4 Perbedaan Oli Mesin Sintetis dan Mineral, Wajib Paham

Oli mesin Sintetis dan Mineral

Ketika ingin melakukan perawatan mengganti oli mungkin anda bertanya-tanya, apa perbedaan Oli mesin Sintetis dan Mineral?

Yang terpenting jangan salah memilih oli, karena hal ini bisa berakibat fatal pada performa mobil anda, apalagi kendaraan anda digunakan sehari-hari, apa saja perbedaan dari oli tersebut?

Perbedaan Oli mesin Sintetis dan Mineral

Tentu saja dari perbedaan Oli mesin Sintetis dan Mineral, ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda.

Campuran Oli

Tahukah anda Oli mesin dan sintetis memiliki perbedaan antara campuran dan komposisi, hal ini menjadi Perbedaan Oli mesin Sintetis dan Mineral.

Oli mesin mineral dibuat dari minyak dasar alam, sementara oli mineral dibuat dari proses kimia yang canggih.

Oli mineral terbuat dari minyak mentah yang diambil tanah dan menjadi pilihan konvensional, kemudian oli sintetis diproses melalui laboratorium dengan mengubah molekuk untuk menghasilkan lebih bersih.

Efek dan Perlindungan Mesin dan Transmisi

Penggunaan kedua jenis oli terdapat pada efek yang akan dirasakan dan perlindungan yang ditawarkan untuk mesin dan transmisi kendaraan anda.

Oli Sintetis memiliki cara produksi lebih canggih dan akan memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap mesin.

Hal ini akan lebih efektif jika pada suhu mesin panas dan dingin, cocok untuk kondisi ekstrem, dibandingkan oli mineral akan kurang stabil pada suhu dan memerlukan penggantian lebih sering.

Baca Juga: Pentingnya Mengganti Oli Transmisi Secara Berkala

Kekentalan Oli dan pengaruh pada Konsumsi Bensin

Kekentalan juga menjadi perbedaan oli mesin dan mineral, biasanya oli sintetis cenderung memiliki kekentalan yang lebih rendap pada suhu mesin mobil yang dingin, hal ini akan mempermudah saat mesin baru dinyalakan.

Kemudian oli sintetsi dapat meningkatkan efisiensi bensin, karena kurang mengalami gesekan pada internal.

Oli mineral mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencapai kekeentalan yang optimal saat mesin mobil dingin.

Harga Oli

Selain pertimbangan kekentalan dan efek bagi mesin, anda bisa membandingkan harga, oli sintesis memiliki harga lebih mahal dibandingkan mineral.

Tetapi melihat pengaruh terhadap mobil, hal ini bisa menjadi pilihan bagi anda, tentu saja juga memberikan perlindungan ekstra pada mesin mobil anda, hal ini yang jadi perbedaan antara Oli mesin Sintetis dan Mineral.

Jadi, mana yang lebih bagus antara oli mesin sintetis dan oli mesin mineral, balik lagi ke pilihan anda, masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan, yang terpenting Anda jangan menggunakan oli palsu pada kendaraan anda, karena ini bisa merusak komponen mesin ataupun transmisi mobil matic anda.

Saat ini kalian sudah mengetahui Oli mesin Sintetis dan Mineral, Untuk anda yang tidak memiliki biaya yang lebih untuk perawatan penggantian oli, Pilihan oli mineral bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda, oli mineral tentu lebih terjangkau.

Selain itu oli mineral juga menjadi pilihan tepat untuk kendaraan yang sudah menempuh jarak lebih tinggi dan cocok dengan kendaran lebih tua.

Jika anda ingin melakukan penggantian oli transmisi pada mobil matic anda, DOMO Transmisi memiliki jenis oli yang cocok dengan iklim Indonesia.

Anda bisa datang ke bengkel mobil matic terdekat Domo Transmisi untuk melakukan perbaikan dan perawatan pada kendaraan anda.

DOMO Transmisi saat ini hadir berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara, datanglah ke bengkel kami untuk perawatan terhadap mobil matic anda.

Saat ini kami menghadirkan paket perawatan untuk mobil matic yaitu Matic Jet Clean, teknisi kami akan melakukan cleaning selenoid dan body valve pada mobil matic anda.

Perawatan ini salah satu perawatan untuk mencegah masalah yang terjadi pada mobil matic anda, tertarik untuk mencobanya? Silahkan hubungi kami melalui WA 0882:1244:0591 untuk melakukan reservasi.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.