5 Penyebab Mobil Matic Bunyi Nging Saat Jalan, Wajib Paham

Mobil Matic Bunyi Nging Saat Jalan

Bagi pengguna mobil matic, Kenapa mobil Matic bunyi nging saat jalan? Kali ini kita akan membahasnnya. Mobil matic merupakan pilihan yang populer bagi masyarakat karena kemudahan pengoperasiannya.

Tetapi, siapa sangka bahwa pengemudi mobil matic akan mengalami bunyi nging yang tidak biasa saat mobil matic mereka sedang berjalan. Bunyi Nging tersebut dapat menjadi pertanda adanya masalah pada sistem transmisi atau komponen lainnya.

Penyebab Mobil Matic Bunyi Nging Saat Jalan

Kami sudah merangkum, Alasan Kenapa mobil Matic bunyi nging saat jalan, Simak Disini.

Kualitas Oli Transmisi yang Buruk

Salah satu Alasan Kenapa mobil Matic bunyi nging saat jalan adalah penggunaan oli transmisi yang buruk atau sudah waktunya untuk diganti. Oli transmisi yang sudah terlalu kotor atau tercemar dapat mengurangi kemampuan pelumasannya, sehingga menyebabkan gesekan yang berlebihan pada komponen-komponen transmisi.

Akibatnya, dapat terjadi bunyi nging saat mobil berjalan. Penting untuk memeriksa dan mengganti oli transmisi secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Baca Juga: Cara Memilih Oli Transmisi Yang Baik untuk Kendaraan Anda

Kopling Slipping

Alasan Kenapa mobil Matic bunyi nging saat jalan bisa disebabkan oleh masalah pada kopling. Kopling yang slipping atau aus dapat menghasilkan bunyi yang tidak normal saat mobil berakselerasi atau berpindah gigi.

Kopling yang sudah aus atau membutuhkan penggantian dapat mengakibatkan hilangnya traksi dan transmisi yang tidak efisien, sehingga menyebabkan bunyi nging yang terdengar. Jika Anda mengalami bunyi nging yang terus menerus, sebaiknya segera periksa kondisi kopling mobil Anda.

Sabuk Penggerak yang Kendur

Alasan Kenapa mobil Matic bunyi nging saat jalan bisa berasal dari sabuk-sabuk penggerak yang kendur atau aus. Sabuk-sabuk penggerak yang longgar atau aus tidak akan memberikan daya transfer yang optimal, sehingga dapat menghasilkan bunyi nging saat mobil bergerak. Pastikan untuk memeriksa keadaan sabuk-sabuk penggerak secara teratur dan pastikan mereka dalam kondisi yang baik.

Masalah pada Sistem Transmisi

Kemudian Alasan Kenapa mobil Matic bunyi nging saat jalan juga dapat menjadi tanda adanya masalah pada sistem transmisi itu sendiri. Komponen seperti torque converter, solenoid, atau valve body yang mengalami kerusakan atau gangguan dapat menghasilkan bunyi yang tidak normal saat mobil berjalan.

Jika Anda mengalami bunyi nging yang tidak wajar, sebaiknya segera periksakan mobil Anda ke bengkel yang terpercaya untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Ketidaksesuaian Pemilihan Gigi

Alasan Kenapa mobil Matic bunyi nging saat jalan juga bisa disebabkan oleh ketidaksesuaian pemilihan gigi pada mobil matic. Ketika gigi yang dipilih tidak sesuai dengan kecepatan dan kondisi jalan, dapat terjadi beban berlebih pada komponen transmisi dan menghasilkan bunyi nging yang tidak normal. Pastikan untuk menggunakan gigi yang tepat sesuai dengan kecepatan dan kondisi jalan yang Anda lalui.

Saat ini kalian sudah mengetahui Alasan Kenapa mobil Matic bunyi nging saat jalan, Apakah kalian pernah mengalami bunyi nging pada mobil matic? Jika anda mengalami hal tersebut, kami sarankan agar tidak menunda perbaikan hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mobil matic lainnya. Tentunya ini dapat membuat anda mengeluarkan biaya yang tidak sedikit bagi mobil anda, jangan sampai hal ini terjadi pada mobil anda.

Bagi kalian yang berada di Jakarta dan sekitarnya, anda bisa langsung datang ke Domo Transmisi Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250. Sebelum datang ke Domo Transmisi, anda bisa mekakukan konsultasi dan reservasi melalui aplikasi WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591.

Jangan sampe hal buruk terjadi pada kendaraan kalian! Rutin  ke bengkel mengurangi resiko mobil bermasalah saat digunakan. Datang ke Domo Transmisi sekarang juga dapatkan penawaran menarik dan potongan harga sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.Yuk hubungi Domo Transmisi sekarang juga!

Melalui customer service, anda bisa memilih jenis pelayanan dan ingin mendapatkan pelayanan atau perawatan transmis matic pada cabang Domo Transmisi Kelapa Gading. Nantinya dari perawatan tersebut, dipastikan mobil anda terhindar dari permasalahan transmisi.

Bunyi nging pada mobil matic saat jalan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk penggunaan oli transmisi yang buruk, masalah pada kopling, sabuk-sabuk penggerak yang kendur atau aus, masalah pada sistem transmisi, dan ketidaksesuaian pemilihan gigi.

Jika Anda mengalami bunyi nging yang tidak normal pada mobil matic Anda, sebaiknya periksakan mobil Anda ke bengkel yang terpercaya untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Penting juga untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan yang rutin pada mobil matic Anda, termasuk penggantian oli transmisi secara teratur, pemeriksaan kondisi kopling, dan pemeriksaan sistem transmisi secara berkala.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.