5 Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras

Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras

Permasalahan yang sering dialami oleh pemiliki kendaraan yaitu pedal kopling mobil keras merupakan hal yang wajar.

Jika mengalami ini, tentu saja akan mengurangi kenyamanan berkendara dan menjadi tanda adanya kerusakan pada mobil anda.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menginformasikan mengenai penyebab dan pemicu pedal kopling mobil keras.

Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras

Apa saja hal yang jadi Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras, simak disini.

Pegas Kopling Rusak

Pegas kopling yang mengalami kerusakan bisa menjadi Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras, pegas berfungsi untuk membantu meringankan tekanan pada pedal saat dikopling

Tentu saja jika pegas rusak, maka tekanan yang diberikan pada pedal akan lebih besar.

Anda akan merasakan pedal kopling yang terasa lebih berat dari pada biasanya, selain itu akan mendengar suara berdecit saat menginjak pedal kopling.

Oli Kurang dan Kotor

Jika Pada sistem kopling mengalami oli yang kurang dan kotor, maka akan menjadi penyebab pedal kopling mobil keras.

Oli berperan untuk menjaga komponen bekerja dengan lancar dan minim gesekan, Jika pelumas sudah kotor atau berkurang, komponen-komponen kopling akan bekerja dengan lebih keras, sehingga pedal kopling terasa lebih berat.

Kabel Kopling Rusak

Jika Kabel Kopling rusak atau tidak sesuai dengan spesifikasi mobil hal ini dapat menjadi penyebab pedal kopling keras.

Kabel Kopling yang rusak ditandai dengan pedal kopling terasa sangat berat, penting untuk mengganti kabel kopling secara berkala jika sudah mengalami tanda gangguan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Masalah Kopling Seret Mobil Matic

Kerusakan pada Bearing Kopling

Bearing kopling yang rusak bisa menjadi penyebab pedal kopling rusak.

Gejala kerusakan pada bearing biasanya ditandai dengan pedal kopling yang keras dan suara bersik saat kopling diinjak.

Plat Kopling harus Diganti

Jika Plat Kopling yang rusak atau perlu diganti, hal ini bisa menjadi penyebab pedal kopling keras, karena plat kopling yang aus akan membuat pedal terasa lebih berat.

Ingin tahu gejalanya? Gejalanya yang paling mudah adalah pedal kopling yang keras, serta kesulitas saat ingin melakukan penggantian gigi.

Tidak hanya itu, Flywheel yang rusak bisa menjadi penyebab pedal kopling keras. Flywheel yang rusak dapat menyebabkan getaran tidak biasa pada kendaraan dan suara berisik dari mesin.

Kemudian master silinder kopling yang rusak dan bocor bisa menyebabkan pedal kopling terasa keras. Master silinder ini mengatur tekanan hidrolik yang diperlukan untuk menggerakkan kopling mobil.

Apabila anda mengalami permasalahan pada mobil matic seperti perpindahan gigi yang tidak pas atau delay, tentu saja transmisi mobil anda harus dicek.

Silahkan datang ke bengkel spesialis mobil matic Domo Transmisi untuk melakukan pengecekan dan perbaikan.

Kami tunggu kedatangan anda untuk melakukan perbaikan, teknisi kami sangat berpengalaman, jadi anda tidak perlu ragu untuk memperbaiki kendaraan anda.

Reservasi melalui WA agar anda tidak terkena antre, hubungi melalui link berikut.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.