4 Penyebab Mobil Terbakar Saat Parkir, Jangan Sampai Terjadi!

Penyebab Mobil Terbakar Saat Parkir

Ketika anda parkir, kekhawtiran terbesar yang bisa terjadi adalah mobil terbakar.

Jangan sampai hal ini terjadi pada anda, tentu saja terdapat beberapa penyebab mobil terbakar ketika sedang parkir.

Penyebab Mobil Terbakar Saat Parkir

Apa saja Penyebab Mobil Terbakar Saat Parkir, simak disini.

Korsleting pada Komponen Listrik

Salah satu penyebab utama terbakarnya mobil saat parkir adalah korsleting listrik dan masalah pada komponen elektronik di dalam kendaraan.

Mobil modern dilengkapi dengan berbagai sistem elektronik yang kompleks, mulai dari sistem pengapian hingga sensor-sensor canggih.

Korsleting listrik bisa terjadi akibat kabel yang aus, korsleting pada soket daya, atau bahkan karena komponen yang rusak.

Mobil memiliki jaringan kabel yang kompleks yang menghubungkan berbagai komponen elektronik di dalamnya.

Aki yang rusak

Jika pengisian aki yang rusak dapat menjadi pemicu terbakarnya mobil, Aki yang bocor atau overcharging dapat menghasilkan gas yang mudah terbakar.

Jika gas ini bertemu dengan sumber panas, seperti korsleting listrik, risiko terbakarnya mobil menjadi tinggi.

Oleh karena itu, penting untuk secara teratur memeriksa kondisi aki dan sistem pengisian mobil Anda.

Baca Juga: Cara Menghidupkan Mobil Matic Aki Tekor

Kebocoran pada Bensin

Kebocoran pada bensin dapat menjadi potensial mobil terbakar saat parkir.

Meskipun jarang terjadi, namun kebocoran bahan bakar dapat menjadi ancaman serius. Bahan bakar yang bocor dapat dengan mudah terbakar jika terpapar api atau panas yang cukup tinggi.

Kebocoran dapat terjadi, jika ada krusakan pada selang dan pompa bensin dapat berpontensi menyebabkan kebakaran.

Untuk mencegah kebocoran bahan bakar, lakukan pemeriksaan reguler pada sistem bahan bakar mobil Anda. Perhatikan tanda-tanda kebocoran seperti bau bahan bakar yang kuat atau tumpahan di bawah mobil.

Overheating pada Mesin

Jika mesin mobil mengalami panas yang berlebih dan radiator rusak, hal ini dapat menyebabkan mobil terbakar saat parkir.

Mesin yang beroperasi pada suhu yang terlalu tinggi dapat merusak komponen-komponen kritis dan meningkatkan risiko kebakaran.

Mari kita telaah lebih jauh tentang bagaimana overheating dapat terjadi dan langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil.

Cairan Radiator berperan penting untuk menjaga mesin agar tetap stabil.

Jika level cairan pendingin terlalu rendah akibat kebocoran atau penguapan yang berlebihan, mesin dapat overheating.

Pemakaian Peralatan Elektronik tidak Aman

Saat anda meninggalkan mobil dalam keadaan parkir, sering kali menggunakan peralatan elektronik tambahan seperti charge ponsel atau audio.

Menggunakan charger ponsel yang rusak atau tidak sesuai standar dapat menyebabkan overcharging, yang dapat meningkatkan risiko kebakaran.

Ponsel atau perangkat lain yang terlalu panas akibat overcharging dapat menyebabkan korsleting listrik atau bahkan api.

Selain overcharging, penggunaan peralatan elektronik tambahan yang tidak aman juga dapat menjadi penyebab kebakaran. Misalnya, penggunaan adaptor atau kabel yang rusak atau tidak sesuai standar dapat meningkatkan risiko korsleting listrik.

Bagaimana Cara mencegah Mobil Terbakar Saat parkir?

  • Lakukan pemeriksaan rutin, langkah pencegahan yang paling dasar namun sangat efektif adalah melakukan pemeriksaan rutin dan perawatan mobil secara teratur. Ini termasuk memeriksa sistem elektronik, bahan bakar, pendingin, dan komponen-komponen lainnya. Pastikan semua kabel dan sambungan dalam kondisi baik.
  • Hindari Overcharging, hal dapat menyebabkan panas berlebihan yang berpotensi memicu kebakaran. Oleh karena itu, pastikan selalu menggunakan peralatan elektronik yang aman dan sesuai standar. Periksa charger ponsel secara berkala untuk memastikan tidak ada kerusakan pada kabel atau colokan.

Itulah Penyebab Mobil Terbakar Saat Parkir dan cara mencegahnya, jangan sapai permasalahan ini terjadi pada anda.

Jika anda mengalami kerusakan pada mobil matic silahkan datang ke bengkel spesialis matic yaitu Domo Transmisi, dengan teknisi yang berpengalaman anda bisa melakukan pengecekan bersama kami.

Domo Transmisi memberikan garansi 6 bulan atau setara 20.000 km bagi anda yang melakukan overhaul, tunggu apalagi datanglah ke bengkel kami.

Teknisi Spesialis Matic sejak 2015 akan melakukan pengecekan terhadap komponen kendaraan anda, dan mengambil langkah perbaikan dengan tepat.

Saat ini, Domo Transmisi hadir di Kelapa Gading jadi anda bisa langsung kunjungi bengkel kami untuk melakukan perbaikan, Reservasi melalui link berikut.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.