3 Penyebab Asap Putih Pada Mesin Diesel Matic, Ingin Abaikan?

Penyebab Asap Putih Pada Mesin Diesel

Saat ini  banyak mobil diesel yang menggunakan transmisi matic.

Masalah asap putih pada mesin diesel matic anda mungkin pernah anda temui, ini merupakan salah satu masalah yang tidak bisa diabaikan begitu saja, Apa saja penyebab Asap Putih pada Mesin Diesel?

Asap putih seringkali memiliki bau yang khas dan yang lebih kental dibandingkan asap biasa.

Permasalahan ini sering muncul saat mesin pertama kali dihidupkan atau saat melakukan akselerasi.

Jika mesin diesel matic anda mengeluarkan asap berwarna putih, berarti mesin kendaraan anda mengalami masalah serius.

Penyebab Asap Putih Pada Mesin Diesel Matic

Inilah Penyebab Asap Putih Pada Mesin Diesel Matic, Simak disini

  1. Kondensasi pada Knalpot

Pengembunan  atau Kondensasi pada pipa knalpot seringkali dianggap sebagai masalah tersendiri pada transmisi.

Namun perlu diingat bahwa transmisi yang tidak berfungsi dengan baik dapat mempengaruhi kinerja mesin secara keseluruhan, termasuk pada proses pembuangan.

Semisal  transmisi tidak menyalurkan tenaga ke mesin secara efektif, maka mesin akan bekerja lebih keras sehingga dapat mempengaruhi kondisi gas buang dan meningkatkan risiko terjadinya pengembunan.

Ketidakseimbangan pada transmisi dapat menyebabkan mesin bekerja lebih keras sehingga dapat mempengaruhi suhu gas buang.

Suhu gas buang yang tidak stabil dapat mempengaruhi kondensasi air yang akhirnya menimbulkan asap putih.

  1. Air bocor dari radiator

Air pada Radiator tidak hanya  mendinginkan mesin tetapi juga mendinginkan bagian lain seperti gearbox.

Jika cairan pendingin bocor ke ruang bakar, tidak hanya  menghasilkan asap putih, tetapi juga dapat mempengaruhi kinerja transmisi.

Kebocoran cairan pendingin dapat menyebabkan transmisi menjadi panas, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja dan daya tahan transmisi.

Transmisi yang panas tidak akan beroperasi maksimal sehingga dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar dan performa mesin.

Baca Juga: Bahaya Radiator Mobil Matic Rusak, Efek Bagi Transmisi
  1. Masalah pada injektor

Injektor bahan bakar dan gearbox adalah dua komponen yang saling bergantung dalam pengoperasian mesin.

Injektor yang tidak berfungsi dengan baik akan menurunkan efisiensi pembakaran sehingga berdampak pada penyaluran tenaga dari mesin ke roda.

Injektor yang tidak efisien akan menyebabkan mesin bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang sama besarnya.

Hal ini akan menambah tekanan pada transmisi dan dapat menyebabkan masalah seperti selip atau bahkan kerusakan  transmisi.

Jika ini dibiarkan terus menerus, maka ada beberapa bahaya yang anda akan alami.

Baca Juga: 6 Pemicu Kerusakan Injector Mobil Matic, Pengaruh Transmisi?

Bahaya Asap Putih Pada Mesin Diesel Matic Diabaikan

Memilih untuk mengabaikan Asap Putih pada mesin diesel matic? Ini bahaya yang akan dialami!

  • Kerusakan pada mesin, Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan pada komponen mesin, seperti piston, ring piston, atau bahkan pada ruang bakar itu sendiri. Ini akan mempengaruhi performa mesin dan bisa menyebabkan mesin cepat aus.

 

  • Biaya yang mahal, Kerusakan pada mesin juga bisa menjadi sangat mahal untuk diperbaiki. Anda mungkin harus mengganti beberapa komponen mesin yang mahal, atau dalam kasus yang ekstrem, Anda mungkin perlu mengganti mesin secara keseluruhan, yang tentu saja akan sangat merugikan secara finansial.

 

  • Keselamatan Berkendara, Asap putih yang tebal bisa mengganggu visibilitas Anda saat berkendara, serta pengendara lain yang berada di belakang Anda.

Jika mobil diesel matic anda mengeluarkan asap putih pada mobil matic, sebaiknya jangan disepelekan.

Teknisi kami akan mengambil langkah sesuai dengan prosedur yang berlaku, tentunya melakukan pengecekan menggunakan scanner lalu mengambil langkah perbaikan dengan tepat.

Domo Transmisi berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara, anda bisa melakukan perbaikan bersama teknisi kami.

Ingin datang, tetapi malas antre? Hub melalui WA pada nomor 0882-1244-0591. Domo Transmisi siap memperbaiki kendaraan anda, jadi tunggu apalagi datanglah ke bengkel kami.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
Scroll to Top