Kenali 5 Bagian Komponen Transmisi Mobil Matic

Komponen Transmisi Mobil Matic

Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai mengenal Bagian Komponen Transmisi Mobil Matic. Sistem transmisi dalam mobil matic merupakan salah satu bagian penting yang bertanggung jawab atas perpindahan tenaga dari mesin ke roda penggerak.

Sistem ini terdiri dari berbagai komponen yang bekerja secara bersama-sama untuk menghasilkan perpindahan gigi yang tepat dan memberikan kenyamanan serta performa yang optimal saat mengemudi.

Bagian Komponen Transmisi Mobil Matic

Kali ini kalian akan Mengenal Komponen Sistem Transmisi Mobil, Simak disini

Torque Converter

Mengenal Komponen Sistem Transmisi Mobil yang pertama yaitu Torque converter, Ini merupakan komponen yang menghubungkan mesin dengan transmisi pada mobil matic. Fungsinya adalah mentransfer torsi yang dihasilkan oleh mesin ke transmisi melalui fluida hidraulis.

Torque converter juga berperan dalam menyediakan perlindungan dan penguatan torsi saat mobil berhenti atau melaju dalam kecepatan rendah. Komponen ini terdiri dari impeller, turbine, dan stator yang bekerja secara koordinatif untuk mengubah torsi dan memungkinkan perpindahan gigi yang halus.

Baca Juga: Pentingnya Memahami Transmisi Matic Pada Mobil Anda

Valve Body

Kemudian Mengenal Komponen Sistem Transmisi Mobil selanjutnya Valve body, ini merupakan pusat kontrol dalam sistem transmisi mobil matic. Komponen ini terletak di dalam transmisi dan berisi berbagai katup, saluran fluida, dan sensor yang mengatur tekanan dan aliran fluida dalam transmisi.

Valve body berperan penting dalam mengontrol perpindahan gigi dan menjamin perpindahan gigi yang halus dan tepat waktu. Selain itu, valve body juga berfungsi untuk mengatur pengoperasian komponen-komponen lain dalam sistem transmisi.

Baca Juga: 3 Penyebab Body Valve Mobil Matic Kotor, Wajib Diperhatikan

Planetary Gear Set

Selanjutnya Mengenal Komponen Sistem Transmisi Mobil yaitu, Planetary gear set adalah rangkaian roda gigi yang berfungsi untuk menghasilkan perpindahan gigi dalam sistem transmisi mobil matic.

Rangkaian roda gigi ini terdiri dari roda matahari (sun gear), roda planet (planet gear), dan roda pengepang (ring gear). Dengan konfigurasi ini, planet gear dapat bergerak mengelilingi roda matahari dan roda pengepang, sehingga menghasilkan perpindahan gigi yang berbeda tergantung pada kombinasi gigi yang terhubung.

Clutch Plates dan Brake Bands

Clutch plates dan brake bands merupakan komponen yang berperan dalam mengunci atau melepas perpindahan gigi dalam sistem transmisi mobil matic. Clutch plates digunakan untuk menghubungkan atau memutuskan hubungan antara roda gigi tertentu, sedangkan brake bands berfungsi untuk menghentikan putaran roda gigi tertentu. Kedua komponen ini bekerja dengan bantuan hidrolik dan kontrol elektronik untuk menghasilkan perpindahan gigi yang tepat dan responsif.

Selenoid

Tidak hanya itu Mengenal Komponen Sistem Transmisi Mobil yaitu, Solenoid valve adalah katup elektromagnetik yang mengendalikan aliran fluida dalam sistem transmisi.

Katup ini diaktifkan oleh sinyal elektronik dari unit kontrol transmisi untuk mengatur tekanan dan aliran oli yang diperlukan untuk perpindahan gigi yang diinginkan.  Solenoid valve juga berfungsi untuk mengontrol kinerja komponen-komponen lain dalam sistem transmisi dan memastikan perpindahan gigi yang lancar dan presisi.

Kemudian dalam Mengenal Komponen Sistem Transmisi Mobil yaitu Transmission Control Module (TCM) adalah modul kontrol transmisi yang berfungsi untuk mengontrol kinerja sistem transmisi berdasarkan input dari berbagai sensor. TCM memproses data sensor dan menghasilkan sinyal untuk mengatur perpindahan gigi, responsifitas, dan efisiensi sistem transmisi.

Lalu Electronic Control Unit (ECU) adalah unit kontrol elektronik yang mengatur dan mengontrol berbagai aspek dalam sistem transmisi mobil matic. ECU menerima input dari berbagai sensor seperti sensor kecepatan, sensor tekanan, sensor suhu, dan sensor posisi, lalu mengolah data tersebut untuk menghasilkan sinyal yang diperlukan untuk mengendalikan perpindahan gigi, tekanan hidrolik, dan kinerja keseluruhan sistem transmisi.

Saat ini kalian sudah mengenal komponen yang terdapat pada Transmisi Mobil Matic, Apakah kalian ingin melakukan perbaikan atau pengecekan pada Mobil Matic anda? Tenang kami akan merekomendasikan bengkel transmisi dengan rekam jejak yang sangat baik yaitu Domo Transmisi.

Sebelum datang anda bisa melakukan reservasi melalui aplikasi WhatsApp pada 0882-1244-0591 dan konsultasi terlebih dahulu bersama customer service Domo Transmisi. Mengingat permasalahan pada transmisi harus diatasi dengan mekanik yang berpengalaman.

Ayo hubungi Domo Transmisi sekarang juga! Karena jika  beruntung, anda bisa mendapatkan diskon atau potongan harga  menarik sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku!

Dengan memahami berbagai komponen dalam sistem transmisi mobil matic, Anda dapat memiliki pengetahuan yang lebih baik mengenai bagaimana sistem ini bekerja dan berinteraksi satu sama lain.

Penting bagi Anda untuk melakukan perawatan dan servis rutin untuk menjaga kondisi dan performa sistem transmisi agar tetap optimal  Jika Anda mengalami masalah dengan transmisi mobil matic, sebaiknya menghubungi bengkel yang ahli dalam perawatan dan perbaikan transmisi untuk memperoleh solusi yang tepat.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.