Apa itu Kekentalan Oli Pada Mobil Matic?

Apa itu Kekentalan Oli

Kekentalan oli pada mobil matic merupakan peran yang penting untuk menjaga performa dan keawetan mesin.

Hal ini sering diabaikan oleh pemilik mobil matic, Lalu apa itu Kekentalan Oli pada mobil matic?

Apa itu Kekentalan Oli Pada Mobil Matic?

Kekentalan Oli merupakan ukuran resistensi pada cairan terhadap aliran, kekentalan mengacu pada seberapa cepat oli dapat mengalir.

Oli yang terlalu kental akan mengalir lebih lamat dibandingkan dengan oli yang encer.

Kekentelan oli sangat penting karena mempengaruhi peluman, perlindungan dan pendinginan mesin mobil.

Sebagai pemilik mobil, penting untuk mengetahui kekentalan oli untuk penting karena oli dengan kekentalan yang salah dapat menyebabkan masalah pada mesin.

Baca Juga: 6 Jenis Oli Transmisi Matic yang Bagus Murah 

Jika Oli yang terlalu kental mungkin tidak akan mengalir dengan baik, sedangkan oli yang terlalu encer mungkin tidak akan memberikan perlindungan yang cukup antar gesekan komponen mesin.

Kekentalan oli juga mempengaruhi suhu, pada suhu panas oli cenderung lebih encer, sedangkan suhu rendah oli akan menjadi lebih kental.

Penting untuk memilih kekentalan oli yang tepat, terutama negara yang memiliki cuara panas seperti Indonesia.

Oli pada mobil matic memiliki kekentalan yang berbeda dengan oli mobil manual, Oli ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan transmisi otomatis, yang memiliki komponen dan mekanisme yang berbeda dengan transmisi manual.

Jika anda menggunakan salah kekentalan oli pada mobil matic, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada transmisi dan komponen lainnya.

Dan tentunya ini dapat mengakibatkan performa mobil menurun, selain itu konsumsi bahan bakar akan boros, dan umum mesin bisa menjadi lebih pendek.

Mitos dan Fakta tentang Kekentalan Oli Mobil Matic

Inillah beberapa faktor mitos dan fakta tentang kekentalan oli mobil matic.

  • Mitos Oli Lebih kental lebih baik, Banyak yang beranggapan bahwa oli yang lebih kental selalu lebih baik karena dapat memberikan perlindungan lebih terhadap gesekan. Namun, ini adalah mitos, Jika Oli terlalu kental dapat menghambat aliran oli.

  • Fakta Kekentalan Oli Berpengaruh pada efisiensi bahan bakar, Oli dengan kekentalan yang tepat dapat mengurangi gesekan antar komponen mesin, sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

  • Mitos Semua Mobil Matic kekentalan Sama, Setiap mobil matic memiliki kebutuhan oli yang berbeda-beda, tergantung pada desain dan spesifikasi mesin. Oleh karena itu, penting untuk selalu melihat buku manual kendaraan.

Ingin Mengukur kekentalan oli mobil matic?

Anda bisa menggunakan Alat ukur viskositas adalah alat yang dirancang khusus untuk mengukur kekentalan oli.

Alat ini dapat memberikan informasi akurat mengenai kekentalan oli.

Jangan sampai anda mengalami oli mobil matic yang gosong, anda bisa melakukan penggantian oli transmisi dan mobil matic bersama domo transmisi.

silahkan datang ke Bengkel Spesialis Domo Transmisi, anda bisa melakukan reservasi melalui WA agar tidak terkena antre.

Jangan sampai salah memilih kekentalan pada oli mobil matic, anda bisa datang ke Domo Transmisi.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.