8 Penyebab Mobil Matic Mogok, Nomor 3 Sering Diabaikan

8 Penyebab Mobil Matic Mogok, Nomor 3 Sering Diabaikan

Mobil matic merupakan jenis kendaraan yang menggunakan transmisi otomatis untuk mengubah transmisi roda gigi. Mobil jenis ini mudah digunakan, karena tidak perlu menggunakan kopling untuk beralih antara gigi. Meskipun mobil matic memiliki keuntungan dalam hal kenyamanan berkendara, namun juga rentan terhadap masalah yang dapat menyebabkan mobil matic mogok.

Mogok mobil matic dapat disebabkan oleh berbagai masalah, seperti kerusakan pada sistem transmisi, kebocoran minyak, banjir, atau bahkan karena kelebihan beban. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan mengenai delapan penyebab mobil matic mogokl yang mungkin sebenarnya sudah anda temukan tandanya, akan tetapi anda abaikan.

8 Penyebab Mobil Matic Mogok

Mobil matic mogok adalah masalah yang sering terjadi pada mobil yang menggunakan transmisi otomatis. Mobil ini bisa mengalami masalah karena berbagai hal, mulai dari masalah mekanis hingga masalah yang melibatkan kontrol sistem transmisi.

Mobil matic mogok dapat menghambat kinerja mobil dan membuatnya menjadi lebih lambat. Oleh karena itu kenali penyebab mobil matic mogok berikut ini:

  1. Minyak Gearbox atau ATF yang Bermasalah, Oli gearbox atau ATF yang bermasalah dapat menyebabkan mobil matic mogok. Ini bisa terjadi karena minyak gearbox atau ATF yang sudah lama tidak diganti, sehingga mengakibatkan minyak tersebut menjadi kotor dan berwarna gelap.
  2. Sensor dan Komponen Eletronik Rusak, Sensor dan komponen elektronik yang rusak dapat mengakibatkan mobil matic mogok. Beberapa masalah yang dapat disebabkan oleh komponen elektronik yang rusak adalah seperti tekanan oli yang tidak sesuai, tekanan kopling yang tidak sesuai, dan lain sebagainya.
  3. Kerusakan pada Komponen Mekanik, Kerusakan pada komponen mekanik dapat menyebabkan mobil matic mogok. Beberapa komponen mekanik yang dapat rusak adalah transmisi, converter power, dll.
  4. Tekanan Oli yang Tidak Sesuai,  Tekanan oli yang tidak sesuai dapat menyebabkan mobil matic mogok. Ini dapat disebabkan oleh minyak gearbox atau ATF yang kotor dan kurang sesuai.
  5. Pemasangan Komponen yang Salah, Pemasangan komponen yang salah dapat menyebabkan mobil matic mogok. Misalnya, salah satu komponen pada transmisi mungkin telah dipasang dengan salah.
  6. Gasket dan Selang Oli Rusak, Gasket dan selang oli yang rusak dapat menyebabkan mobil matic mogok. Ini disebabkan oleh kebocoran minyak yang dihasilkan oleh selang atau gasket yang rusak.
  7. Perangkat Lunak atau Program yang Salah , Perangkat lunak atau program yang salah dapat menyebabkan mobil matic mogok. Misalnya, jika Anda menggunakan program yang salah untuk mengatur transmisi maka mobil matic dapat mengalami masalah.
  8. Overheating, Overheating dapat menyebabkan mobil matic mogok. Ini dapat terjadi karena minyak gearbox atau ATF yang sudah lama tidak diganti, sehingga menyebabkan minyak tersebut menjadi terlalu panas.

Ada 8 penyebab mobil matic mogok, yaitu: minyak gearbox atau ATF yang bermasalah, sensor dan komponen elektronik yang rusak, kerusakan pada komponen mekanik, tekanan oli yang tidak sesuai, pemasangan komponen yang salah, gasket dan selang oli yang rusak, perangkat lunak atau program yang salah, dan overheating.

BACA JUGA: 10 Cara Merawat Transmisi Matic dan Biaya Perawatan Terbarunya

Solusi Mobil Matic Mogok yang Bisa Anda Lakukan

  • Periksa kondisi oli, Oli mesin bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan antara lubrikasi dan pendinginan. Jika kondisi oli tidak memadai, mesin matic Anda akan mengalami kerusakan dan akan mogok. Pastikan untuk memeriksa tingkat oli secara teratur.
  • Periksa kondisi filter oli,  Filter oli menyaring partikel-partikel yang menempel di oli mesin. Jika filter oli sudah penuh, mesin matic Anda dapat menjadi tidak efisien atau bahkan mogok. Pastikan untuk memeriksa filter oli secara teratur dan ganti jika diperlukan.
  • Periksa kondisi katup,  Katup berfungsi untuk mengatur aliran bahan bakar dan udara ke mesin. Jika katup tidak berfungsi dengan baik, mesin matic Anda akan mengalami kerusakan dan akan mogok. Pastikan untuk memeriksa dan melakukan perawatan pada katup secara teratur.
  • Periksa kondisi kabel,  Kabel-kabel yang rusak dapat menyebabkan mesin matic Anda mogok. Pastikan untuk memeriksa semua kabel untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik.
  • Ganti oli mesin, Oli mesin yang lama dapat menyebabkan mesin matic Anda mogok. Oleh karena itu, penting untuk mengganti oli mesin secara teratur.

Kesimpulannya, untuk mencegah mesin matic Anda dari mogok, penting untuk selalu memeriksa kondisi oli, filter oli, katup, kabel dan juga untuk mengganti oli mesin secara teratur. Semua hal ini akan membantu Anda menjaga kinerja mesin matic Anda.

Sebelum Mogok, Yuk Service ke DOMO TRANSMISI!

Sebelum melakukan servis ke DOMO TRANSMISI, Anda dapat menghubungi mereka melalui WhatsApp. Anda dapat mengirim pesan ke nomor WhatsApp 0882-1244-0591 atau melalui link berikut. mereka dengan menyertakan rincian dari masalah yang Anda alami dan jenis transmisi yang Anda miliki.

Ketika Anda mengirim pesan, DOMO TRANSMISI akan mengonfirmasinya dan mengirimkan rincian informasi tambahan yang dibutuhkan untuk membuat servis. Mereka akan menanyakan jenis transmisi yang Anda miliki, lokasi pemilik kendaraan, jenis perbaikan yang diperlukan, dan kapan Anda dapat menghadirkan kendaraan Anda ke lokasi servis.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain, Anda dapat menghubungi DOMO TRANSMISI melalui nomor WhatsApp mereka. Setelah itu, mereka akan mengirimkan informasi servis dan jadwal servis. Jadwal servis akan ditentukan berdasarkan lokasi, ketersediaan teknisi, dan masalah yang Anda alami. Setelah Anda menerima jadwal servis, Anda dapat menghadirkan kendaraan Anda ke lokasi servis untuk memulai servis.

Rani Sulistianti

Rani Sulistianti

Rani Sulistianti

Rani Sulistianti