Ini Dia 5 Ciri Valve Body Mobil Rusak

ciri valve body mobil rusak

Valve body merupakan bagian vital dari sebuah sistem transmisi otomatis pada mobil matic. Komponen ini berfungsi sebagai pusat pengaturan aliran cairan hidrolik dalam transmisi.

Seperti halnya bagian-bagian mobil lainnya, valve body juga rentan mengalami kerusakan akibat berbagai faktor, seperti pemakaian yang berlebihan, keausan, atau bahkan faktor usia.

Lantas, bagaimana cara mengenali ciri valve body mobil rusak?

Ciri Valve Body Mobil Rusak

Berikut adalah 5 (lima) ciri dari valve body mobil matic yang mengalami kerusakan:

1. Perpindahan Gigi yang Tidak Lancar

Ciri utama dari valve body mobil yang rusak dapat dirasakan ketika Anda memindahkan gigi. Apabila proses perpindahan gigi transmisi tidak lancar, maka ini dapat menjadi indikasi adanya masalah pada valve body mobil Anda.

Proses perpindahan gigi yang tidak lancar dapat terjadi karena adanya gangguan dalam aliran cairan hidrolik yang diatur oleh valve body.

Ketika valve body mengalami kerusakan atau keausan, kemampuannya untuk mengatur tekanan dan aliran cairan hidrolik menjadi terganggu, sehingga dapat menyebabkan perpindahan gigi yang kasar atau terasa seperti terguncang saat berpindah gigi.

2. Mesin Terasa Kurang Tenaga

Selain perpindahan gigi yang tidak lancar, ciri valve body mobil rusak juga dapat menyebabkan mesin terasa kurang bertenaga.

Ini disebabkan oleh penundaan atau ketidakmampuan transmisi untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda secara efisien karena aliran oli yang tidak terkontrol dengan baik.

Sebagai contoh, jika valve body mengalami kebocoran atau terdapat gangguan pada aliran cairan hidrolik, tekanan yang diperlukan untuk memindahkan gigi-gigi transmisi dapat tidak tercapai secara optimal.

Akibatnya, mesin perlu bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang sama, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan performa mesin secara keseluruhan.

3. Konsumsi Bahan Bakar Boros

Ciri valve body mobil rusak lainnya yang bisa Anda rasakan adalah konsumsi bahan bakar yang terasa lebih boros dari biasanya.

Meskipun banyak faktor yang dapat memengaruhi konsumsi bahan bakar mobil, valve body yang rusak dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Ketika valve body tidak berfungsi dengan baik, transmisi tidak dapat beroperasi dengan efisiensi maksimal, sehingga meningkatkan beban kerja mesin dan mengurangi efisiensi bahan bakar.

Jika Anda mulai melihat peningkatan yang signifikan dalam konsumsi bahan bakar mobil Anda tanpa adanya perubahan dalam gaya mengemudi atau kondisi jalan, maka hal ini mungkin menjadi tanda bahwa valve body mobil Anda mengalami masalah.

4. Akselerasi Lebih Lambat

Selain itu, ciri valve body mobil yang rusak juga dapat menyebabkan akselerasi yang lebih lambat dari biasanya. Ketika valve body tidak dapat mengatur perpindahan gigi dengan efisien, mobil mungkin akan merasa lebih lambat dalam menanggapi tekanan gas yang diberikan.

Ini bisa terjadi karena transmisi tidak dapat menyesuaikan perpindahan gigi dengan kebutuhan tenaga mesin, sehingga mengakibatkan penundaan dalam akselerasi.

Jika Anda mulai merasakan bahwa mobil Anda merespons lebih lambat dari biasanya saat menekan pedal gas, maka hal ini mungkin menjadi tanda bahwa valve body mobil Anda membutuhkan perhatian lebih.

Ciri valve body mobil rusak lainnya adalah akselerasi yang lebih lambat. Hal ini disebabkan oleh aliran oli yang tidak tepat ke kopling dan rem, sehingga mobil membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai kecepatan yang diinginkan.

5. Transmisi Terasa Keras Ketika Dipindahkan

Terakhir, transmisi yang terasa keras atau kasar ketika dipindahkan juga dapat menjadi ciri valve body mobil mengalami masalah.

Valve body yang rusak atau aus mungkin tidak dapat mengatur perpindahan gigi dengan mulus, yang dapat menyebabkan transmisi terasa keras atau terdengar suara gemeretak saat berpindah gigi.

Hal ini biasanya terjadi karena adanya gesekan yang tidak normal antara komponen-komponen transmisi akibat ketidakmampuan valve body untuk mengatur aliran cairan hidrolik dengan baik.

Jika Anda merasakan transmisi terasa keras atau sulit dipindahkan, ini bisa menjadi ciri valve body mobil rusak.

Hal ini terjadi karena valve body tidak dapat mengontrol aliran oli dengan baik, sehingga tekanan oli di dalam transmisi menjadi tidak seimbang.

Baca Juga: 3 Bengkel Honda Ferio Matic Terpercaya di Jakarta

Punya Masalah pada Valve Body Mobil Matic? Bawa ke Domo Transmisi Aja, Pasti Beres!

Teruntuk Anda yang merasakan ciri valve body rusak seperti yang telah disampaikan di atas, segera bawa ke Domo Transmisi agar!

Kami adalah bengkel spesialis mobil matic yang telah terakreditasi dengan sertifikasi ISO 9001:2015. Ini menandakan komitmen kami untuk memberikan layanan berkualitas tinggi kepada para pelanggan kami.

Sebagai bengkel yang telah berpengalaman dan terpercaya, kami siap mengatasi berbagai masalah yang terkait dengan transmisi mobil matic, termasuk masalah pada valve body.

Kami memiliki tim mekanik yang telah terlatih dan berpengalaman dalam melakukan diagnosis, perbaikan, dan perawatan transmisi mobil matic.

Mereka juga dilengkapi dengan peralatan dan teknologi terkini, sehingga mereka akan memberikan solusi yang cepat, tepat, dan efisien, untuk memastikan transmisi mobil matic Anda kembali berfungsi optimal.

Jadi, jika Anda mengalami merasakan ciri valve body mobil matic rusak, jangan ragu untuk membawanya ke Domo Transmisi!

Hubungi kami melalui WhatsApp di nomor 0882-1244-0591 atau klik link berikut ini!

Bengkel Domo Transmisi berlokasi di Jl. Pegangsaan Dua No.88d, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Demikianlah informasi mengenai ciri valve body mobil rusak yang perlu Anda ketahui.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik profesional jika Anda mencurigai adanya masalah dengan valve body mobil Anda, karena perbaikan yang tepat waktu dapat membantu mencegah kerusakan yang lebih serius dan biaya perbaikan yang lebih besar di kemudian hari.

Eky Muhammad

Eky Muhammad

Penulis yang hobi menuangkan ide dan opini seputar politik dan olahraga. Kini aktif menulis konten mengenai dunia otomotif.
Eky Muhammad

Eky Muhammad

Penulis yang hobi menuangkan ide dan opini seputar politik dan olahraga. Kini aktif menulis konten mengenai dunia otomotif.