Cara Ketahui Usia Pakai Torque Converter di Mobil Matic

Cara Ketahui Usia Pakai Torque Converter

Torque Converter merupakan komponen yang penting pada bagian transmisi mobil matic, Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan mesin dan transmisi.

Seiring perkembangan zaman, Torque Converter telah memiliki banyak fitur dan memiliki usai pakai.

Mungkin sebagai pengguna mobil matic, anda harus mengetahui Cara Ketahui Usia Pakai Torque Converter agar performa mobil anda tetap berada di performa terbaiknya.

Torque Converter menggunakan prinsip hidrodinamika untuk mentransfer tenaga dari mesin ke transmisi.

Ini dilakukan melalui serangkaian turbin dan stator yang berputar dan saling berinteraksi.

Tanda-Tanda Torque Converter Bermasalah

Sebelum mengetahui cara mengetahui usia pakai torque converter, anda harus ketahui tanda torque converter mengalami permasalahan.

  1. Getaran pada Mobil Matic

Getaran pada mobil matic bisa menjadi tanda ada sesuatu yang salah dengan Torque Converter Anda.

Getaran ini bisa dirasakan melalui pedal gas, setir, atau bahkan seluruh bodi mobil.

Ini bisa disebabkan oleh banyak hal, tetapi jika getaran ini terjadi secara konsisten atau semakin memburuk, sebaiknya segera periksa Torque Converter Anda.

Getaran ini bisa disebabkan oleh masalah pada turbin, stator, atau komponen lain di dalam Torque Converter.

  1. Suara Berisik

Suara berisik pada mobil matic anda bisa jadi tanda-tanda torque converter bermasalah, ini bisa menunjukkan bahwa ada komponen torque converter yang sudah aus atau minta diganti.

Suara ini biasanya akan semakin keras saat Anda menginjak gas atau berada dalam kecepatan tinggi.

Jika Anda mendengar suara ini, segera periksa dan tentukan apakah masalahnya berasal dari Torque Converter atau komponen lain.

Baca Juga: 7 Penyebab Mobil Transmisi Matic Bersiul & Cara Mengatasinya

  1. Pindah Gigi yang tidak Tepat

Kesulitan saat mengganti gigi bisa menjadi tanda yang cukup serius.

Ini bisa disebabkan oleh masalah pada kopling di dalam Torque Converter, atau bisa juga karena fluida transmisi yang sudah kotor atau berkurang.

Jika masalah ini terjadi, performa mobil Anda akan terpengaruh dan ini bisa menjadi masalah yang serius jika dibiarkan.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami masalah saat mengganti gigi, segera periksa Torque Converter Anda.

Nah saatnya masuk kedalam Cara Mengetahui Usia Pakai Torque Converter pada mobil matic, apa saja yang harus diperhatikan?

Cara Ketahui Usia Pakai Torque Converter

  • Cek Riwayat Service, Mengapa riwayat servis penting? Karena dari sini Anda bisa melihat kapan terakhir kali Torque Converter Anda diperiksa atau diganti. Riwayat servis adalah dokumen yang sangat berharga dalam menentukan usia pakai dari komponen apa pun di mobil Anda, termasuk Torque Converter. Jika Anda membeli mobil bekas, pastikan untuk meminta riwayat servis dari pemilik sebelumnya.

 

  • Periksa Bagian Transmisi, Anda bisa membuka kap mesin dan melihat langsung kondisi Torque Converter. Apakah ada tanda-tanda keausan seperti karat, retak, atau bocor? Jika ya, ini bisa menjadi tanda bahwa Torque Converter Anda sudah cukup tua dan mungkin memerlukan perbaikan atau penggantian.

 

  • Konsultasi dengan ahli, anda bisa melakukan konsultasi bersama ahli transmisi dengan menggunakan peralatan canggih agar mengetahui usia pakai torque converter. Anda bisa melakukannya bersama teknisi Domo Transmisi.

Torque Converter Mobil Matic anda bermasalah?

Jika anda mengalami permasalahan pada mobil matic atau bagian komponen lainnya, silahkan datang ke Domo Transmisi.

Dengan teknisi yang memiliki rekam jejak yang sangat baik anda bisa langsung datang ke bengkel kami Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara.

Apabila anda mengalami tanda-tanda permasalahan pada mobil matic, sebaiknya segera mungkin untuk bawa mobil anda ke Domo Transmisi.

Ingin datang ke Domo Transmisi? Tetapi malas antre? Anda bisa melakukan reservasi pada nomor 0882:1244:0591.

Reservasi sekarang juga dapatkan penawaran menarik dan potongan harga sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan perbaikan bersama Domo Transmisi, karena teknisi kami telah dilengkapi peralatan canggih jadi tunggu apalagi Datanglah ke Domo Transmisi.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
Scroll to Top