Bahaya Penggunaan Overdrive pada Mobil Matic, Temukan Disini

Bahaya Penggunaan Overdrive pada Mobil Matic

Kali ini kita akan membahas mengenai bahaya penggunaan Overdrive pada mobil matic.

Tapi sebelum membahas lebih dalam,  kalian pada tahu gak arti dari overdrive?

Overdrive yaitu saat kamu lagi ngebut di jalan tol atau jalanan bebas hambatan, overdrive ini ngebantu banget.

Hal ini bikin mesin mobilmu nggak kerja terlalu keras, jadi lebih hemat bahan bakar dan bikin kabin jadi lebih adem.

Meskipun punya banyak manfaat, tapi kita juga harus tau risikonya dalam menggunakan Overdrive pada mobil matic.

Bahaya Penggunaan Overdrive pada Mobil Matic

Nah, ngomongin soal kesadaran tadi, kami akan membahas Bahaya Penggunaan Overdrive pada Mobil Matic, simak disini

  1. Gangguan pada Transmisi

Ketika kamu nyalain overdrive terus menerus, tanpa peduli kondisi jalan atau kemiringan.

Nah, ini bisa bikin kinerja transmisi jadi terganggu, loh. Mobilmu bisa aja bingung harus pindah gigi atau enggak, akhirnya malah bikin mesin dan komponen lain jadi stres berat.

Jangan sampai kamu menyalakan Overdrive terus menerus yah, sebaiknya pergunakan secara bijak.

Baca Juga: Apa Saja Gangguan Transmisi Mobil Matic? Simak Disini

  1. Transmisi Rusak

Overdrive yang diaktifin saat kamu lagi bawa beban berat, misalnya lagi bawa banyak penumpang atau bagasi, bisa nambah risiko rusaknya komponen transmisi.

Overdrive itu emang cocok buat kecepatan konstan, bukan buat tugas berat seperti menarik beban besar.

Jadi, ada baiknya kita nggak terlalu asal tekan tombol overdrive kalau situasinya nggak mendukung, ya.

  1. Berpengaruh terhadap Bensin dan Oli

Penggunaan Overdrive yang nggak dipake dengan bijak bisa bikin efisiensi bahan bakar jadi berantakan.

Meskipun penggunaan overdrive bisa hemat bensin, tapi kalau digunakan terus-menerus di jalan perkotaan yang sering berhenti, bisa-bisa efek hemat bensinnya malah hilang.

Selain itu, penggunaan yang nggak bijak juga bisa bikin oli transmisi cepat habis.

Nah saat ini kalian sudah mengetahui Bahaya Penggunaan Overdrive pada Mobil Matic, kami juga akan memberikan tanda penggunaan Overdrive tidak optimal.

Yang pertama kalau biasanya mobil maticmu punya akselerasi yang halus dan tenang, tapi tiba-tiba kamu merasa ada guncangan atau gejala aneh saat Overdrive aktif, itu bisa jadi pertanda ada masalah.

Kemudian apabila mobil terasa enggak responsif saat menanjak atau saat ingin melakukan percepatan.

Atau mungkin, kamu mendengar suara aneh dari mesin atau transmisi saat overdrive diaktifkan.

Hal ini menandakan penggunaan Overdrive pada mobil kamu tidak sesuai.

Sebaiknya kamu bisa menggunakan overdrive saat membawa mobil kamu di jalan tol atau jalan yang lancar.

Penggunaan overdrive yang tidak tepat bisa berdampak pada keamanan berkendara.

Dengan paham tentang overdrive dan kapan harus menggunakannya, kamu bisa lebih waspada dan mengelola risiko di jalan.

Nah apakah saat ini kalian sering menggunakan Overdrive pada Mobil Matic?

Namun kendaraan anda saat ini mengalami permasalahan ketika menggunakan fitur tersebut.

Kami sarankan kepada anda, untuk segera membawa mobil matic kamu ke Bengkel Spesialis Mobil Matic. 

Domo Transmisi yang memiliki teknisi berpengalaman siap mendengarkan keluhan anda terkait mobil matic.

Jangan sampai kerusakan yang terjadi pada mobil matic kamu diabaikan atau ditunda perbaikannya.

Kamu bisa langsung datang ke Domo Transmisi yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara.

Ingin datang tapi malas antre atau ingin melakukan konsultasi terlebih dahulu? Silahkan hubungi nomor 0882-1244-0591.

Overdrive itu bukan tombol yang harus ditekan setiap saat. Kalau kamu mau melakukan akselerasi mendadak atau menanjak, matikan overdrive agar mesin dan transmisi siap memberikan daya maksimal.

Kalau merasakan gangguan dan guncangan saat overdrive aktif silahkan datang ke Domo Transmisi.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.