Mudah! Begini 4 Cara Mengatasi Rem Mobil Panas

Cara Mengatasi Rem Mobil Panas

Untuk pengguna mobil Cara Mengatasi Rem Mobil Panas? Tentu saja ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mendinginkan pengereman mobil.

Rem mobil yang panas bisa disebabkan oleh beberapa hal, apa saja yang bisa menjadi penyebabnya?

Penyebab Rem Mobil Panas

 

  • Gunakan Rem secara berlebihan, Jika anda sering menggunakan rem secara berlebihan dalam waktu yang singkat, hal ini dapat mengakibatkan panas berlebih pada rem. Pengereman yang terlalu sering dapat mengakibatkan gesekan yang sangat tinggi dan meningkatkan panas pada kompenen rem.
  • Rem macet atau kotor, Jika rem mobil terdapat kotoran seperti debu, kotoran atau minak rem yang kurang, hal ini dapat mengakibatkan panas berlebih. Kotoran ini menyebabkan panas berlebih pada komponen rem dan meningkatkan terjadi overheat.
  • Komponen Rem Rusak, Jika komponen pada rem mengalami kerusakan, mulai dari kampas, piringan atau diskbrake yang perlu diganti. Jika komponen ini tidak berfungsi dengan baik, tentu saja dapat menyebabkan gesekan berlebihan dan panas berlebih pada sistem rem.
  • Minyak Rem Kotor, Minyak rem yang kotor atau tidak berkualitas rendah dapat menjadi penyebab rem mobil panas. Jika minyak rem tidak berkualitas, hal ini dapat mengakibatkan peningkatan suhu yang berlebih pada komponen rem.

Baca Juga:  Efek Suhu Rem Cakram Mobil Panas, Jangan Sepelekan

Cara Mengatasi Rem Mobil Panas

Jika rem mobil Anda mengalami panas berlebih, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mendinginkan sistem rem

Berhenti dan Istirahat

Salah Cara Mengatasi Rem Mobil Panas yaitu, Segera berhenti dan biarkan mobil istirahat setidaknya selama 15-30 menit. Pastikan untuk memarkir mobil di tempat yang aman.

Jika anda terus berkendara saat rem mobil panas, tentu saja akan membahayakan anda dan pengguna jalan lainnya.

Tidak Menginjak Rem

Jangan melakukan dan hindari menggunakan rem lebih lanjut jika mungkin. Anda bisa menggunakan gigi rendah untuk mengurangi beban berlebih pada sistem rem.

Kurangi kecepatan segera mungkin, hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Semprotkan Air

Jika perlu anda bisa menyemprotkan air ke bagian cakram rem secara perhalan. Jangan menyemprot air tekanan besar, hal ini bisa merusak komponen rem itu sendiri.

Tentu saja ini berisiko menyebabkan karat pada komponen rem mobil anda, jika tidak perlu sebaiknya jangan dilakukan.

Periksa Minyak Rem

Langkah terakhir dalam Cara Mengatasi Rem Mobil Panas, Anda bisa memeriksa level minyak rem, Jika level rendah atau sedikit, anda bisa menambahkan cairan rem sesuai dengan ukuran

Pastikan cairan rem yang digunakan sesuai dengan spesifikasi produsen, hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Dampak dan Akibat Minyak Rem Mobil Kurang

Hal yang bisa Terjadi Jika Rem mobil Panas tetap dijalankan.

  • Pengereman tidak Berfungsi, hal yang bisa terjadi jika rem mobil panas tetap dijalankan yaitu pengereman akan menurun secara signifikan, hal ini bisa menyebabkan kecelakaan.
  • Getaran pada Rem, Panas yang berlebih pada rem bisa menyebabkan getaran saat melakukan pengereman dan tentunya akan mengurangi efisiensi pengereman.
  • Umur pakai komponen rem berkurang, tahukah anda jika mengalami permasalahan ini, tentu saja umur penggunaan komponen rem akan berkurang.

Itulah beberapa Penyebab, Hal yang bisa terjadi jika rem mobil panas, dan Cara Mengatasi Rem Mobil Panas anda bisa menerapkannya pada kendaraan anda.

Jika anda pemilik mobil matic dan sedang mengalami gangguan pada kendaraan anda, seperti perpindahan gigi yang kasar atau bunyi tidak wajar, anda bisa datang ke Domo Transmisi yang saat ini berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dengan datang ke Domo Transmisi, teknisi kami akan melakukan perbaikan sesuai dengan prosedur yang berlaku, dan tentunya Domo Transmisi memberikan garansi 6 bulan atau setara 20.000 km.

Reservasikan kedatangan anda melalui WhatsApp agar anda tidak terkena antre, CS kami akan memberikan solusi terbaik untuk permasalahan mobil anda.

Domo Transmisi ahlinya perbaikan mobil matic sejak 2015, jadi anda tidak perlu ragu untuk melakukan perbaikan bersama kami. Kami mengharikan paket perawatan matic jet clean yaitu cleaning selenoid dan body valve, anda bisa mencobanya jika mengalami keluhan pada mobil matic.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.