1. Perawatan yang Dilakukan

Kemudian Berapa lama CVT mobil harus diganti tergantung dari Perawatan yang tepat dan berkala pada CVT dapat memperpanjang masa pakainya. Hal ini termasuk penggantian oli CVT sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil. Oli CVT yang terlalu lama atau kualitasnya menurun sekaligus performa mobil anda juga kekurangan tenaga, hal ini dapat menyebabkan keausan yang lebih cepat pada CVT. Selain itu, menjaga suhu mesin dan transmisi stabil juga penting untuk menjaga kinerja dan umur CVT. Jika anda sudah mengalami panas yang berlebih, sebaiknya untuk berhenti sejenak menunggu suhu mobil kembali normal.

  1. Kualitas Oli CVT

Berapa lama CVT mobil harus diganti berpengaruh pada Pemilihan oli CVT, Olo  yang berkualitas juga memainkan peran penting dalam masa pakai CVT. Pastikan Anda menggunakan oli CVT yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil atau oli CVT yang memiliki spesifikasi yang sesuai.

Oli CVT yang berkualitas dapat memberikan pelumasan yang baik dan melindungi komponen CVT dari keausan. Saat ini banyak oli palsu, pastikan anda membeli oli tersebut dibengkel atau toko yang memiliki rekam jejak sangat baik.

Saat ini kalian sudah mengetahui Berapa lama CVT mobil harus diganti, Jika kalian mengalami tanda-tanda seperti Bunyi atau getaran yang tidak normal saat mobil berjalan atau saat transisi gigi. Kemudian Perubahan responsivitas atau akselerasi yang tidak wajar pada mobil. Munculnya bau yang tidak biasa dari kompartemen mesin atau CVT.Perubahan suhu yang tidak stabil pada transmisi. Sudah saatnya anda melakukan perubahan pada CVT Mobil. Jangan sampai hal ini terjadi pada mobil matic kalian.

Jika kalian mengalami kerusakan atau ingin melakukan penggantian CVT Mobil Matic, tetapi bingung untuk datang ke Bengkel yang mana, kami sarankan segera datang ke Domo Transmisi.  Mengapa harus Domo Transmisi? Teknisi kami yang sangat berpengalaman, kemudian serta memiliki peralatan yang canggih dan tentunya penggunaan komponen dan sparepart yang original membuat anda tidak perlu takut untuk melakukan perbaikan pada mobil matic anda.

Bagi kalian yang berada di sekitar Jakarta, Silahkan langsung datang ke Domo Transmisi yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250. Ingin datang tetapi tidak ingin antre? Anda bisa melakukan reservasi melalui aplikasi WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591. Bagi kalian yang beruntung, anda bisa mendapatkan potongan harga atau penawaran menarik lainnya sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Umumnya, CVT memiliki masa pakai sekitar 100.000 hingga 150.000 kilometer. Namun, penting untuk memperhatikan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa CVT perlu diganti dan melakukan perawatan yang tepat agar masa pakai CVT dapat diperpanjang. Dengan menjaga kondisi CVT mobil Anda dengan baik, Anda dapat memastikan kinerja transmisi yang optimal dan menghindari masalah yang dapat merugikan.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
Scroll to Top