Fungsi Pelampung Pada Tangki Bensin Mobil

Fungsi Pelampung Pada Tangki Bensin Mobil

Tahukah kalian pada kendaraan terdapat Pelampung pada tangki bensin mobil, komponen ini memiliki peran penting pada kendaraan anda.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas fungsi dan hal yang akan terjadi jika pelampung pada tangki bensin mobil mengalami kerusakan.

Apa Itu Pelampung Tangki Bensin?

Pelampung pada tangki bensin merupakan komponen yang terletak pada tangki bensin mobil, fungsinya untuk mengukur jumlah bensin yang tersisa pada tangki bensin, cara kerjanya cukup seserhana dan efektif.

Baca Juga: Fungsi Fuel Pump Mobil dan Tanda Jika Bermasalah

Cara Kerja Pelampung pada Tangki Bensin Mobil

Komponen ini terdiri dari sebuah pelampung yang terhubung dengan sebuah lengan pengukur. 3

Saat level bahan bakar di dalam tangki naik atau turun, pelampung tersebut juga akan bergerak naik atau turun.
Hal ini kemudian diubah menjadi sinyal elektrik yang dikirim ke indikator bahan bakar di dashboard mobil Anda. Akurasi dari pelampung tangki bensin sangat penting.

Bayangkan jika Anda sedang dalam perjalanan jauh dan indikator bahan bakar di mobil Anda menunjukkan masih banyak, padahal kenyataannya hampir habis.

Situasi seperti ini tidak hanya merepotkan tetapi juga bisa berbahaya.

Fungsi Pelampung Pada Tangki Bensin Mobil

Memang terlihat sederhana, namun fungsi pelampung pada tangki bensin sangatlah penting.

Berikan Informasi yang Akurat

Dengan adanya pelampugn tangki bensin yang akurat, pengendara akan mudah mengetahui kapan harus mengisi bensin. Hal ini menghindari pengendara dari risiko terjadinya kehabisan bensin di tengah jalan.

Mempermudah Perjalanan Anda

Bagi anda yang sering melakukan perjalanan jauh, anda dapat mengetahui mengenai mengenai sisa dan berapa banyak bensin yang masih ada pada kendaraan anda.

Mencegah Kerusakan Pada Mobil

Jika anda mengemudi dengan tangki bensin yang kosong secara terus menerus hal in idapat merusak mobil anda dan dapat menyebabkan pompa bensin bekerja lebih keras dan mengalami kerusakan.

Tanda Pelampung Tangki Bensin Bermasalah

Kerusakan pada pelampung tangki bensin mobil bukanlah masalah yang sering terjadi, tetapi ketika itu terjadi, penting untuk mengetahuimya

  • Indikator Bensin Tidak Akurat, Salah satu tanda paling jelas bahwa ada masalah dengan pelampung tangki bensin adalah ketika indikator bahan bakar di dashboard menunjukkan pembacaan yang tidak konsisten atau tidak akurat
  • Indikator Bensin Berubah, Jika Anda melihat indikator bahan bakar berubah secara drastis dalam waktu singkat tanpa alasan yang jelas, ini bisa menjadi tanda bahwa pelampung tangki bensin tidak bekerja dengan benar.

Pelampung ini juga bisa mengalami kerusakan, yang disebabkan oleh karat, Pelampung tangki bensin yang terbuat dari logam dapat mengalami korosi, terutama jika sering terpapar bahan bakar yang mengandung air

Selain itu, gangguan pada gangguan elektrik dengan pelampung dapat menyebabkan pembacaan yang salah.

Nah itulah Fungsi Pelampung Pada Tangki Bensin Mobil, Jika anda mengalami kerusakan pada mobil matic silahkan datang ke bengkel spesialis mobil matic Domo Transmisi.

Reservasi sekarang juga melalui WhatsApp disini agar kedatangan anda tidak terkena antre, anda bisalangsung datang ke bengkel kami sekarang juga.

DOMO Transmisi memiliki teknisi yang berpengalaman dan rekam jejak sangat baik, jadi anda tidak perlu ragu untuk datang ke bengkel kami.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.