Begini Cara Melihat Dipstick pada Oli Transmisi

Cara Melihat Dipstick pada Oli Transmisi

Dipstick oli transmisi adalah sebuah batang pengukur yang digunakan untuk memeriksa level dan kualitas oli transmisi di dalam sistem transmisi kendaraan Anda.

Pada umumnya Dipstick oli terbuat dari logam atau plastik dan memiliki tanda-tanda yang menunjukkan level oli yang ideal.

Kenapa penting untuk melihat Dipstick secara berkala? Hal ini untuk pengecekan oli transmisi secara berkala guna menghindari kerusakan lebih parah.

Selain itu Oli Transmisi yang baik akan membantu transmisi bekerja lebih efisien, yang pada akhirnya akan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Cara Melihat Dipstick pada Oli Transmisi

Seperti apa Cara Melihat Dipstick pada Oli Transmisi, Simak disini.

  1.  Persiapkan kendaraan Mobil

Pertama-tama, parkirkan kendaraan Anda di permukaan yang datar. Ini penting untuk mendapatkan pembacaan yang akurat.
Selanjutnya, nyalakan mesin dan biarkan selama 5-10 menit agar oli transmisi mencapai suhu operasional. Jika Anda memeriksa saat mesin dingin, hasilnya tidak akan akurat.

  1. Cari dan Temukan Dipstick

Setelah membuka kap mesin, carilah dipstick oli transmisi. Biasanya, dipstick ini berwarna merah atau kuning untuk memudahkan identifikasi.

Tarik dipstick keluar dengan hati-hati, kemudian bersihkan menggunakan kain atau lap bersih.

Masukkan kembali dipstick ke dalam tabungnya, pastikan sudah masuk sepenuhnya, lalu tarik lagi untuk memeriksa level oli.

Anda bisa menggunakan sarung tangan agar tangan kalian tidak terkena oli dan jangan menarik terlalu keras karena menyebabkan oli tumpah dan kotori sekitar area mobil.

Baca Juga: Pentingnya Mengganti Oli Transmisi Secara Berkala

  1. Baca Hasil Dipstick

Membaca hasil Dipstick adalah langkah paling penting ini mengetahui apakah oli transmisi masih kondisi baik atau minta diganti.

Setelah menarik dipstick, perhatikan tanda-tanda pada batang pengukur.

Biasanya akan ada dua tanda: “MIN” dan “MAX.” Jika level oli berada di antara dua tanda ini, Anda aman.

Jika di bawah “MIN,” Anda perlu menambahkan oli. Selain itu, perhatikan juga warna dan bau oli.

Jika warnanya sudah gelap atau ada bau terbakar, itu tanda oli perlu diganti.

Nah saat ini kalian sudah mengetahui Cara Melihat Dipstick pada Oli Transmisi, jika kalian masih bingung dan ragu untuk mengeceknya sendiri kami sarankan kepada anda untuk bawa mobil matic ke bengkel spesialis.

Datanglah ke Bengkel Mobil Domo Transmisi.

Jika mobil anda sudah melewati 20.000km atau kendaraan digunakan sehari-hari, sebaiknya harus di sering dicek agar performa mobil anda tetap prima.

Kami sarankan kepada anda untuk segera datang ke bengkel Domo Transmisi yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara.

Oli yang berkurang akan berdampak buruk jika terus diabaikan, hal ini dapat berakibatkan kerusakan pada komponen.

Maka dari itu, kami sarankan kepada anda untuk segera melakukan reservasi pada nomor 0882.1244.0591 (WA) agar tidak terkena antre atau anda bisa melakukan konsultasi pad nomor tersebut.

Tidak inginkan karena oli yang kurang mobil matic anda mengalami kerusakan yang cukup parah, oleh karena itu anda bisa melakukan perbaikan bersama Domo Transmisi.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.