Fungsi Sensor TPS pada Mobil dan Cara Kerjanya

Fungsi Sensor TPS pada Mobil dan Cara Kerjanya

Saat berbicara mengenai sensor pada kendaraan, mungkin ada salah satunya yang sensor tps pada Mobil dan Bagaimana cara kerjanya?

Sensor TPS berfungsi untuk mengefisiensi mesin, sensor TPS atau Throttle Position Sensor merupakan komponen sangat penting pada kendaraan anda.

Fungsi Sensor TPS pada Mobil

Sensor TPS pada sistem injeksi mobil sangatlah penting, komponen ini sebagai penghubung langsung dengan pedal gas.

Saat anda menginjak gas, sensor TPS akan memberikan informasi mengenai sejauh mana anda membuka throttle di manifold.

Komponen ini akan digunakan oleh sistem kontrol mesin untuk menentukan jumlah bensin yang perlu disemprotkan ke ruang bakar.

Salah satu aspek terpenting pada sensor TPS adalah berkontribusi untuk mengigkatkan efisiensi bensin.

Dengan kata lain, sensor TPS adalah mata yang memandang seberapa banyak “napas” mesin dibuka, memastikan keseimbangan sempurna antara udara dan bahan bakar.

Selain itu Sensor TPS memastikan bahwa jumlah bahan bakar yang disemprotkan sesuai dengan kebutuhan mesin, menghindari pemborosan bensin.

Baca Juga: Alami Sensor Transmisi Mobil Matic Rusak? Gejala dan Solusinya

Proses Kerja Sensor TPS pada Mobil

Bagaimana cara kerja sensor TPS pada Mobil? Saat anda menginjak pedal gas, sensor ini akan mengukur untuk 0membuka throttle dan kemudian akan mengirimkan infomasi tersebut ke sinyal listrik.

Sinyal inilah yang akan dikirimkan ke unitkontrol mesin untuk diartikan. Dengan respon yang cepat dan akurat, sensor TPS dapat memastikan perubahan dalam waktu yang singkat.

Tahukah anda bahwa sensor TPS pada mobil juga bisa mengalami kerusakan, sama seperti komponen lainnya, penting untuk mengenai tanda kerusakan.

Tanda Kerusakan pada Sensor TPS pada Mobil

Sensor TPS pada mobil juga bisa mengalami kerusakan, apa saja tanda-tanda dari komponen ini?

  • Bensin Mobil Boros, Salah satu tanda dari sensor tps mobil yang rusak adalah peningkatan konsumsi bensin yang signifikan, hal ini karena disebabkan karena sistem injeksi memberikan informasi yang tidak akurat.
  • Respons yang tidak normal, saat anda menginjak pedal gas, mobil akan mengalami delay sebentar tentu saja ini karena sensor tps yang mengalami kerusakan, penting untuk diingat bahwa tanda ini tidak boleh diabaikan.

Jika pengemudi mencurigai adanya masalah pada sensor TPS, langkah pertama yang dapat diambil adalah melakukan pemeriksaan visual terhadap kabel dan konektor yang terhubung dengan sensor tersebut.

Jika anda mengalami kerusakan pada sensor tps pada mobil, dan memiliki efek samping bagi performa mobil anda, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu bersama Bengkel Domo Transmisi.

Mobil Matic harus ditangani oleh teknisi yang berpengalaman, anda bisa langsung datang ke bengkel kami yang saat ini berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Silahkan reservasi melalui WhatsApp pada link berikut agar anda tidak terkena antre saat datang ke bengkel kami, dapatkan penrawaran menarik dan potongan harga sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Domo Transmisi merupakan ahlinya mobil matic sejak 2015, perbaikan pada mobil matic anda bisa dilakukan secara tepat.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.