Tips Aman Nyetir Mobil Dekat Truk

Tips Aman Nyetir Mobil Dekat Truk

Ketika anda sedang mengemudi di jalan raya mungkin ada sering kali berhadapan dengan truk, mungkin anda bertanya-tanya bagaimana cara mana nyetir mobil dekat truk?

Mengemudi dekat dengan truk memang jadi perhatian bagi anda dan aplagi truknya bermuatan sangat besar, perlu ke waspadaan agar anda tidak terjadi hal yang bahaya bagi anda.

Cara Aman Nyetir Mobil Dekat Truk

Pentingnya Jaga Jarak Aman

Saat berkendara di belakang truk, penting untuk menjaga jarak aman, karena tentu saja truk memiliki titik buat yang lebih besar dibandingkan mobil.

Sopir truk tidak dapat melihat anda jika terlalu dekat, selain itu jika truk tiba-tiba berhenti, pastikan ada ruang cukup untuk menghentikan mobil agar tidak terjadi kecelakaan, ini merupakan salah Tips Aman Nyetir Mobil Dekat Truk.

Jika truk mengurangi kecepatannya, anda harus lakukan hal yang sama, selalu antisipasi perubahan kecepatan atau dari arah truk.

Pahami Titi Buta Truk

Tentu saja titik buta truklebih besar dari pada mobil, ada titik dimana mobil tidak terlihat oleh sopir trukm pastikan anda tidak berada di titk ini karena sangat berbahaya jika truk pindah jalur.

Titik buta truk berada di empat area, di depan kabin, belakang truk, kedua sisi truk kanan dan kiri, penting untuk menghindari area tersebut.

Jika anda tidak bisa melihat cermin truk, besar kemungkinan sopir truk tidak bisa melihat anda.

Penting untuk hindari berkendara di samping truk untuk waktu yang lama, agar anda tidak mengalami hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Apa Itu Blind Spot pada Mobil? Wajib Tahu

Cara Mendahului Truk dengan Aman

Pastikan jalan didepan anda memiliki cukup ruang untuk mendahului tanpa memotor jalur truk, jangan mendahului truk pada saat tikungan atau bukit.

Saat mendahului truk, gunakan kecepatan secara bertahap,selain itu anda bisa menggunakan lampu esin jika diperlukan.

Setelah mendahuui, jangan langsung untuk memotong jalur truk, pastikan anda bisa melihat truk secara penuh di cermin anda sebelum kembali ke jalur anda.

Nah kami sudah menginformasikan cara mendahului truk dengan aman, apa saja kesalahan menyetir di dekat truk.

Baca Juga: Cara Menyalip Mobil yang Benar, Ingin Coba?

Kesalahan Saat Menyetir Dekat Truk

Inilah beberapa kesalahan kecil yang dapat berakibat fatal, berikut hal yang harus diperhatikan.

  • Berkendara terlalu lama pada titik buta truk, Berkendara terlalu lama di salah satu dari titik buta ini sangat berbahaya karena sopir truk tidak dapat melihat Anda. Ini meningkatkan risiko kecelakaan.
  • Menyalip truk dari sisi kanan, Jika anda Mendahului truk dari sisi kanan sangat berisiko karena titik buta di sisi kanan truk jauh lebih besar. Sopir truk mungkin tidak menyadari keberadaan Anda, yang bisa menyebabkan kecelakaan saat truk berbelok.
  • Tidak menyesuaikan Kecepatan saat dekat truk, Truk sering kali bergerak lebih lambat daripada kendaraan lain, terutama di tanjakan atau saat membawa muatan berat. Mendekati truk dengan kecepatan tinggi tanpa menyesuaikan kecepatan dapat menyebabkan tabrakan.

Jika mobil anda mengalami penurunan performa dan tidak bisa menyalip tentu saja ada permasalahan pada mobil anda.

Ada komponen yang rusak pada kendaraan anda, tentu saja ini harus dilakukan pengecekan, silahkan datang ke bengkel spesialis mobil matic Domo Transmisi.

Dengan teknisi yang berpengalaman permasalahan pada mobil matic anda bisa diketahui secara akurat, Domo Transmisi hadir di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Reservasi sekarang juga melalui WA agar anda tidak terkena antre, Dapatkan penawaran menarik dan potongan harga sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.